Wednesday, March 27, 2019

Goodbye Keriba-Keribo! :(


kopdar blogger


Gue baru aja selesai ketemuan sama blogger murtad lain.
Namanya Tiar, pemilik planetyar.

Seperti blogger murtad pas ketemuan pada umumnya, kita ngomongin gimana awal mulanya bisa kenal, lalu zaman-zaman masih getol ngeblog. Tidak lupa sesi ngegosipin blogger yang jadi panutan kita semua. Mulai dari Siluman Capung, Ayam Sakit, dan Tulisan Wortel.

‘Coba cek berapa DA lo, Di!’’ Tiar mencet-mencet layar hapenya, ngetik alamat blog keriba-keribo di situs pengecekan DA dan PA, dua makhluk sakral yang jadi hidup matinya blogger buat nyari duit.

‘HAHAHAHA 15! Kecil amat!’ Tiar ketawa.
Gue ikut ketawa, biar dibilang gaul aja. Padahal nggak ngerti.

Katanya, DA yang bagus adalah yang di atas 20. Dengan memiliki DA segitu, seorang blogger dianggap mumpuni untuk menerima content placement. Ketika seorang blogger sudah memiliki DA di atas 30, maka ia termasuk sebagai dewa blog. Ketika ada brand melakukan penawaran “Kami tertarik dengan blog Anda. Kami menawarkan content placement dengan fee 300.000. Silakan balas email bila tertarik.”

7 menit gak dibalas, si brand email lagi. “Baik. Baik. Ampuni hamba, Tuan. 500 ribu akan saya beri.”

Begitu nikmat menjadi dewa blog.

Tiar ngetik nama blognya…
… DA-nya 13.

GELANDANGAN!

Mendapat angka sial seperti itu, mungkin brand akan memberikan penawaran dengan, “Mau content placement? Sebagai imbalan, Anda akan saya beri ikan asin 200 gram.”

Pedih.

Sebagai blogger murtad, tentu pembicaraan soal blog sebagai alat penghasil uang musnah begitu saja. Kami kembali ngomongin masalah blog dan tulis-menulis, sampai akhirnya, kami ngomongin soal pemilihan nama blog.

7 tahun lalu, saat gue memilih nama keriba-keribo sebagai alamat blog, gue nggak pernah ngerasa ada yang salah.

Tapi sekarang,
kok rasanya malu ya?

Beberapa bulan lalu, misalnya. Gue kenalan sama orang di kantor. Setelah asyik ngobrol dan gue merasa macho abis, seperti anak muda umumnya, dia nanya, ‘Eh, lo ada instagram?’

‘A-ada.’

Dengan antusias cewek ini ngeluarin hapenya. Dia natap gue, matanya gede kayak kucing minta dikasih makan. ‘Apa namanya?’

‘keribakeribo. Hehehe.’

‘EH APA KABAR RANGGA?!’ dia nyapa cowok yang lewat, lalu pergi ninggalin gue.

Esianjing.

Pas gue nengok, cowok itu temen gue. NAMANYA ASEP.

Sedih kalo diinget-inget mah.

Dengan nama blog seperti ini, gue juga jadi agak gimanaa gitu kalo pas interview cari kerja. Berikut adalah dialog yang biasanya terjadi:

HRD: Kamu mau lamar jadi content writer ya?
Gue: Iya, Mbak!
HRD: Sering nulis?
Gue: Iya, Mbak!
HRD: Punya blog?
Gue: Iya, Mbak!
HRD: (buka laptop, siap-siap ngetik) Namanya apa ya?
Gue: Keriba-keribo. Hehehe.
HRD: Kok nggak ada ya?

Pas gue liat laptopnya, dia ngetik
“KRIBAKRIBO.COM”

Gue: I-itu salah, Mbak. Pake ‘e’. Dua. Jadinya ‘ee’.
HRD: Ee’?
Gue: Iya, Mbak. Ee’
HRD: Kok agak bau ya?
Gue: Gimana, Mbak?
HRD: Ini kok masih nggak ada ya?
Gue: (mikir) Oh, pake tanda strip, Mbak.
HRD: Gimana?
Gue: Tulis nama saya aja mbak di google…

Peluang keterima kerja: -78%.

Setelah gue cerita gitu, Tiar juga ikutan mikir. Kok bisa ya, gue segoblok itu jaman dulu? Menurutnya, sewaktu masa-masa awal ngeblog, nama blog selalu ada formulanya.

Formula pertama, kata Tiar, adalah menggabungkan blog sebagai wadah/passion + nama pemilik.

Contoh: Planetyar
Asal: Planet + Tiar.

Nama blog: Galaksipungky
Asal: Galaksi + Pungky

Nama blog: Tulisanwortel
Asal: Tulisan (blog sebagai wadah menulis) + Wortel (??????)

Formula kedua, kata Tiar, adalah menggabungkan nama-nama hewan. Jenis nama seperti ini beredar setelah kambingjantan, blog Raditya Dika, meledak.

Contoh:

1. Siluman Capung √
2. Ayamsakit √
3. Tulisan wortel (????)

Oke, mungkin tulisanwortel masuk ke formula pertama (Siapa tahu nama asli pemilik blog ini adalah Heru Wortel??? Atau di formula kedua, paling tidak perubahan “hewan” menjadi “tumbuhan” masih deket).

Bandingkan dengan keriba-keribo.

Keriba-keribo.

DI KBBI AJA GAK ADA KATA “KERIBA”.

Kok gue ngaco amat ya?

Lihatlah nama blog dan media sosial saat ini, mereka semua menggunakan nama asli. Orang yang punya nama Sarah Puspita, misalnya. Akun instagramnya pasti bernama Sarahp. Paling jauh Sarahpspt. Disingkat konsonannya. (ya kalo yang disingkat huruf vokalnya jadi aneh sih. “Apa nama ig lo?” “AAUIA” “Monyet lo!”).

Di zaman sekarang, nggak ada nama norak kayak keriba-keribo. Apakah ini saat yang tepat untuk mengucapkan goodbye keriba-keribo? :(

Saat gue SMP dulu, guru komputer gue pernah ngajarin untuk buat blog. Dan semua anak kelas… ngasih nama serandom gue. Ada lah “DiaryPuspa”, “NyamukPutih”, “Marmutngesot”. Gak ada tuh pas guru gue nanya, dijawab: “Nama blog saya… Dwipurwoto.blogspot.com, Pak!”

Kalo ada, pasti udah dihardik habis-habisan.

Setelah diselidiki, ternyata penyebabnya karena di zaman dulu, orang-orang tampil di media sosial dengan persona. Orang menggunakan media sosial dengan identitas yang berbeda, atau setidaknya, sisi lain dari identitas kita. Itu lah sebabnya muncul kambingjantan, landakgaul, dan poconggg. Itu lah kenapa, ketika dulu kita daftar forum Kaskus, yang pertama terbersit adalah nama-nama aneh kayak Kecoa Buduk, Sapi Perjaka, Mobil Sampah. Gak pernah ada orang zaman dulu kepikiran buat Kaskus dengan username… Dedi Supriyadi.

ITU MAU BIKIN USERNAME KASKUS APA TES CPNS?

Saat ini, orang menggunakan dunia maya dengan personal branding. Kita lebih tertarik pada sosok yang nyata, dan dapat dipercaya. Sehingga penikmatnya merasa dekat dengan orang tersebut.

Well, kalau mau dipikir lebih jauh, “jenis nama” orang juga berpengaruh gak sih? Manusia di zaman gue remaja, punya nama yang terkesan kuno, dan kurang trendi. Semasa gue SMP, murid yang punya blog dengan nama “Purwoto.com” pasti akan langsung dihujat beramai-ramai.

ITU BLOG APA NOTARIS PPAT?
ITU COCOKNYA DI BILLBOARD DI BAWAH TULISAN “PAPAN REKLAME DAN PASANG IKLAN DI SINI”

Jahat.

Bandingkan dengan nama anak zaman sekarang. Annisa, Cristalishya, Alicia. Nama-nama yang keren dan bakalan langsung cocok jadi nama blog atau medsos. Perhatikan nama-nama ini, di dunia nyata, mereka semua dipanggil “Ica”. Ada apa, sih, dengan nama ica ini? Kenapa orangtua memutuskan ngebuat nama yang aneh-aneh kalau pada akhirnya mereka dipanggil…. Ica.

Yang lebih aneh adalah, kenapa gak ada orang yang beneran punya nama “Ica” di nama panjangnya. Apa susahnya naroh rangkaian tiga huruf “I” “C” dan “A” gitu. Sekalinya ada, pasti muncul huruf “H” di tengah-tengah. Jadi Icha.

EMANG APA PENGARUHNYA SATU HURUF GITU HEI?

Apa jadi nambah keren?

Nama: Acep
Ganti jadi: Achep.

TIDAK BERPENGARUH NYATA!
Suka post ini? Bagikan ke:

26 comments:

  1. sebagai blogger gelan-DA-ngan, Kuhanya numpang ngakak-ngakak, dulu. wkwkwkwkwkwwkkakakak.

    tapi beneran ini, Di, mau ganti?

    ReplyDelete
  2. Kalo bisa di postingan selanjutnya bahas lebih dalam lagi blog Tulisan Wortel, Di. ditunggu.

    ReplyDelete
  3. Ku sudah lama nggak pernah ngecek DA. Sekarang agak abai sama hal hal kayak gitu. Nulis ya nulis aja wkwkwk.

    Dan aku ga kepikiran bikin nama aneh2 buat blog meskipun pernah punya nama medsoa yang pake nama salah satu peran di Harry Potter wkwk

    ReplyDelete
  4. Bhahaha DA ku 13 jg coyy. GelanDAngan parah emg wkwk.

    Gue malah dari awal ga kepikiran bkin pormula atau personal branding buat blog dll. Ribet ah. Alesannya sih emang... Males mikir aja. Yauda mending pake nama sndiri biar gak ribet. Andita jg sngaja gue tambahin 'h' ditengah2 biar keren dikit (gak kreatip aja kali ah) dan hasilnya gue jd susah nyebutin nama blog sndiri klo ada yg nanya :') sayang jg sih ini klo keriba-keribo mau ganti nama.. ganti jd nama asli gtu? Kresnoadikeribo dot kom? Kriboadi dot kom? Atau adisudahtidakkeribo dot kom? :'D wakakak

    ReplyDelete
  5. gue barusan ngecek DA blog, malah pas 20. ini gue ada di ujung tanduk pasti kalau ada brand mau nawarin kerja sama. mau nawarin segan, gak nawarin kasian. :(

    kayaknya yang pake wortel-wortel itu asalnya dari dunia paralel deh. bumi 057 mungkin.

    ReplyDelete
  6. Tapi malah menurut saya, bang Adi seakan udah buat branding sendiri loh dari "keriba-keribo" itu. Terlebih prosesnya kan lama untuk membangun branding.

    ReplyDelete
  7. DA gue juga malah lebih gembel dari punya elu, di. lagi pengen nyoba dan usaha biar bagusan dikit, mirip kayak si firman lah itu DA blognya. ehe
    gue rasa blog lu ini udah punya branding yang bagus deh, dan banyak juga yang udah kenal. dan rasanya enggak memalukan buat disebut depan orang-orang banyak.

    sejak dari dua tahun yg lalu juga, gue mau ganti nama domain gue.

    ReplyDelete
  8. ngomongin nama buat branding, aku ini salah satu orang yang gonta ganti mulu dari mulai ngeblog tahun 2010. nih ya list-nya
    1. irupusmeong
    2. pipitpusayi
    3. pipit1992
    4. avvtr
    5. heypipit

    yang bertahan sampai sekarang, untuk username twitter dan IG aku milih pipit1992 dan buat blog aku suka heypipit. g dipungkiri juga nih dan setuju sama penjelasanmu, ada perubahan di medsos. dulu kita g menunjukkan nama asli dsb, sekarang ini jadi salah satu cara kita membangun personal branding.

    kalau ngomongin DA PA mah blog aku segitu2 juga, malah dibawahmu peringkarnya, wkakaka

    ReplyDelete
  9. Pake e. Dua. Jadinya ee. Bhahahaha gue ngakak yawlaaaa


    Btw, entah kenapa kok gue sedih ya pas baca goodbye keriba keribo :')

    ReplyDelete
  10. Mari kita berjuang terus menaikkan DA cuma biar bisa bilang, "Maaf iklan anda tidak sesuai dengan niche blog saya".

    Bagaimana kelanjutan keriba-keribo? Akankah dia terhapus? Akankah dia berganti nama? Kita tunggu di episode selanjutnya.

    ReplyDelete
  11. Bangkeeeeeee. Kenapa lucu banget sih ini. 😂

    Zaman menentukan segalanya ya.

    Jadi pengen ngecek DA.

    ReplyDelete
  12. Mohon lebih lanjut untuk penjabaran formula nama blog. Terutama yang terakhir.

    ReplyDelete
  13. hey, pembaca lama di sini.

    iya yah? sebelum yutup segede sekarang dan masih banyak blogger yang aktif, biasanya blognya pake nama-nama binatang, kayak kambingjantan, atau semut blog. jarang banget yang make nama asli kayak muhammad robi.

    ReplyDelete

Kalo kamu suka sama tulisannya, jangan lupa untuk bantu share dengan tekan tombol sosmed di atas yaa. \:D/

Untuk yang mau main dan ngobrol-ngobrol, silakan add LINE di: @crg7754y (pakai @). Salam kenal yosh! \(w)/