Monday, December 31, 2018

3 Aplikasi Edit Video Android Gratis yang Gue Pake Biar Ig Stories Jadi Keren


Postingan ini membahas aplikasi edit video apa aja yang gue pakai untuk ngebuat ig stories jadi keren

--
Sekarang jam setengah 12 tengah malam. Jendela di sebelah sengaja gue buka. Angin yang masuk ngebuat tirainya bergoyang. Orang rumah udah pada tidur.

Malam ini, gue sengaja mau begadang.

Setiap akhir tahun kayak gini, gue suka iseng ngebaca tulisan-tulisan lama. Gila ya, ternyata udah 6 tahun lebih gue ngeblog di sini. Gue bahkan gatau masih ada orang lain yang ngeblog atau nggak. Masih ada yang tahu kata “blog” atau nggak. Atau begitu ditanya soal blog, malah jawab: “Gue blok 7! Samping pos satpam!”

Malah blok rumah.

Malam ini, gue pengin ngobrol sesuatu.

Sebenarnya, ini agak lucu mengingat kebiasaan gue yang suka ngasal kalo ngeblog dan gak inget kalau tulisan ini bisa dibaca siapa aja. But well, now I know.

Mungkin ada di antara temen-temen yang tahu kalau sekarang gue kerja di salah satu start up di Jakarta. Di sana, setiap hari gue menulis. Udah setahun lebih menulis jadi kegiatan harian yang selalu, dan selalu gue lakuin. Biasanya, sesampainya di kantor, gue ngacir ke pantry untuk bikin kopi. Lalu mengetik, dan mengetik, dan mengetik sampe capek.

Itu dia masalahnya. Meskipun suka menulis, tapi rutinitas kayak gini terkadang menyedihkan: gimana kita mulai bosan dengan apa yang pada awalnya kita suka.

Makanya, untuk mengatasi ini, belakangan gue nyoba bercerita lewat platform lain.


Selama ini, gue mencoba ngebuat cerita sampingan lewat podcast atau audio story di instagram. Tapi, kedua hal itu pun bersumber dari kekuatan yang sama: script. Jadi, ya, sebenernya sama aja.

Berhubung tahun 2019 gue pengin mulai aktif ke medium yang lain, maka belakangan ini gue lagi belajar ngedit video. Yah, sekarang kayaknya make aplikasi edit video udah jadi salah satu keharusan buat main instagram gak sih? \:p/

Selain membiasakan diri dengan aplikasi edit video, alasan lainnya karena tiap kali buka instagram, gue selalu nemuin hal-hal aneh.

Biasanya, ketika galau, para pengguna Instagram akan membuat Ig Stories dengan layar hitam dan tulisan putih. Lalu bikin tulisan yang entah ditujukan ke siapa. Gue pernah begitu buka ig Stories temen, isinya cuma tulisan: “GUE PIKIR SELAMA INI LO BAIK, TERNYATA DI BELAKANG KAYAK GITU YA?!”


contoh insta story ngeselin


Baru juga buka, udah diomelin aja gue…

Itu baru yang satu kalimat.

Ada juga kaum yang suka bikin tulisan panjang. Tapi font-nya kecil. Saking kecilnya, kalo mau baca harus pake mikroskop. Pas gue coba baca, ternyata bakteri e.coli (lho?). Setelah gue pikir-pikir, orang kayak gini gak mungkin tanpa sengaja ngecilin tulisannya. Mungkin di dalam hatinya dia bilang, “Akan kupersulit kau membaca pesanku! Hihihi!”


ig story susah bacanya


Besoknya, bikin tulisan tapi layarnya dikasih perasan jeruk lemon.

Kalo mau baca, layar hapenya dibakar dulu biar muncul.

Sekalinya bikin video, isinya cuman gorden kamar dengan backsound lagu galau. Kata “MOOD” berada di depan gorden merah tersebut. Awalnya gue gatau maksudnya apa. Mood ngapain? Ganti kusen? Eh, pas volume-nya gue kencengin, muncul suara: “WIK! WIK! WIK! WIK! WIK!”

Oh, ternyata cegukan…

Itu baru Stories yang nggak ada muka orangnya.

Begitu orangnya muncul, video mereka biasanya sama semua: menampilkan muka satu layar penuh. Lalu bikin boomerang dengan gerakan… gak ngapa-ngapain.

Ini orang mau bikin foto segan, tapi video gak rela.

Alhasil, jadilah video boomerang dengan kepala besar melototin kita. Kalo gak sengaja liat gituan, gue bisanya kaget dan refleks nyolok layar hape sendiri.

Kadang kedip-kedip doang kayak anak bayi mainan.

video bayi lucu
sumber: giphy.com


Yang lebih absurd adalah mereka yang pasang foto sendiri… TAPI MUKANYA DITUTUP STIKER. Sosok yang paling sering muncul adalah manusia berkepala binatang. Semacam centaurus gagal karena kepalanya kucing ketawa. Lebih aneh lagi kalau kepalanya diganti buah-buahan. Manusia tapi palanya semangka. Tiap ada yang gitu, biasanya gue komen, “Sekilo berapa, Bang?”

Sewaktu benaran bikin video, template-nya sama semua. Mereka bakal pura-pura lupa ingatan sambil menyebutkan nama tempat dan kegiatan… YANG PADAHAL KAN KITA BISA LIAT YA NAMANYA JUGA VIDEO.

Contoh:
‘Hai! Kita lagi di Bali nih! Lagi makan es kelapa!”

Padahal di videonya dikasih location “PANTAI KUTA BALI” sambil nunjukin kelapa yang dia makan. Dengan adanya semua petunjuk itu, kita yang nonton pasti sudah tahu dong. Gak mungkin kita mikir, “Hah? Ijo ijo apaan tuh? Dia makan pala hulk? Astaghfirullah…”

Paling tidak, coba dong kasih sesuatu yang tidak ada di videonya. Misalnya, “Hai! Kita lagi menggabungkan H2O padat dan liquid nih!”

Videonya lagi nenggak aer putih dikasih es.


Berbekal itu semua, gue berusaha download aplikasi edit video. Supaya paling tidak, Ig Stories gue agak keren dikit. Salah satu akun instagram yang dari dulu gue ikutin Stories-nya adalah Jessie Driftwood. Dia emang niat banget. Bener-bener kayak bikin video untuk Youtube, tapi dipotong tiap 15 detik dan di-upload ke ig Stories. Ngerekamnya aja pake kamera DSLR yang kemudian diedit menggunakan software Adobe Premiere. Setelah jadi, baru, deh, di transfer ke handphone dan di-upload satu per satu.

Adapun orang lain yang Stories-nya gue suka Mada Riyanhadi. Dia adalah pengagas #MadeWithStories. Berbeda dengan Jessie Driftwood, dia hanya menggunakan aplikasi Instagram Stories. Tapi, tetap aja hasil Mada ini keren-keren banget. Dia terkenal akan typografi-nya yang cihuy. Masalahnya satu: dia menggunakan iPhone.

keuntungan aplikasi edit video di handphone


Makanya, di sini gue mau coba kasih tahu 3 aplikasi edit video untuk android yang bisa bikin Ig Stories jadi keren. Tenang, ketiganya adalah aplikasi gratis yang bisa kamu download dari play store kok. Dan iya, gue ngedit video langsung dari hape. Karena menurut gue, hal itu bikin kita jadi bisa ngedit di mana aja dan gak ribet. Videonya pun terasa “real time” karena bisa langsung diedit saat itu juga.

3 aplikasi edit video untuk ig stories
sumber: Pexel.com & Google Play Store


Kinemaster

Aplikasi pertama yang kamu harus punya adalah Kinemaster. Biasanya, setelah gue ngerekam video yang mau di-upload, semuanya gue masukin ke sini untuk dipotong-potong. Gue membuang bagian yang salah dan jelek, dan mengurutkan videonya sesuai dengan jalan cerita yang gue mau.


download aplikasi kinemaster


Enaknya, aplikasi kinemaster udah punya setting-an pas untuk Ig Stories. Selain itu, karena penggunannya landscape, jadi kita lebih leluasa dalam mengedit.

aplikasi edit foto video kinemaster


Saking enaknya, gue pernah ngedit video sewaktu dalam perjalanan dari Candi Borobudur ke Candi Ijo di Yogyakarta. Sepanjang perjalanan, gue cuman nunduk sambil bilang ke Alam yang bawa motor, “PELAN-PELAN, KAMPRET!”

Tips: Supaya bagus, usahakan kamu masukin musik terlebih dahhulu, lalu buat perpindahan antar scene video mengikuti beat musiknya. Hal itu ngebuat video dan audio yang kamu punya seakan menyatu.

Download Kinemaster dari google play store: https://bit.ly/WeN24a
Download Kinemaster dari app store: https://apple.co/2MYniab

VUE

Setelah video dari Kinemaster selesai, sebetulnya itu udah bisa langsung kamu upload ke Stories. Tapi, Kinemaster (yang gratisan) meninggalkan watermark yang berasa kayak tanda lahir di video. Selain itu, supaya lebih cinematic, biasanya gue mengedit warnanya di aplikasi VUE ini.

aplikasi edit vidoe vue


Iya, aplikasi ini hanya gue pakai untuk nambahin filter warna pada videonya. Bahasa gaulnya sih “color grading”. Filternya nggak norak dan beneran keren abis, men!

Download VUE dari google play store: https://bit.ly/2Temqxs
Download VUE dari app store: https://apple.co/2rqrxl9

InShot

Aplikasi edit video yang satu ini kayaknya udah lazim dipake orang ya. Buat gue sendiri, aplikasi ini gue pakai untuk memotong watermark dari Kinemaster dan VUE sehingga videonya polos tanpa watermark sama sekali. Selain itu, gue biasa menambahkan tulisan atau sticker lewat Inshot ini. Soalnya, pilihan jenis font dan sticker-nya paling oke di antara yang lain.


download aplikasi edit video inshot


Kalau di hape gue gak ada musik bagus yang bisa jadi backsound, biasanya musiknya gue tambahin di sini. Iya, musik backsound yang disediakan Inshot menurut gue paling bagus di antara yang lain.

aplikasi edit video inshot


Kalau udah, tinggal save, dan upload deh.

Download Inshot dari google play store: https://bit.ly/1JK9lPB
Download Inshot dari app store: https://apple.co/2CHahfi

Itu 3 aplikasi edit video yang biasa gue pake biar Ig Stories jadi keren. Kalo males harus buka tutup banyak aplikasi, biasanya gue cuman ngedit di Kinemaster. Nanti sewaktu upload ke Stories, videonya gue pinch supaya nge-zoom dan watermark-nya gak keliatan.

Sebetulnya, masih banyak aplikasi lain yang bisa kamu pakai kayak Power Director, Quik, dan Filmora Go untuk android. Splice dan iMovie untuk iPhone. Dan kalau niat banget, kamu bisa ngedit di PC dengan software Sony Vegas, Adobe Premiere, iMovie, atau Final Cut Pro. Semua balik ke kenyamanan dan kekuatan dari handphone masing-masing.

Dalam ngebuat video untuk Ig Stories, gue menghindari teknik perekaman sporadis: rekam aja dulu semuanya, baru edit belakangan. Gue harus udah tahu mau jadi kayak apa. Jadi, gak usah semua-mua direkam. Toh hasilnya cuman 15 detik. Kalo panjang mau bikin Stories atau film pendek? Lagipula, kalau hasil rekaman mentahnya kebanyakan, malah bikin pusing sendiri pas ngedit. Memori hape pun bakal cepet penuh.

Satu hal yang harus kamu ingat sebelum menggunakan apilkasi edit video adalah, video kamu harus punya cerita. Namanya juga Ig stories. Semakin jelas ceritanya, semakin bagus Stories kamu. Gue sendiri tidak terlalu suka menambahkan efek aneh-aneh di video. Kayak misalnya, efek-efek mozaik atau glitch. Atau efek tiba-tiba muncul penyanyi dangdut bersuara chipmunk. Kalo itu, kayaknya lebih ke TikTok sih…
Suka post ini? Bagikan ke:

56 comments:

  1. Asiik jadi tahu deh aplikasi apa untuk ngedit video di hp biar lebih kece. Thankyou ya. Soalnya selama ini tahunya vivavideo doang :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama! Vivavideo kayaknya sering denger deh. Yang buat rias wajah itu kan?

      Delete
    2. Inginku misuh-misuh ngakak pas baca balesan komen ini...
      Vivavideo buat rias wajah XD --- Itu bedak viva, Santoso!

      Delete
  2. Tapi kinemaster tuh malesnya masih ada watermarknya ya? Terakhir gue coba kayak gitu

    ReplyDelete
  3. ASLI PAS BANGET! Waktu lihat video kakak yang buat ulang tahun ibu, aku jadi tertarik mau gegayaan bikin gitu-gitu juga, ehe. Tapi gatau aplikasi apaan buat filternya. Soalnya selain pemilihan musik yang kakak pilih itu bener-bener enak didenger, filternya juga enak bgt diliat. Sempat kepikiran dm aja apa yak buat nanya aplikasi tapi malu huahaha ceileh malu. So, thanks for sharing!✨

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya ampun. Nggak usah malu. Hahaha. Makasih! Semoga bermanfaat yaa! \(W)/

      Delete
  4. Paling enak sih kinemaster menurut gue. Beberapa kali buat video dari aplikasi itu.

    ReplyDelete
  5. Pengen bilang kenapa nggak beli kinemaster pro aja biar nggak perlu kebanyakan aplikasi buat ngilangin watermark, tapi pas gue cek harganya ternyata mayan juga USD40. Haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dan itu subsribe bukan beli kan. Hamba rakyat jelata. :))

      Delete
  6. Kine master ibarat windows movie maker, aplikasi edit video sejuta umat, banyak banget yang pake

    ReplyDelete
  7. Nah terjawab sudah. Kadang suka penasaran liat ig stories orang yang keren banget, penasaran editnya gmn dan pakai apa. Sekarang bisa ikutan bikin yg begitu deh..

    ReplyDelete
  8. dulu saya sering upload video di ig, tapi pakai viva video yang versi premium. kalau sekarang ga lagi sih.

    baca ini ngingatkan saya sama masa2 itu, bikin video dituntut kreatif dan bangga sendiri sama hasilnya.

    noted buat 3 aplikasi ini, eh btw pengen nyoba yang versi iphone deh, kayaknya hasilnya beda sama android

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuiih keren juga itu yang versi premium ya. Kenapa malah nggak dilanjut? Kan sayang itu premium gitu.

      Delete
  9. paragraf awal, lgs bikin aku ngakak. kamu bener2 ingetin aku ama kelakuan temen2ku di stories :p. kdg akupun ga ngerti kenapa banyak yg bikin stories cm muka lah, boomerang ga jelas, idung bagus2 diganti jd idung anjing.. hahahaha.. aku sendiri jaraaaaaaĆ ng banget posting stories krn jujur aja ga jago edit2 video gitu. tp ntr saran2mu di atas aku mau coba mas. kyknya memang aku hrs udh mulai belajar utk edit video gini. aku suka traveling, tp selama ini semuanya cm aku tulis dan foto. bisa dibilng NIL video :D

    ReplyDelete
  10. Itu gmna caranya bikin apa sih itu gambar bergerak gitu. Bagus je. Thanks tuk review 3 aplikasi tsb

    ReplyDelete
  11. thnks broo infonya . lumayan jarang sih pake ig sebenrnya , lebih ,make twitter
    BTW iTU YG foto awal gerak , namanya apa , keren , gua sering liat yg kayak begini tapi ga tau namanya
    ada juga yg asep gitu .

    ReplyDelete
  12. Boleh juga rekomendasinya, tapi percuma kalau gue enggak pernah bikin story di IG. Nonton punya temen juga jarang banget. Hahaha.

    Dulu sewaktu masih suka edit-edit video, seringnya buat stop motion atau timelapse, sih. Gue di iPhone ngeditnya pakai Lumify dan Flipagram (ini sama kayak Kinemaster, ada watermark). Ceritanya menambahkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak percuma sih. Kan nggak harus ditampilin di ig story. \:p/

      Delete
  13. Terniat sih, kalau sampai bela-belain ngedit video demi sebuah instastory yang hanya 15 detik itu. Salute ('_'7). Tapi bener emang, saya juga merasakan itu. Terlalu sering melakukan hal yang kita suka itu, bisa bikin bosen :(

    ReplyDelete
  14. Kalo saya biasanya pake kinemaster pro sih luamayan fiturnya lengkap banget dan ngapa ngapain aja enak hehe, ditambah ga ada watermak nya :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah keren banget sih kalo udah punya yang pro. Gue kan gak sangghup. ._.

      Delete
  15. cakep bener editannya, kalau aku punya filenya boleh bantu editin gak? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh. Rumah kamu juga kayaknya bagus. Di tempat gue ada batu bata nih. Boleh rakitin nggak?

      Delete
  16. Setelah baca ini, gue jadi sering mainan Kinemaster, tapi lebih sering InShot. Seru banget buat bikin-bikin video promosi blog ala Senpai Adi. :D
    Thank you Senpai.

    ReplyDelete
  17. saya lagi nyari aplikasi gratis edit vidio yang asyik buat PC, ada saran?

    ReplyDelete
    Replies
    1. I... itu di atas ada. wahai Muhammad Affifpffhhfpfhrh yang dimuliakan...

      Delete
  18. Kinemaster banyak temen-temen gue yang pake. Tapi, entah sampai sekarang kurang tertarik buat ngedit video di HP. Menurut gue, hasilnya tetep ga bakal maksimal kalo dibandingin pake laptop. Hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setujuuu. Tapi kalo untuk mobilitas dan video yang remeh-remeh, mending di hape karena nggak terlalu ribet. Hehehe.

      Delete
  19. Yesss...
    akhirnya gue kembali lagi ke blog ini..
    luamaaaaaaaaaaaaaaaa banged gak kesini...

    eng ing oong...
    Ternyata muke lu masih ijo di!!!
    Hahahaaaaa........................

    Kangen nulis yg ngocol2, tapi berhubung gue saat ini lagi konsen ke digital marketer, rada berkurang ngocolnya di...
    #yakin gue tersiksa banged :(

    Rencananya, Januari ini gue mo bikin blog yg gila lagi...
    cemunguddddd....

    ReplyDelete
  20. dan gue baru tau sekarang itu apps2 yg lo share Di~
    thanks for sharing ya, seru juga buat dicoba2 biar gahul kayak generasi Z :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setelah baca komen ini, gue tiba2 merasa tua...

      Delete
  21. Sip, mau pindah haluan menjadi youtuber! Nice info kak buat editor videonya

    ReplyDelete
  22. Waaah... Bagus gan, terimakasih banyak sudah berbagi gan, sangat berguna artikel nya gan, jadi bisa makin sosialis ni gan... Hahaha, terus berkembang gan dan jangan lupa untuk terus update artikel dan lebih banyak sharing info gan...


    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 gan. Semoga aplikasi edit videonya berguna bagi nusa dan bangsa!

      Delete
  23. Kinemaster kayaknya emang aplikasi edit video sejuta umat deh, soalnya aku juga pernah pake ehehehe aplikasi ini tuh gampang cara-caranya, ga berbelit-belit juga.

    Ku juga sering liat stories bang adi, keren! Mau video atau foto-fotonya. Aku mah boro-boro, ada kepikiran buat ngeditnya aja ngga :((

    ReplyDelete
  24. Haha jujur gue ngakak baca postingan lo bro. Ngga bosen bacanya. Kebetulan gue seneng banget dengan hal-hal artistik. Dulu sempet hobi sih edit-edit video untuk feed instagram. Tapi sekarang udah males karena ada kesibukan juga di dunia nyata. Btw, info selebgramnya mantep banget lho. Gue langsung kroscek di Instagram mereka editannya pada canggih. Makasih ya infonya. Oh yah, gue juga udah follow akun lo ya di Insatagram. Kalo berkenan, bisa di follback kok :)

    ReplyDelete
  25. akkk mau coba, aku tuh jarang banget main edit video gini mas

    ReplyDelete

Kalo kamu suka sama tulisannya, jangan lupa untuk bantu share dengan tekan tombol sosmed di atas yaa. \:D/

Untuk yang mau main dan ngobrol-ngobrol, silakan add LINE di: @crg7754y (pakai @). Salam kenal yosh! \(w)/