Wednesday, October 31, 2018

Pakailah Cara Ini Untuk Menghindari Tagihan Utang


Belakangan ini gue baru sadar kalau ada sebuah fenomena di masyarakat: semakin sering seseorang ditagih utang, semakin jago dia dalam pelajaran mengarang. Padahal, menurut gue, ketika orang yang punya utang belum bisa bayar, dia tinggal bilang, ‘Sori ya. Belum bisa bayar nih. Masih banyak keperluan. Huhuhu.’

Tapi, pengalaman gue berkata lain.

Berikut adalah dialog yang terjadi antara gue dan Mbak-Mbak Tukang Utang Gatau Diri (MMTUGD)

Percobaan Pertama

Gue: Udah jadi ditransfer belum?
MMTUGD: Ummm... Oh iya! ATM-ku ketelen! Maaf banget nih. Besok ya. Katanya harus nunggu 1x24 jam.

Percobaan Kedua

Gue: Gimana, Mbak?
MMUTGD: Sorry, Di. Belum bisa. Asam uratku kambuh euy! Jalan aja susah nih…

Percobaan Ketiga

Gue: Udah sembuh belum, Mbak?
MMUTGD: Alhamdulillah. Udah nih.
Gue: *sujud sukur*
Gue: (garuk-garuk kepala) Jadi, uhuk, udah bisa, kan?
MMUTGD: OHOEK! OHOOEK…. UHH…DI?! UHUK! KEN…OHOHOEK!

Hening.

MMUTGD: …belum sempet ke ATM, Di. Besok ya.

Percobaan Keempat

*samperin ke tempat dia*
*nggak ada orang*
*menunggu sambil ngetok-ngetok meja*
*dia datang*

MMUTGD: (lompat ke belakang) ASTAGHFIRULLAH?!
Gue: Kenapa, Mbak?
MMUTGD: Aku kira malaikat. Ternyata Adi.
Gue: …
MMUTGD: Kenapa, Di?

MENURUT ANDA?!

Gue: Ja… jadi gimana, Mbak? Udah bisa bayar belum?
MMUTGD: (menunduk) (tidak ingin menatap) (buka-buka hape, setting, back, message, back, ganti wallpaper)
Gue: …mbak?
MMUTGD: ASTAGHFIRULLAH?!
Gue: …
MMUTGD: Maaf, Di. Belum bisa. Gigi palsu aku infeksi.
Gue: (bingung) Gimana, Mbak?
MMUTGD: Iya, Di. Gigi palsu aku infeksi. Harus dibawa ke Madiun.

APA AKU ADA DI ALAM MIMPI YA ALLAH?!

Gue udah di titik gatau lagi mau ngapain. Kalau ada di antara temen-temen yang punya pengalaman nagih utang, tolong bantu tulis kolom komentar di bawah dong. Lama-lama jawaban dia kok random abis. Gue takut begitu besok gue tagih lagi dia bilang, ‘Maaf, Di. Belum bisa. Sekarang aku pelihara kuda.’

Suka-suka lo dah.

Mungkin memang ini trik yang dia pakai. Dan gue rasa, ini adalah trik yang sangat ampuh. Sengaja ngebuat bingung orang yang diutangin dengan alasan-alasan tidak masuk akal. Jadi, buat temen-temen yang sekarang ngutang, pakailah cara ini untuk menghindari diri dari pengih utang. Dan semoga anda tidak jadi judul film Azab ‘Banyak Alasan Tiap Ditagih Utang, Mulut Jenazah Megap-Megap Tersumpal Kafan'.
Suka post ini? Bagikan ke:

13 comments:

  1. Pernah nagih utang sampe akhirnya gue bosen sendiri nagihnya. Gak banyak banget sih, tapi cukup lah untuk bertahan hidup beberapa hari. Ikhlashkan! Tapi entah ini ikhlas atau terpaksa. HAHAHA

    ReplyDelete
  2. Jadi ada temen kelas yang rumahnya kebakaran. Buka donasi gitu kan. Karena aku yang sama-sama tinggal di Bekasi dan yang menginisiasi, jadinya kalo mau nyumbang kirim ke aku, dan satu temanku yg lain. Ada yg mau nyumbang tuh ngechat, minta ditalangin dulu krn blm sempet ke ATM. Yaudah kan aku talangin dulu. Dia bilang mau transfer aku malem.
    Pas malemnya, saat aku nyampein terima kasih dari temen yg kena musibah itu dia bilang "aku blm ke atm, besok ya".
    Yaudah aku mah nyantai ya.

    Besoknya, sampe seminggu kemudian ngga ada kabar tuh. Ngga ada uang masuk jg. Hmmmmmmmm. Aku tuh orangnya nggak enakan bgt kan nagih nagih. Tp temen bilang coba tanya aja udh ditransfer blm. Yodah aku chat, "halo anu. Maaf, udh ditransfer blm ya?"

    Nggak diread read dong!

    Terus ternyata abis ngechat itu... Aku di-hide dari Ig story nya dia. Itu aku tau dihide krn aku admin media sosial jurusan gitu kan, dan dia update stories banyak sementara di akun aku gak dapet -_- mungkin biar disangka nggak online.

    Akhirnya nanya kan ke temen2 deket. Temenku ada yg bantuin jadi seolah2 dia nagih jg krn dulu yg nalangin dia, bukan aku (waktu itu soalnya yg dtg beberapa org). Kebetulan temenku yg bantu nagih itu ngekos dan dia bilang butuh uang buat bayar kosan. Udh deh tuh dibales chatnya dia. TAPI NGGAK JADI BAYAR BAYAR JG.
    Kan lg skripsi ya, jarang ke kampus, nggak ketemu deh. Dia udh nanya rekening temenku tetep aja gak dikirim.

    Sampe akhirnya mikir udahlah ikhlasin aja.
    Nah pas suatu waktu, akhirnya temenku yang lainnya lg frontal manggil dia buat nagih di lab jurusan. Entah mungkin dia malu krn jadinya diketahui beberapa orang, akhirnya keesokan harinya bayar.......

    Hampir 3 bulan hahaha. Aku tadinya mau ikhlasin aja, tau tau pas aku ngga di kampus, temen deketku frontal nagihin.


    Jadi simpulannya.... Coba minta bantuan temen, kak! Yang berani gitu wakakaka.

    ReplyDelete
  3. eh, ini lo beneran Di?

    gue pernah minjemin duit ke temen kantor lama gue, tapi abis gajian dy dengan kesadarannya langsung gantiin..

    dan gue gak ada pengalaman susah nagih utang sih, adanya tuh temen gue yg klo jalan demennya nebeng makan, kadang suka pura2 ambil dompet yg berujung gue yang bayar makanannya jugaaa.. mau nongkrong tp gak mau keluar duit, gimana ngadepin temen yg begini yaa? *malah balik nanya* :D

    ReplyDelete
  4. Tergantung kamu ngasih pinjaman niatnya apa. Untuk membantu atau sekalian biar dapet pahala ? Kalo memang dalam waktu berbulan bulan uangmu nggak diganti dan nominalnya nggak terlalu besar, ikhlaskan aja. Mungkin itu salah satu cara Tuhan untuk ngingetin kamu biar sering sering sedekah.

    ReplyDelete
  5. Nggak bisa komen solusi xD karena kemarin habis nagih hutang, eh malah nomor saya di block. Hehehe. Padahal cuma ngingetin kayak percakapan bang Adi di atas. Tapi tak kunjung diindahkan. Di whatsapp cuma read saja, di telepon tidak diangkat. :') Mau nyamperin ke rumahnya tapi nggak tahu alamatnya yang baru. Mana nominalnya lumayan :')

    ReplyDelete
  6. gue kayak punya standard sendiri sih buat minjemin uang. sekiranya uang itu emang beneran ga dibalikin dan gue enggak sakit hati, baru gue kasih. gitu

    coba aja lu bilang, gue pinjem duit lo dong. kalo dia selalu ngehindar kayak gitu. tapi klo gue diposisi yang lagi nagih uang, langsung gue samperin orang. klo kata temen-temennya emang dia bener punya uang, gue kata-katain dulu sih.
    ehe

    ReplyDelete
  7. Maafkan diriku tidak punya saran haha. Saya orangnya terlalu ga enakan buat menagih hutang orang:( Jadi biasanya dipilih tuh orang yang bener-bener minjem tapi tau kalo dia bakal balikin uangnya. Kalo belum lunasin hutang sebelumnya, jangan harap dikasih lagi :)) Tapi terkadang mereka juga suka merasa lupa kalo punya hutang, begitupun yang dihutangin dengan jumlah nominalnya..

    ReplyDelete
  8. Eh, bentar.

    Bang Adi, kujadi ingat, sepertinya dirimu pernah ada utang deh sama saya. Jadi, kapaaaaaan?

    ReplyDelete

Kalo kamu suka sama tulisannya, jangan lupa untuk bantu share dengan tekan tombol sosmed di atas yaa. \:D/

Untuk yang mau main dan ngobrol-ngobrol, silakan add LINE di: @crg7754y (pakai @). Salam kenal yosh! \(w)/