Monday, July 2, 2018

Mengungkap Makna Cantik dari Lagu Lagi Syantik Siti Badriah


Siapa coba yang gatau Lagi Syantik? Pertama kali gue tahu ini, bokap nyetel pake SPEAKER STEREO di rumah. Gue yang masih setengah sadar langsung kaget. Sayup sayup gue denger kalimat ‘Lagi manjaaa~ Emang pengen dimanjaa~’ lengkap dengan dentuman bass dan bunyi semacam klakson angkot. Udah gila apa ya? Ini masih jam 7 gitu lho! Gue protes dari kamar, ‘Pak! Aku kan belom siap joget!’

Gue keluar kamar, ngeliat bokap tiduran di kursi panjang. Senyum dia ngembang gede. Ckckck. Gue cuma bisa geleng-geleng kepala, minum air putih di meja, lalu joget di depan tv.

‘’Nah gini kan enak kalo udah seger! Yihaaa!’

APAAN?!

Gak mungkin lah.
Mana mungkin sendiri.

Bokap gue ikut merem melek sambil goyangin jempol.

‘Emang lagi manjaaaaa,’ kata gue.
‘Lagi pengen dimanjaa!’ sahut Bokap gue, make gagang remot jadi mic.

Keluarga macam apa ini…

Oke, serius serius. Jujur, gue penasaran banget sama lagu ini. Ada beberapa pertanyaan yang langsung masuk ke kepala gue begitu denger lagu ini: 1) Kenapa tiap lagu ini muter… gue… refleks… Jog… TOLONG. JEMPOL. AARRRGGHHH! 2) Apa arti sebenarnya dari kata “cantik” yang ada di lagu ini?

Ya, betul. Buat gue sendiri, kata “cantik” itu sangat abstrak. Apakah yang berkulit putih itu cantik? Kalo gitu gue gak pernah tuh ngeliat orang kagum sama reptil, ‘Wuih! Cantik beut nih buaya albino!’ Sungguh aneh memang dunia ini. Tapi, kalau menilik dari penggunaan katanya, kayaknya orang syantik itu yang syuka minum syusyu deh.

Maka demi mencegah timbulnya kericuhan dan perpecahan (emangnya ada woy?), di sini, gue akan membedah lagu Lagi Syantik – Siti Badriah untuk menemukan definisi cantik yang sesungguhnya.

lagu lagi syantik siti badriah


Siti Badriah membuka lagu ini dengan menjatuhkan pasir pantai dengan alunan piano yang menggugah. Tatapan mata Siti tajam sekali. Seolah dia berkata, ‘Nih liat pasir ini… ngotorin tangan kan? Cih.’

opening lagi syantik siti badriah


Beberapa saat berselang, vokal masuk dengan lirik, ‘Emang lagi syantik… tik… tik…tik… tik… tik… tik… tik… tik…’ sampai kita yang nontonn teriak, ‘IYA CUKUP! UDAH!’

‘DAH… DAH… DAH… DAH…’

Video klip lalu berputar balik ke Siti yang masih buang-buang pasir. Apakah cewek syantik itu yang demen main tanah? Apa ini memberikan pesan bahwa seorang cewek cantik itu pekerja keras? Apa abis ini dia bakal ngaduk semen? Hmmm pertanyaan ini masih sulit kita jawab.

siti badriah live


Musik terus berdendang. Dan pada bagian ini, lagu sampai pada kalimat, ‘Hai sayangku. Hari ini aku syantik.

Ingat ya, syantik.
Pake ش

Oke, apabila kita liat pada frame tersebut, bisa dipastikan bahwa kedua orang di samping kanan dan kiri Siti adalah pasangan. Itu artinya, dalam lagu ini Siti menggambarkan sosok jomblo. Apa itu sebuah pertanda? Emang sih yang jomblo bakal lebih keliatan syantik. Makanya kadang kita sering liat cewek yang menurut cakep, eh begitu tahu dia punya cowok, mukanya pelan-pelan berubah jadi kayak muntahan tapir.

Lirik lagu selanjutnya adalah:
Syantik bagai bidadari. Bidadari di hatchimyuh.

Hmmm. Dengerin part ini, gue langsung merenung. Cantik bagai bidadari? Kayak gimana tuh? Karena jaman udah canggih, gue googling dengan kata kunci “bidadari”:

bidadari surga


G…gue kok ragu ya.

KENAPA ADA GAJAHNYA?!

Kalo emang bener bidadari kayak gitu, biarkan aku hidup lebih lama ya Allah…

Daripada terjebak pada hal-hal dan hipotesa asal kayak gini, gue memutuskan untuk langsung riset tentang lagu ini. Gue mengetik kata kunci “lagu lagi syantik”, memilh berita dari okezone ini, dan yang muncul adalah:



Sadis. Gue baru tahu kalau ternyata lagu ini udah dibuat setaun lalu. Mereka ternyata udah punya rencana underground untuk membuat lagu ini menjadi tenar. Sebuah trik yang mahajitu dari Yogi.

Bentar…

YOGI ITU SIAPE?!

yogi pendeta


Ternyata dalang di balik pembuatan lagu ini adalah seorang jenius. Dia bisa dengan lihai memasarkan barang sebrilian Kanye West. Atau tukang es kepal milo.

Apalagi setelah gue baca dari berita yang sama, ternyata pembuatan lagu ini hanya memakan waktu 4 jam saja. Ini beneran sadis sih.

pencipta lagu lagi syantik


DJ DONALD INI SIAPE?!

Gamau kehilangan jejak, gue cari “DJ Donald” di google:

dj donald pencipta lagu lagi syantik sibad


*nangis di pundak Sarah Azhari*

Udah pasti ini ngaco. Gak mungkin DJ Donald yang dimaksud itu Donald Trump. Mau jadi apa?

Dipicu rasa penasaran yang tinggi, gue ganti kata kunci jadi “DJ Donald lagu syantik” dan hasilnya:

dj donall lagi tamvan


Sudah barang tentu, gue klik yang kanan. Gak mugkin DJ Donald yang dimaksud yang lagi syantik full remix full bass hot.

Full bass hot.
Full. Bass. Hot.
BIAR APE ADA HOT HOTNYA?!

Setelah gambar yang kanan gue klik, link itu menuju ke sebuah video klip berjudul “BALASAN LAGISYANTIK – LAGU TAMVAN RPH & DJ DONALD FT SITI BADRIAH”

‘RPH? Apaan nih?’ batin gue bergejolak. Dada gue bergetar. Pantat gue ngeluarin cairan dikit. Gak sabar rasanya bisa ngeliat tampang orang-orang keren ini. Gue play videonya.

Lagu itu dibuka dengan…

rph management


Ternyata oh ternyata, RPH yang dimaksud adalah… Republik Pengvasa Hati.

*nangis di pundak Sarah Azhari yang satunya*

Ya, gue yakin maksudnya adalah Republik Penguasa Hati. Tapi kenapa huruf “u” dalam kata “penguasa” itu diganti jadi “v”? Dan kenapa hanya kata itu? Kenapa gak sekalian “Repvblik Pengvasa Hati?” Atau “Repvblic Pengvas4 h4T1?”

Kejanggalan lain gue temukan dalam judul lagu yang DJ Donald buat. Dia memberikan judul “Lagi Tamvan” yang mana berasal dari “Lagi Tampan”. Kenapa penggunaan huruf “v” di sini menggantikan huruf “p” sementara di manajemennya berfungsi sebagai pengganti huruf “u”. Kenapa dia gak ganti nama manajemennya jadi “Revublik Venguasa hati?” Atau “Revvblic Vengvas4 h4T1?”

Tunggu…
Atau sebenarnya…
Maksud dari “Lagi Tamvan” adalah…

 “Lagi Tamuan”

DIA SEBENERNYA TAMU!
Hmmmm. Kalau begitu, bisa jadi “lagi syantik” itu sebenernya bukan bermakna “lagi cantik” seperti yang selama ini kita pikirkan.

Jadi apa sebenernya makna cantik?
Kayaknya mending kita tanya langsung ke Yogi deh. Syalan memang.

Suka post ini? Bagikan ke:

6 comments:

  1. Kok jadi kayak tulisannya Haw anjir. Hahahaha.

    Eh.. Sebenarnya justru yang kelihatan cantik itu yang udah punya pacar.

    Sori, maksud gue syantik, pake ش

    ReplyDelete
  2. Saya tau lagunya karena tetangga suka nyetel. Tapi belum pernah nonton videonya. Gara-gara tulisan ini, saya jadi penasaran buat nonton. Setelah itu betul-betul merasa bingung, apa korelasi main pasir dengan syantik? Ya, Allah. :(

    Kalo beneran mereka seperti itu agar memberi pesan pekerja keras dan nanti ada lagu lainnya, video klip cewek lagi ngaduk semen. Saya jadi nggak sabar buat menunggu dan goyang~

    ReplyDelete
  3. Gue baca tulisan ini sambil memainkan Siti Badriah - Lagi Syantik di Youtube. Versi original. Bukan versi remix, bukan versi cover.

    ORIGINAL!

    ReplyDelete
  4. Kayaknya bakal lebih menarik kalau gue nanya ke Roy Kiyoshi deh. Supaya dia bisa mencium ahoma-ahoma. :p

    ReplyDelete

Kalo kamu suka sama tulisannya, jangan lupa untuk bantu share dengan tekan tombol sosmed di atas yaa. \:D/

Untuk yang mau main dan ngobrol-ngobrol, silakan add LINE di: @crg7754y (pakai @). Salam kenal yosh! \(w)/