Saturday, January 20, 2018

Review Aplikasi Ruangguru: Ruangbelajar dan Saya Masih Mau Hidup

Pertama. Gue gatau apakah review aplikasi ruangguru ini bisa nggak bias. Karena eh karena… gue kerja di sana gitu lho! Aku masih ingin terima gaji bulan ini. *salim sama bosh

But stay tuned.
Gue akan coba kasih tahu dari berbagai sudut pandang.

--
Apa pentingnya pendidikan?

Well, gue adalah orang yang percaya bahwa pendidikan merupakan jawaban untuk banyak hal. Contohnya, ketika sehabis hujan di jalanan banyak genangan… EH ADA ORANG NGEBUT. Di saat itu lah kita ingin berkata, “SEKOLAH LO, WOY!”

Mungkin selama sekolah, si orang ini tidak diberitahu kalau BAN YANG NGEBUT DINGEPOTIN KE AER BAKAL NYIPRAT. Mungkin si orang ini berpikir “Wah ada air! Ngebut ah! Siapa tahu... dari tanah muncul receh dollar?!”

Pendidikan juga berperan untuk hal-hal lain. Misalnya, ada hukum fisika yang menyebutkan di mana “Tekanan = gaya:luas” Apa itu artinya? APA?! TOLONG KASIH TAHU! SAYA JUGA GAKTAHU?!

Ehem. Gue emang gatau apa maksud dari rumus tersebut. Tapi dari sana, gue dapat mengambil kesimpulan bahwa ketika kamu banyak gaya di tempat yang kecil, maka tekanannya akan besar. Asoy bukan?

Di samping itu, pendidikan secara tidak langsung memengaruhi kehidupan asmara kita. Tidak bisa dipungkiri bahwa lawan jenis lebih tertarik kepada orang yang pintar ketimbang tampan/cantik aja. Kalo tampangnya oke, tapi pas ditanya ‘Kenapa ya pelangi bisa warna-warni gitu?’ dia jawab, ‘Soalnya muncul dari mata kamu.’

RAJAM!

Itu lah kenapa, ada aplikasi Ruangguru. Aplikasi yang digadang-gadang dapat menjadi solusi bagi pendidikan Indonesia. Bagi pola pikir masyarakat yang, belum tertata rapih. Bagi kaum millennials, yang punya mobilitas tinggi dan tidak punya waktu yang cocok untuk ikut bimbingan belajar.

Ruangguru adalah aplikasi pendidikan yang punya beragam produk. Mulai dari ruangles, yang merupakan marketplace untuk guru dan murid (mirip seperti gojek, tapi yang datang guru), ruangles online (tempat bimbingan bersama guru secara online), ruangguru digital bootcamp (layanan grup chat pendidikan), serta ruangbelajar (video pendidikan beranimasi). Kalau mau ngebayangin, mungkin ruangguru itu gojek, yang di dalamnya ada banyak layangn kayak go-ride, go-car, go-send gitu-gitu.

review aplikasi ruangguru

--
Mulai dari sini, gue akan coba mereview produk ruangbelajar yang ada di dalam aplikasi ruangguru. Ada 3 alasan yang ngebuat gue memutuskan untuk mereview produk ruangbelajar ketimbang yang lain: 1) Buat gue ini adalah produk yang paling menarik. Berisi set kumpulan materi pembelajaran sekolah dalam versi video beranimasi. Jadi mirip kayak les, tapi mandiri dan hanya berbekal aplikasi. 2) Ini produk jagoan. Setingkat kayak Go-Ride di Gojek atau janji palsu di pacar yang udah mulai bosen. 3) Ini kerjaan gue di kantor. Muahahaha.

Kalau kamu pernah menonton channel Kok Bisa di YouTube atau Ted-Ed, kira-kira video animasi yang ada bakal kayak gitu. Bedanya, di ruangbelajar akan ada guru yang menerangkan di papan tulis. Jadi, suasana sekolahnya tetap dapet.

Saat membuka aplikasi ruangguru ini, pilihan ruangbelajar ada di pojok kiri atas. Tinggal klik, langsung deh masuk ke semua fiturnya.

Tampilan

ruangbelajar dari ruangguru


Di tampilan awal, terdapat berbagai pilihan mata pelajaran dan kurikulum di bagian atas. Saat ini, ruangbelajar terdiri dari kelas 4 SD sampai 12 SMA, persiapan UN dan SBMPTN, mulai dari kurikulum KTSP, kurikulum K-13, dan K-13 Revisi. Terus terang, gue gak begitu paham soal kurikulum-kurikulum ini. Meskipun begitu, gue tahu KALO PELANGI GAK MUNCUL DARI MATA LO. So, kalau ada yang bisa kasih masukan, silakan tulis di kolom komentar di bawah ya! Siapa tahu kamu punya saudara atau adek yang ada di kelas itu. \:p/

Buat gue sendiri, tampilannya cukup gampang untuk dimengerti. Tinggal pilih kategori kelas beserta kurikulumnya di tab, lalu muncul deh semuanya. Begitu kita klik mata pelajarannya, kita langsung sadar kalau Ruangbelajar ini mengusung konsep belajar sebagai “petualangan”. Jadi, pengguna dibuat seakan sedang menjalankan misi. Padahal, mah, aslinya belajar juga. Menurut gue ini menarik karena dengan begini, arah pelajaran jadi teratur. Kita tidak bisa belajar dengan “loncat” dari satu materi ke materi lain seenaknya aja.

Konten



Mungkin kamu masih bingung soal misi. “Misi? Misi apa yang kita jalanin?” Nah, konten-konten yang ada di ruangbelajar itu terdiri dari video, kuis, rangkuman berupa infografik, dan latihan akhir yang diatur sedemikian rupa untuk memudahkan cara belajar kita. Jadi, untuk setiap topik pelajaran, kita akan menemukan beberapa misi yang harus diselesaikan sebelum akhirnya menyelesaikan tantangan berupa “latihan akhir”.

Format setiap misi dalam pelajarannya seperti ini:

Menonton video -> Mengerjakan kuis -> Menonton video -> Mengerjakan kuis -> Melihat rangkuman -> Mengerjakan soal

Bandingkan dengan format menjalankan misi belajar di bimbel seperti ini:
Pulang sekolah -> Capek -> Macet2an -> Sampe tempat bimbel -> Belajar sambil capek -> Pacaran bentar -> Macet2an

Video

video animasi ruangbelajar dari ruangguru


Ada dua jenis video yang terdapat di ruangbelajar. Pertama, video dengan guru yang mengajar di papan tulis dengan animasi unyu, sementara jenis lainnya adalah video guru yang menulis langsung dari layar hape Cinta Laura. Keduanya sudah diatur tergantung jenis materinya. Karena kayaknya gak mungkin belajar soal-soal ngitung ribet banyak rumus pake dengan video animasi. MAO SEJAM SENDIRI APA VIDEONYA? Dengan adanya opsi video menulis di layar, kita mengikuti arahan guru sewaktu mengajar dengan lebih cihuy deh.

Dengan adanya dua jenis video ini, murid bisa lebih asoy dan cepat dalam memahami materi. Durasinya juga sebentar. Kira-kira 3 detik lah. KAGAKLAH. Paling lama 15 menit, tergantung dari materi yang disampaikan. Jadi, kita nggak akan keburu capek duluan saat belajar.


Sayangnya, di dalam video ini, kita tidak bisa memberikan komentar atau rating terhadap si pengajar. Padahal, siapa tahu aja dengan adanya kolom komentar, kita bisa mendapatkan ilmu lain dari hasil sharing para pengguna. Kekurangan lainnya adalah, terkadang, si video ini suka nggak stabil. Entah karena koneksi internet guenya, atau emang masih ada bug-nya.

Kuis

soal dan pembahasan di aplikasi ruangguru


Kuis-kuis yang ada di ruangbelajar ini terbagi menjadi dua jenis. Yaitu Kuis dalam setiap misi, dan kuis yang merupakan “latihan topik” apabila kita telah memelajari satu topik pelajaran secara penuh. Kuisnya, tentu aja pilihan ganda. Nantinya, setelah kita menjawab, akan ada pembahasan yang memberitahukan jawaban yang benar dari kuis tersebut.

Berbeda dengan kuis-kuis di dalam misi, kuis ini terdiri dari 10 soal pilihan ganda, lengkap dengan waktu yang akan mengukur kecepatan menjawab kita dan skor yang kita raih.

Rangkuman

rangkuman belajar di aplikasi ruangguru


Di setiap misinya, akan ada satu rangkuman yang berisi infografik mengenai beberapa video pembelajaran di misi tersebut. Enaknya, rangkuman ini dapat kita download langsung ke hape kita. Jadi, ketika kita sedang pengin mengingat suatu materi, kita gak perlu lagi nontonin videonya dan “mencari” di menit ke berapa poin yang kita cari. Tinggal buka gallery, liat foto gebetan biar semangat, baru buka rangkumannya.

Lainnya

Hal menarik lainnya dari ruangbelajar ini adalah adanya fitur rapor. Sama halnya seperti rapor sekolah, di dalam fitur ini, terdapat record “nilai-nilai” yang kita punya saat belajar menggunakan ruangbelajar. Seperti jumlah video yang kita tonton, rekomendasi topik pembelajaran, sampai berapa kuis yang telah kita kerjakan. Tenang, jumlah mantan yang kita punya gak ikut diitung kok.

Uniknya, ruangbelajar ini tidak hanya menawarkan materi pembelajaran sekolah, tetapi juga ada materi “peningkatan kualitas”. Namanya RG Inspire. Di dalamnya, akan ada berbagai video ngobrol-ngobrol santai seputar kehidupan yang, niatnya, ehem, menginspirasi para siswa. Tidak, di dalamnya gak ada Om Mario Teguh bilang, 'Untuk mendapatkan orang yang pantas, kita harus memantaskan diri kita dulu. Itu!'

Tapi di dalemnya ada bos gue.
Maka demi keselamatan pribadi, mari kita akhiri saja review ruangbelajar ini.


--
Aplikasi ruangguru ini tentunya memudahkan kita untuk bisa belajar di mana saja dengan lebih santai. Mengubah mindset kita akan belajar yang “kaku dan tegang” menjadi sesuai yang fun dan dapat diselipkan di keseharian kita. Semoga, review aplikasi ruangguru ini ngebantu buat kamu yang pengin cari aplikasi seru di bidang pendidikan.

Jadi, apa ini solusi untuk pendidikan di Indonesia?

Silakan jawab sendiri.

https://itunes.apple.com/id/app/ruangguru-solusi-belajar/id1099742206?l=id&mt=8








Suka post ini? Bagikan ke:

20 comments:

  1. gue enggak tau deh, ini kalo di pondok gue bisa berguna atau enggak. tapi beberapa pelajarannya emang ada seperti matematika serta pelajaran yang lain. tapi tetep aja kebanyakan yg bahasa arab.

    ini lu nya ga ngajar jadi guru di aplikasi ini, di? yaahh... ga jadi download deh.
    hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. KALO GUE JADI GURU MAU DIBAWA KE MANA BANGSA INI? ANCOL? INI MATIIN CAPSLOCK-NYA GIMANA SIH?

      Delete
  2. jaman now emang segala dimudahkan,,,ibaratnya klo dulu musti ikut bimbel dlu ahihihihi...
    tp ini butuh paket inet lumayan yakkk

    ReplyDelete
  3. Di ruangguru ada rumus cari cepat jadi kaya gak?

    ihik

    ReplyDelete
  4. Lah, bukannya lo kerja di Global ya Di? Eh, sok tau ...

    Gue pernah sih iseng buka ruangguru ini. Dan emang setuju, yang paling gue suka ruang belajar. Videonya unik-unik bikin gampang nyantel. hehe

    ReplyDelete
  5. Tunggu anakku agak gede diiikit lagi. Drpd capek les kluar, mnding dia bljr dr sini aja yaa :D. Kenapaalah dulu zamanku blm ada yg beginian.. Kebayang dulu masih capek baru pulang sekolah, udh hrs les lagi -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya. Jaman jaman kita dulu itu jaman jaman jagoan. :))

      Delete
  6. Oh, Mas Adi ini kerja di ruang guru ta, wah asik nih banyak pasti pengalamannya. Share dong, Mas. Aku salut sama sang CEO nya, ngikutin di instagram juga, salut sama beliau. Keren.

    RuanGuru bermanfaat memang ya, terlebih di zaman yang serba digital seperti ini.

    ReplyDelete
  7. Kira2 kalau sudah selesai satu misi, trus pingin ngulang lagi (dalam rangka pendalaman materi plus latihan ulang), soal yang keluar bakal 10 soal yang sama lagi gak?

    Adik saya kelas 4 SD, 6 SD, dan 1 SMA~~ secepatnya saya kenalkan dengan aplikasi ini!

    ReplyDelete
  8. aku kalo liat ruangguru kok jadi inget Dilan, eh Iqbaal....ya ampuuun ituuuh brondongnya tante kok manis amat yah #lhaaaa~

    ReplyDelete
    Replies
    1. ((brondongna tante)) :))) Jitak juga nih kaks. Muahaha.

      Delete

Kalo kamu suka sama tulisannya, jangan lupa untuk bantu share dengan tekan tombol sosmed di atas yaa. \:D/

Untuk yang mau main dan ngobrol-ngobrol, silakan add LINE di: @crg7754y (pakai @). Salam kenal yosh! \(w)/