Friday, September 29, 2017

Jelajahin Pulau Derawan, Gue Nemu Keindahan Alam yang Tak Terlupakan

Ada satu daerah di Indonesia bagian utara yang semakin hari semakin menarik minat para wisatawan. Daerah mana kah itu? Oh, bukan. Bukan daerah kewanitaan. Tapi Derawan! Secara geografis, Derawan terletak di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Untuk bisa ke sana, kamu bisa menghanyutkan diri di Laut Jawa dan berharap terseret arus sampai sana. Tapi ribet. Atau, tentu saja, cara paling mudah adalah dengan naik pesawat. Apalagi menggunakan jasa maskapai penerbangan Kalstar.
sumber:thepresidentpostindonesia.com

Dengan menggunakan jasa Kalstar, kamu akan diantar menuju Bandara Kalimarau, Berau. Begitu sampe Bandara Kalimarau yang terkenal bersih dan nyaman, langsung terasa deh tuh hawa-hawa liburan. Bawaannya pengin ngerentangin tangan kayak di film-film traveling sambil teriak, 'MAMAAAH! CURHAT DONG!'.*

*Tips: supaya perjalanan kamu semakin seru, datanglah bersama teman-teman terdekat. Hindari bepergian bersama orang yang kamu belum kenal-kenal amat. Seperti misalnya, Jamaludin (SIAPA PULA ITU JAMALUDIN?!).
Dari Bandara, kamu bisa langsung menuju Pelabuhan Tanjung Batu yang tidak begitu jauh. Di sana udah banyak perahu yang bisa kamu sewa untuk menjelajahi Kepulauan Derawan.
sumber:ngetripmulu.com

Buat yang belum tahu, Kepulauan Derawan merupakan gugusan pulau-pulau kecil yang mempunyai keindahan alam luar biasa. Mulai dari Sangalaki, Biduk, Maratua, Nabuko. Nggak cuma di pulau-pulau itu, ada juga destinasi lain kayak gugusan karang Muaras, masimbung, tababinga, dan pinaka. Banyak abis kan? Dijamin alam yang ada di sini bakal bikin kita terhipnotis. Apalagi kalau perginya bareng Uya Kuya. Bisa-bisa habis dihipnotis, aib kamu kebongkar semua.
sumber:piknikasik.com

Kalo kamu emang hobi pergi wisata dan punya kesempatan berkunjung ke Kepulauan Derawan, cobain deh liat keindahan alam di Danau Labuan Cermin. Danau ini bukan sembarang danau. Keistimewan keindahan alamnya ada di airnya yang berwarna biru bening (bukan biru kecekek). Pohon-pohon rindang di sekelilingnya juga bikin suasana makin yahut. Menurut legenda yang beredar, konon berfoto di sini akan meningkatkan ketampanan sampai 86%. Terutama kalau pakai topeng Adipati Dolken.
Eits, nggak cuma itu. Keistimewaan tempat ini juga ditambah dengan adanya dua jenis air sekaligus. Ya, dua. Ada air tawar di bagian permukaan danau, dan air asin di bagian dasarnya.
Kalau masih belum puas juga, silakan datangin Pulau Maratua. Tempat puluhan lumba-lumba yang siap menunggu kamu untuk mengajak berenang bersama sambil melihat pemandangan dasar laut yang menakjubkan. Tips dari gue si master jalan-jalan: Demi keselamatan, jangan mau diajak berenang bareng lumba-lumba yang belum kamu kenal-kenal amat. Bisa jadi dia punya niat jahat! Abis diajak berenang, kamu dibawa ke pojokan. Ditawarin permen. Abis itu ketagihan dan disuruh bayar! Astaghfirullah! Di dunia ini kita harus hati-hati kawan!
Keseruan lain berenang bersama hewan laut juga bisa kamu temukan di Pulau Kakaban. Kali ini bukan lumba-lumba, melainkan ubur-ubur yang siap mengajak kamu menyelam menyusuri kedalaman. Kerennya, ubur-ubur di Pulau kakaban ini sangat jinak dan tidak menyengat.
sumber:generation-g.id

Setelah puas main air, kamu bisa mengunjungi Sangalaki. Pulau ini merupakan kawasan konservasi penyu dan berbagai hewan lain. Di sini kamu bisa berkeliling hutan yang merupakan rumah bagi burung maleo, kepiting kenari, dan juga biawak. Keistimewaan di Pulau ini adalah kamu bisa melihat puluhan penyu yang naik ke daratan untuk bertelur. Nggak cuma itu, kamu juga bisa ikut merasakan melepas anak-anak penyu menuju ke laut. Kurang cihuy apa coba?
Sebagai penutup perjalanan berkeliling Kepulauan Derawan, Pulau Gusung Paris adalah lokasi yang paling tepat. Kenapa? O jelas karena di Pulau Gusung Pasir kita bisa ngelihat matahari terbenam yang oke abis. Menatap sunset bersama kekasih sambil diterpa angin seraya berbisik, ‘Ngutang dulu ya, Sob.’
Itulah beberapa destinasi wisata dan aktivitas yang bisa kamu lakukan di Kepulauan Derawan. Cukup dengan tiket Kalstar di tangan, liburan tak terlupakan bisa kamu rasakan. Tunggu apa lagi? Buruan cari tiket Kalstar, sebelum kehabisan. Jangan lupa ajak gue ya. :p
Suka post ini? Bagikan ke:

5 comments:

  1. Lumba-lumba ape yang sampe punye niat jahat? 😂

    ReplyDelete
  2. Emang lagi rame nih perawan, eh maksudnya Derawan yang bertebaran di sosial media. Hehe

    ReplyDelete
  3. Bang, adain giveaway lah tiket pesawat PP dari Malang kesana wwkwk. Boleh ya boleh, iyain ya iyain aja xD

    ReplyDelete
  4. Wah pengen tuh ke Pulau Kakaban, berharap ketemu burung Maleo yang udah langka banget dan udah masuk bagian konservasi. Tau ga? Telurnya lebih besar daripada telur ayam berkali-kali lipat.

    Loh kok jadi informatif hehe, sorry ku terlalu bersemangat.

    ReplyDelete
  5. Mampir kesini jadi ketawa sendiri, tulisannya lucuuuu..

    Salam kenal!

    ReplyDelete

Kalo kamu suka sama tulisannya, jangan lupa untuk bantu share dengan tekan tombol sosmed di atas yaa. \:D/

Untuk yang mau main dan ngobrol-ngobrol, silakan add LINE di: @crg7754y (pakai @). Salam kenal yosh! \(w)/