Sunday, May 28, 2017

Apdeeeeet! Wohoooo!

Padahal niatnya mau apdet di hari pertama puasa.
Eh malah gagal. Muahahaha.

So I’ll say this: Apdeeeeet! Wohoooo!

Sebenernya ada beberapa hal soal puasa dan bulan Ramadan yang mau gue tulis di sini, tapi kayaknya dipending dulu deh. Mau cerita-cerita random lagi aja. Hehehe. Gatau kenapa gue ngerasa puasa sekarang lebih excited dibanding tahun lalu. Ada yang gitu juga gak? Rasanya kayak pengen teriak ‘UWOOOGGHH!! PUASA MEEEN!!’ di tengah pasar. Tapi takut disiram air panas.

Satu hal yang jadi masalah gue adalah… gue jadi susah ngatur waktu idup. Kedengerannya aneh sih, tapi beneran. Bukan sulap bukan kentut, jadwal tidur gue langsung kacau. Kemaren aja gue abis teraweh gak tidur gara-gara mikir ‘ah bentar lagi juga saur’ PADAHAL SAURNYA JUGA MASIH TUJUH JAM LAGI. Akhirnya benaran gak bisa tidur karena ngurusin kerjaan. Baru molor pukul 7 pagi dan bangun pas azan zuhur (ini di mana puasanya ya?). Abis itu ke tempat temen, pulang begitu mau buka puasa. Daaaan abis buka malah ketiduran gitu lho! Jam segini baru bangun dan kayaknya bakal begadang lagi sampe saur.

Aneh. Sungguh aneh. Apa yang terjadi dengan hidup Adi? Mari kita saksikan reportase berikut!

Well, lo sendiri gimana hari pertama puasanya? Menyenangkan? Apa malah tepar dan belum kebiasa kayak gue? Semoga terus menyenangkan dan gak usah dianggap beban ya. Karena gue liat sih sekarang lebih sulit ngontrol hawa napsu dibanding laper sama ausnya. Muahaha.

Gue inget dulu pas SMA ada pesantren kilat selama tiga hari. Dan di salah satu harinya ngedatengin ustad ke kelas-kelas gitu. Tapi, namanya anak SMA geblek, kami malah nanya yang aneh-aneh dan “ngakalin” peraturan puasa. Berikut pertanyaan random yang masih gue ingat sampai sekarang (dan gue lupa jawabannya apa. Kalo ada yang tahu boleh kasih tahu ya. :p):

“Pak, kalo kita (maaf) masturbasi batal gak?”
Pak ustadnya bilang batal.

“Pak, kalo kita gak sengaja mimpi basah batal gak?”
Pak ustadnya bilang enggak.

“Pak, kalo kita (maaf lagi) masturbasi bentar terus langsung tidur dan mimpi basah batal gak?”
Pak ustadnya pindah kewarganegaraan.

Kalo diinget-inget ngakak juga sih. Apalagi waktu itu cowok sama cewek dipisah. Jadi yang cowok di kelas sementara ceweknya ngumpul di aula gitu. Alhasil pada berani nanya aneh-aneh deh. Udah kayak buka sesi curhat. Sampe ada yang nanya masalah masukin jari ke tenggorokan biar muntah. Gue lupa-lupa inget sih. Tapi yang jelas begitu beres pesantren kilat, hidup kita langsung berubah. Biar dianggap keren sama cewek, kita jadi sok alim. Wudhu jadi slow motion. Dikit-dikit ngajak solat. Pas upacara bukannya baca pancasila malah mengumandangkan azan (ekstrem abis).

Anyway, gue baru aja baca lagi tulisan soal depresi kemaren… dan rasanya kok aneh gitu ya. Hehehe. Intinya sih gue minta tolong saling liat sekitar. Takutnya ada orang yang sebenarnya punya masalah, tapi terlalu takut untuk bilang. Kita kan gak pernah tahu seberapa pentingnya kita di mata orang lain. Ada lho orang yang kita anggap biasa aja, tapi ternyata menganggap keberadaan kita sangat penting. Terlepas dari apapun yang kita bilang atau perlakukan ke orang itu. Bisa aja secara tidak sengaja keberadaan kita “menyelamatkan” hidup dia. Apa lagi kalau kita dianggap pembantunya sendiri (lho?).

--
Bahas Bianglara dikit ya. Mungkin ada beberapa di antara temen-temen yang belum tahu Bianglara, bisa baca part 1 di sini. Sejauh ini komentar yang masuk sih cukup positif. Gue gatau itu bacanya sambil setengah sadar apa gimana, but I’m happy to hear that! So thank you very muchos!

Belakangan gue baru sadar… ternyata gue belum kasih penjelasan sama sekali soal Bianglara. Apa itu Bianglara dan kenapa gue bikin itu. Jadi gue mau cerita dikit deh ya. Nanti yang versi detail mungkin bakal gue post di lain waktu (kalo niat. Hehehe).

Jadi, selama ini gue punya rencana untuk bikin novel utuh (yang tentu saja belum kesampaian. :p). Nah, Bianglara ini adalah salah satu rencana itu. Gue pengin bikin novel komedi fiksi yang beda aja gitu. Bianglara sendiri bercerita tentang lima orang dengan karakter berbeda yang harus saling sepakat satu sama lain supaya bisa mengalahkan monster di taman hiburan. Gue pengin coba bikin karakter yang “hidup” di dalam ceritanya sendiri. Gue sebisa mungkin mengembangkan karakter yang nyata, baru sedikit demi sedikit masukin masalah yang bakal dia hadapin.

Terus terang, naskahnya pun masih jauh banget dari jadi. Ini juga yang ngebuat gue untuk nge-publish tiap part-nya di blog. Karena selain gue bisa tahu langsung reaksi yang baca, gue masih bisa “ngotak-ngatik” lagi. Karena yang akan gue taroh adalah draft awal yang belum sempurna banget. Gue pengin pertumbuhan tulisan ini jadi hasil kolektif kita, meskipun ujung-ujungnya tetap ada di tangan gue sih. Paling enggak kan terasa lebih dua arah. :p

Untuk orang yang masih awam soal dunia penerbitan kayak gue, mungkin nge-share ini pelan-pelan juga bisa jadi salah satu alat pemasaran kali ya? Gue juga gatau sih bakal gimana ke depannya. Hehehe. Tapi mungkin gue akan coba share juga hal-hal yang berhubungan soal penulisan Bianglara. Bisa inspirasi tulisannya, atau film-film yang memengaruhi adegan di cerita ini. Siapa tahu benaran ada yang suka dan malah jadi buku beneran. (kemudian ngarep. Muahaha. :p).

Kalo sejauh ini sih gue lagi sering nonton tv series. Gue pengin orang punya kesan yang kuat kayak karakter di tv series gitu. Jadi gue mulai ngulang nonton How I Met Your Mother, ngelanjutin Big Bang Theory sama Master of None. Sama nunggu seri-nya American Gods. Kalo filmnya sendiri tentu bakal banyak terinspirasi dari Simon Pegg. Buku? Kemaren sih baru baca Before I Fall, tapi gatau bakal berpengaruh banyak apa enggak ke sini. Hohoho. Mungkin akan masuk ke bagaimana nulis dengan “enteng dan gak ngebosenin” kayak yang dilakuin Lauren Oliver. Jadi mudah-mudahan gak ada kata-kata yang terlalu rumit untuk dicerna atau diucapin secara verbal pas baca. Gue juga lagi ngobrak-ngabrik lemari nyari Dengan Novel Ini Aku Ingin Balas Dendam karena pengin ngebuat tulisan ini jadi semacam punya unsur breaking the fourth wall­-nya.

Tentunya seiring dengan pembuatan Bianglara bakalan masih banyak influence lain yang gue pakai. Mudah-mudahan bisa sering gue update dan gak semangat di awal doang. Muahaha. \(w)/

Well, segini dulu deh apdetnya. Udah mau saur aja nih ya.
Happy fasting you guys all! Have a nice Sunday! \:D/
Share:

39 comments:

  1. Hhmmmm... Ngomongin soal puasa ya, gua sih sebagai manusia yang biasa-biasa aja pasti setiap Bulan Ramadhan siklus hidupnya menjadi manusia nokturnal, pagi sampe siang tidur, siang sampe sore makan bubur, sore sampe malam jualan bajigur (produktif abis). Bianglara ya? Jadi inget biang es deh (hhmmmm ena ena )

    ReplyDelete
    Replies
    1. Astagfirullah, aku ngakak baca komen ini :D

      Puasa macam apa siang sampai sore makan bubur -____-

      Delete
    2. APA HUBUNGANNYA BIANG ES SAMA ENA ENA?

      Delete
  2. wooohooo puasa, hal pertama yang aku alami saat puasa dan sekarang jadi blogger, dulu sebelum jadi blogger kebanyakan waktu habis buat main game, sekarang juga buat ngeblog hahah.

    Bikin post tentang ngabuburit mas, kayaknya bakal rame nih.

    ReplyDelete
  3. Ayo berkarya di mumpung bulan puasa pasti berkah. Amin

    ReplyDelete
  4. ayoo, ditunggu loh novelnya!

    selamat berpuasa btw :)

    ReplyDelete
  5. Happy fasting! dan karena lagi bulan puasa, semoga dapet banyak pencerahan buat update Bianglara part 2. Hahaha :))
    Oh iya, juga buat novelnya! Semoga gak semangat di awal aja ya, Kak!

    ReplyDelete
  6. Pak ustad pindah kewarganegaraan? Si anjer.

    Iya, kadang kita sendiri gak peka kalau seseorang punya masalah. Sebenernya semua orang pasti punya masalah sih, cuma kalau sampe depresi dan kita diem aja, sedih aja gitu.

    Sukses novelnya Di, aku belum baca postingan Bianglara, abis ini mampeeer!

    ReplyDelete
  7. Yoo selamat menunaikan puasa ya cees.

    Oiya cerpen yang kemaren sudah kubaca. Cuma belum sempet komen aja. Mantep euy.

    ReplyDelete
  8. mansturbasinya puasa dulu, tahan sampe kelar puasaa, pas dah kelarr puasing tuhhhh ck

    ReplyDelete
  9. Oiya, selamat menunaikan ibadah puasa ya, semoga ya puasanya lancar sampe selese.. :D

    ReplyDelete
  10. Banyakan nanya bikin orang batal puasa aja, emosi! 😂

    Sahur masih 7jam mah bisa ditinggal mimpi indah dulu kali! 😅

    Aku juga gitu jadwal tidur jadi berantakan. Huhuhu.. gak bisa atur waktu ckckk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gatau kalo malem berasanya ngiranya cepet. :(

      Delete
  11. Oh iya yah, dulu ada yang namanya pesantren kilat. Btw, saya pembaca lama kriba-kribo, lho... kalau dilihat dari tulisannya yang sekarang, emang terkesan lebih cerdas, soalnya mampu ngebuat saya baca sampai habis dan ngeberaniin diri buat ninggalin komen.
    i see raditya dika in you mas. iya kok bahasa tulisannya agak mirip sama si doi? tapi itu mungkin cuma perasaan dan bau mulut saya saja kali. dan tentu bukan sebuah hal yang negatif. maksud saya kayak raditya dika waktu awal-awal muncul, bahasanya enak dan mudah. jadi enak aja digiring sama penulis seperti ini.

    tetap semangat sama blog dan novelnya!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huwooo thank youu! Senang bacanya! \:D/

      Aamiin. Makasih ya!

      Delete
  12. ITU PERTANYAAN PALING SERING MUNCUL! HAHAHA

    Nggak tau kenapa setiap pesantren kilat tanya-jawab soal itu selalu ada. Padahal, tahun kemarin juga udah dibahas. Seru! :')

    ReplyDelete
  13. pak ustad, itu kalau ada yg nanya-nanya masalah mastur*basi pas puasa, puasanya batal nggak pak ustad? *pak ustadnya bunuh diri

    ckck, semoga novelnya jadi best seller bang! aamiin

    ReplyDelete
  14. Sama nihh
    Aku juga gagal update di puasa pertama hahahhahaha

    *jadinya puasa ke tiga deh*

    How I met your mother lucu banget emang
    Lili and marsyal for layff! ^^

    Aaaakkkk aku jg lagi nulis buku
    Pas banget mau liburan panjang dua bulanan semoga bisa kelar
    Good luck for you and me! ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lili! Hahaha. Hoa ayo semangat sama2 cuuuy! \:D/

      Delete
  15. pertanyaan somplak :D untung pak ustadznya sabar n ga jadi pindah kewarnegaraan :p
    weh keren semoga jadi y novelnya mantapp bro

    ReplyDelete
  16. thug life tuh bocah yg nanya ke pak ustad :D
    ditunggu bang karya bukunya

    ReplyDelete
  17. Masturbasi bentar, gak sampe keluar, terus tidur. Itu mah udah sengaja banget. :(
    Ya, Allah. Zaman SMA emang brutal. XD

    Gue juga masih awam banget soal penerbitan. Terus napas gue dalam tulisan tuh masih bisa dibilang pendek. Baru sebatas cerpen, novel kayaknya buat gue masih susah. Konsisten ngelanjutin dan fokusnya yang sulit emang, sih. Kudu berkomitmen bener-bener. :|

    Hmm, gitu toh ternyata soal Bianglara. Emang mau dibuat novel fiksi. Semoga lancar, Di~

    ReplyDelete
  18. Aku juga awalnya mau update tentang puasa hari pertama, tapi apalah daya ga ada waktu buat nulis kwkwkw boong deng!
    Masalah jam tidur, iya banget jadi ga teratur, sekarang jadi sering ngantuk, biasanya bisa begadang sampai jam 1 malam, sekarang mah boro-boro. Terus tiap abis sahur, udah sholat subuh pasti tidur lagi hahahaha

    Pertanyaan itu emang paling banyak ditanyain cowok ya, inget waktu SMP temen-temen aku yang cowok, rata-rata nanyain yang begituan -.-

    Btw, Selamat berpuasa, semoga puasa tahun ini lebih baik dari tahun lalu ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang malah begadangnya sampe saur. Terus abis subuh tidur sampe buka. :(

      Aamiin! Sama-sama ya! \:D/

      Delete
  19. Hahhahaha konyol banget :v ada" aja critnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apaan nih maen crat crit aja.. Hmmmm..

      Delete
  20. Kalo di kampus gue ya Di, namanya bukan pesntren kilat. Namanya p2kk. Gue lupa kepanjangannya apa, yang jelas sama aja sistemnya tapi seminggu lebih, dan itu harus nginep di kampus tanpa boleh megang hape sama sekali. Omegat!

    Novelnya ditunggu di yha! Lama ngeblog masa bukunya ga keluar2, masa e book mulu!

    Cemungut ea kaka!

    ReplyDelete

Kalo kamu suka sama tulisannya, jangan lupa untuk bantu share dengan tekan tombol sosmed di atas yaa. \:D/

Untuk yang mau main dan ngobrol-ngobrol, silakan add LINE di: @crg7754y (pakai @). Salam kenal yosh! \(w)/