Wednesday, May 24, 2017

6 CARA CEPAT & TIPS JITU MENINGKATKAN VIEWS DI YOUTUBE TANPA TRIK MURAHAN!


Tidak bisa dipungkiri bahwa era video semakin meningkat dan YouTuber meledak di tahun-tahun belakang. Sementara gue masih bertahan menjadi blogger… karena gak punya kamera. Tapi jangan salah! Meskipun bukan YouTubers, tapi gue sudah menganalisis sejak lama. Gue tahu ada berbagai kategori YouTuber di luar sana. Mulai dari yang suka merekam kejadian sehari-hari. Ada yang demen game. Ada yang review hape. Pernah gue nonton salah satu YouTuber yang joget-joget sambil mohon-mohon, ‘Gift-nya dulu kakaaaak.’. Oke, kayaknya gue agak ketuker Youtube sama Bigo.

Begitu banyaknya YouTuber yang upload video di Youtube (menurut ngana?) ini ngebuat mereka berlomba untuk mendapatkan views sebanyak-banyaknya. Kalau kamu adalah calon-calon Youtubers itu, bersyukurlah. Karena kamu datang ke tempat yang tepat. Ya, gue udah tahu cara jitu mendapatkan banyak views di YouTube tanpa trik murahan. Tanpa download aplikasi aneh. Tanpa beli-beli views. Maka inilah dia, cara jitu meningkatkan views di YouTube:

1. Buat Ciri Khas

Betul, mungkin ini terdengar klise dan kamu tahu bahwa setiap manusia dilahirkan berbeda dan punya keunikan masing-masing. Tapi kenapa Aulion membuka videonya dengan bilang “Kayaknya gak enak deh kalo item putih gini?” PADAHAL RUANGANNYA BERWARNA TERUS DIA EDIT DI KOMPUTER JADI ITEM PUTIH TERUS DIWARNAIN LAGI? BIAR APAA? Biar repot.

Dan pastinya biar ada bedanya aja gitchu loh. Cool kan? Coba kita bedah YouTuber handal lain. Kebanyakan punya kata-kata pembuka sendiri:

‘YO WASAP MA FREN!’ – Laurentius Rando
‘Halo gua Kevin Anggara!’ – Kevin Anggara
‘ZAAPPP!! SHAP!! SHHHAAAPPHHFFHHTT.. YO MEHH EMHH MENN…’ – Picky Picks
‘Assalamualaikum temen-temen!’ – Ria Ricis
‘What is up what is down what is left what is right everything is gonna be olrait!’ – Chandra Liow
‘I’m your geek Benakribo!’ – Benazio
‘WAZAP GHAEZ! APA KABZ?!’ – Skinny Indonesian 24
‘Welkom bek wit mi si gemer ganteng!’ – Reza Oktovian

Jika kita perhatikan satu per satu, semua punya ciri khasnya sendiri. Itu artinya kamu juga harus punya! Kamu gak boleh ngomong ‘Halo!’ karena itu udah punya Kevin. Kamu gak boleh bilang ‘Assalamualaikum temen-temen’ karena itu ciri khasnya Ria Ricis. Kamu juga ga boleh bilang ‘SHAPPP!! YO ZAPPHHS EZSH… MMEEHH!’ Karena kamu tidak tahu artinya.

Dan di sini lah gue, membantu kamu menemukan ciri khas kamu sendiri. Tips dari gue untuk membuat ciri khas: Carilah kata-kata yang belum pernah dipakai sebelumnya. Kalau perlu yang nyentrik sekalian. Kamu bisa buka video kamu dengan, ‘YO! MEN! NASI KUNING DUA!’ Selain mendapatkan banyak views, ada kemungkinan tukang nasi uduk depan rumah kamu benaran ngasih sarapan.

Pro tip: Hindari menggunakan kalimat “Welcome back with me!” di awal video. Karena bisa aja dia baru pertama kali nonton video kamu. Bayangkan kamu pertama kali ke indomaret lalu kasirnya bilang, ‘Welcome back with me! Indomaret!’ Pasti kita pengin muntah odol.

2. Dengerin Lagu Gita Gutawa

Oke, oke, jangan tutup blog ini dulu karena merasa dengerin lagu Gita Gutawa tidak ada hubungannya dengan menaikkan jumlah views di Youtube. Tapi percayalah, teman-teman calon Youtuber sukes! Dengarkanlah lagu-lagunya Gita Gutawa setiap hari. Karena secara tidak sadar kamu akan ikut nyanyi. Dan karena itu… SUARA KAMU BAKAL NAIK SATU NADA!

Percaya sama gue, setiap YouTuber sukses yang viewsnya banyak harus membawakan video dengan asik. Itu artinya, GAYA NGOMONG mereka HARUS TINGGI di ujung. Tidak hanya itu, kata-kata di akhir kalimat harus dicepetin selayaknya kamu ngasih tahu nomor telepon. Kosong lapan satu dua… tiga tiga empat… mamajuh panlanwaga.

Ketika kamu membeli siomay, misalnya. Berbicaralah dengan seperti ini: ‘Bang… beli SOMAYNYA ENEM! Dua kentang… satu kol… TUMAYWAHUPUTIH!’ (maksudnya: satu somay dua tahu putih).

3. Bikin penonton penasaran

Tentu, untuk mendapatkan views video YouTube yang banyak, kamu harus membuat orang bisa menonton video kamu sampai habis. Karena di atas views ada yang namanya subscriber, dan di atas subscriber ada yang namanya watch time. Apa itu watch time? Watch itu awas. Time itu majalah. Jadi watch time adalah waktu yang dihabiskan penonton untuk menonton video kamu. Benar-benar tidak nyambung bukan! Mantap soul!

Dibanding views dan subscriber, watch Time ini lah yang lebih menentukan seberapa keren channel kamu. Kan percuma subscriber 50 ribu, views 103 ribu, ternyata tiap orang nontonnya cuma 0,13 detik.

Jadi apa yang harus kamu lakukan supaya orang betah nonton? Bikin penasaran!

Ketika kamu lagi di Taman Safari, misalnya. Kamu bisa arahin kamera ke macan dengan kecepatan 130km/jam, lalu bilang, ‘ANJIR PARAH ABIS MACANNYA!’ terus balikin ke muka sendiri dan lanjutin, ‘Kenapa parah? Nah, ada di menit ke 13 video ini ya. Jangan di skip oke? Oke sip.’

Di menit 13, kasih foto macan biskuat. Atau macan Cisewu. Atau macan Cisewu lagi makan biskuat.



4. Interaksi

Supaya kesannya si penonton dihargai dan diperhatikan, kamu ajak mereka berinteraksi! Suruh penonton kamu untuk komentar tentang hal-hal yang ada di video. Pas lagi makan bakpau tanya ‘Kalo kamu suka bakpau yang rasa apa? Kalo kamu di Taman Safari, tanya ‘Kamu sukanya hewan apa?’ Pas lagi di mobil tanya, ‘Ini mobil siapa ya gue pake?’ Jangan bertanya hal-hal yang tidak nyambung. Lagi di Taman Safari nanya, ‘Jelaskan 5 latar belakang terjadinya perjanjian Linggarjati! Dan sebutkan isinya! 5 menit lagi selesai tidak selesai dikumpulkan!’

5. Keluarkan Emosi Penonton

Emosi yang dimaksud di sini adalah perasaan. Berbicaralah dengan penuh gairah dan semangat. Seperti, ‘Akhirnya gue bisa beli mobil! BOOM! INI MOBIL IMPIAN GUE!!’ Atau ‘Gue akan lempar petasan! JEDAAAR! PETASANNYA KENA IDUNG SENDIRI!’

Yah, pokoknya yang boom boom der jedar asik itu lah. Sering-sering aja ngomong gitu.

6. Thumbnail dan Judul

Ini jelas menjadi penting karena salah satu faktor terbesar orang meng-klik video kamu adalah karena ngelihat judul dan thumbnail yang menarik. Kalo thumbnail kamu emoji dan tulisan kecil dengan background hitam, mungkin kamu masih harus bisa belajar bedain mana YouTube mana Insta story orang-orang galau.

Untuk mempermudah, posisikan diri kamu sebagai penonton. Sebelum publish, pikirkan ‘Kalo gue ngeliat gambar dengan judul ini bakalan mau gue klik nggak ya videonya?’ Dengan menggunakan metode ini, tentu channel YouTube gue nantinya akan berisi foto Sarah Azhari semua.

Itulah beberapa cara jitu yang dapat kamu pakai untuk meningkatkan views video YouTube tanpa trik murahan. Tanpa beli-beli views di abang-abang. Tanpa download aplikasi aneh-aneh. Semoga bermanfaat dan menyesatkan. Ciao!
Share:

24 comments:

  1. gilaaaa, gilaaaa analisis yang handal tajam terpercaya ini. masih fokus di blog tapi bisa dapet rangkuman ilmu sekece ini ttg vlog. cus bikin aja dah bang, ntar gua subscribe deh XD

    liat gambar buskiat, jadi inget salsa *anjay
    eh lu kalau mau iseng-iseng jangan sok iye deh, gue tampol lu.
    #timsalsabuskiat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itulah kemampuan tersembunyi Senpai..

      Delete
  2. Hebat lu bang, soalnya orang lain udah pada ninggalin blog nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itulah kehebatan Senpai... dan kemiskinan Senpai.

      Delete
  3. ciri khas emang jadi poin penting buat mengundang orang penasaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penasaran? Penonton penasaran? MAKANYA TETEP DI SINI AJA! *lah jadi Ini Talkshow

      Delete
  4. Setuju banget bang...
    Sewaktu gua baca "dengerin laginya Gita Gutawa"..
    gua udah satu detik sebelum nutup blognya..
    untung lo bilang "jangan'
    hahahahahaha

    ReplyDelete
  5. Triknya mahal bangetzzz kakakk.. Tapi sayang aye gak biza acting... Emm jika aye jadi youtuber mungkin kata pertamanya adalah "subscribe atau mati".. Itu trik juga loh gan... Dan tentu bukan murahan, karena apa? Karena jika gue aplod youtube pasti menggunakan kuota yang harus dibeli pakai uang... Jadi murahannya dimana coba? @,,@

    ReplyDelete
  6. mamajuh panlanwaga hahahahahhaaha

    ReplyDelete
  7. Tajam bener analisismu di, tajam setajam silet. Silet... Silett.. Sileeeettt *lalu feni rose muncul dari balik Batu*

    Entah kenapa, membaca analisis tentang youtuber ini seperti kaya membaca analisis bola, bedanya cuma ini versi dunia youtube..

    Kalo saya buka youtube, cuma nonton cuplikan pertandingan doang atau ndengerin lagu lagu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itulah kemampuan rahasia seorang Senpai Kresnoadi..

      Delete
  8. edans. calon youtuber sukses nih. uhuy.

    ReplyDelete
  9. wah, mau dong privat diajarin biar tenar kayak awkarin..

    ReplyDelete
  10. Fak sesat! Apalagi disuruh dengerin Gita Gutawa, bodoamat yeee -___-

    ReplyDelete
    Replies
    1. DARIMANA SESATNYA YA TOLONG DITELAAH LEBIH DALAM LAGI!

      Delete
  11. *migrasi jadi youtubers*
    *nggak jadi*
    *nggak punya kamera*

    ReplyDelete
  12. terima kasih mang kresno ilmunya saya sedang mencari ilmu tentang menjadi youtubers :D

    ReplyDelete

Kalo kamu suka sama tulisannya, jangan lupa untuk bantu share dengan tekan tombol sosmed di atas yaa. \:D/

Untuk yang mau main dan ngobrol-ngobrol, silakan add LINE di: @crg7754y (pakai @). Salam kenal yosh! \(w)/