Saturday, April 8, 2017

Nggak Enaknya Rambut Pendek

Sebenarnya gue udah lama pengin potong rambut, tapi nggak pernah kesampaian. Si pacar sampe sebel sendiri tiap gue bilang, ‘Aku kayaknya mau potong pendek deh.’ Bukan sebel karena nggak suka, tapi karena gue ngomong doang. Hehehe. Abis gimana, gue selalu punya pengalaman tidak asik sewaktu potong rambut. Di kompleks gue ada dua tempat potong rambut “normal”, bukan yang salon-salon gahul gitu ya. Namanya pangkas rambut Bang Maman (ini favorit bokap, jangan tanya gue ada hubungan apa bokap dan orang bernama Bang Maman itu). Sementara yang satu lagi namanya Gasela. Gasela ini tempat yang dari dulu selalu gue datangi kalo mau potong rambut. Dan tempat gue selalu menyesal selesai potong rambut.

Entah kenapa seperti ada peraturan tidak tertulis di Gasela yang mengatakan bahwa siapapun yang ke sana, bakal berakhir dengan BOTAK. Gak peduli kita milih apa di daftar Top Collection, yang penting kepala kita DIBABAT AMPE ABIS. Yah, pokoknya tiap kali potong di Gasela gue selalu mikir, ‘Ada masalah apa nih orang sama istrinya?’ Begitu kuliah di Bogor, udah deh. Gue gak pernah potong di Gasela lagi.

Berhubung kemaren tiba-tiba ada keinginan buat pendekin rambut, gue nyari-nyari tempat potong lagi. Sampai kemudian ada satu tempat potong rambut baru di deket Gasela. Namanya: The Tampan Barber Shop. Goks. Dia ngasih nama “Tampan” tapi diawali dengan “The”. Sungguh tempat cukur yang krisis identitas.

Begitu masuk ke The Tampan barbershop (anyway, kenapa ya pangkas rambut dinamain “barbershop” tapi kita gaboleh beli si barber?), auranya kayak beda. Ini semacam tempat potong rambut masa kini: bernuansa hitam putih minimalis, pomade tertata rapi, gak ada top collection. Abangnya (gue gak sempet kenalan, tapi gue yakin namanya bukan BANG MAMAN) nanya mau potong model apa. Gue, karena gatau nama model rambut, akhirnya ngeluarin hape dan nunjukin foto di Instagram semasa rambut masih pendek. Dan tahu apa yang terjadi? ABANGNYA PROTES SODARA-SODARAAA!! Dia bilang, ‘Itu mah nggak pendek, Mas. Yang pendek kayak gini!’ Lalu ngeluarin tablet dan nunjukin model potongan rambut cowok yang bagian atasnya tersisa dikit dan pniggirnya tipis banget. Saking tipisinya, ini rambut bentar lagi kena tiang gawang.

Inilah dia hasilnya:

A post shared by Kresnoadi DH (@keribakeribo) on

Hal pertama yang gue sadari setelah berambut pendek adalah… HELM GUE LONGGAR ABIS! Atau dengan kata lain… kepala gue isinya rambut doang. Ini berimbas pada kebiasaan gue denger lagu sewaktu naik motor. Gara-gara longgar, earphone gue sering banget copot. Alhasil, lagunya sering putus-nyambung. Denger lagu Ed Sheeran jadinya cuman “The club… … …SHAPE OF YOU!! We push and pull… … …SHAPE OF YOU!!”

Nyokap jadi orang pertama yang mengomentari perubahan drastis di kepala gue. Ngeliat gue yang mendadak rapih, dia berseru, ‘Wah!’ Nyokap kemudian tersenyum lebar dan melanjutkan, ‘Anda siapa ya?’ Sedih.

Awal-awal potong rambut rasanya juga masih kagok. Gue yang biasanya suka ngacak-ngacak rambut sendiri jadi nggak bisa. Dan akhirnya beralih jadi ngacak-ngacak pasar pagi (lho?).

Hal yang tidak enak dengan rambut pendek adalah: gue kadang lupa. Udah beberapa hari ini banyak kejadian aneh gara-gara lupa kalo rambut gue udah pendek. Kemaren pas sampoan misalnya. Gue yang biasanya make sampo banyak lupa kalo udah potong rambut. Ngeselinnya, gue baru inget setelah nuangin sampo ke tangan. Ya udah, daripada mubazir, akhirnya gue sampoan sebadan-badan. Siapa tahu bulu dada gue jadi nggak bercabang.

Sorenya, gara-gara lupa kalo rambut udah pendek, gue gosokin anduk kekencengan sampe kelapa gue sakit. Hal ini membuat gue menyadari dua hal: 1) Gue baru aja buang-buang energi, dan 2) Gue baru sadar kalo selama ini diam-diam rambut gue ngelindungin kepala gue dari benturan. Oh perhatian sekali kamu, mbut..

Tapi ada enaknya juga punya rambut pendek. Kena angin dikit langsung kering. Hal lainnya adalah, kalo bangun tidur sekarang gue nggak kayak gelandangan lagi. Yah, kayaknya gue emang harus mencintai rambut ini apa adanya deh.. 

-- 
Nambahin dikit. Mulai sekarang gue udah nggak main Twitter lagi dan bakalan lebih sering di Instagram dan blog ini. Jadi kalo yang biasanya tahu apdetan blog ini dari twitter, mending masukin email di kotak subscribe atau add LINE di @crg7754y  (pakai '@') atau follow Instagram gue di keriba-keribo ini. Masih baru banget nih main Instagram, jadi masih norak. Muahaha. See you guys there! \:p/
Share:

29 comments:

  1. Udah aku follow ko mas, difollback dong.. hehe
    @eanjunior_ :)

    Meskipun belum bertemu secara langsung, tapi rapihan gini menurutku, berbeda aja gitu sama yang waktu gondrong...he
    Tapi setiap orang kan beda-beda ya :)

    Tapi rasanya beda banget ya, Mas. Biasaya punya kebiasaan menghempas-hempaskan rambut, ini mah gk lagi..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas ini yang potongin rambutku kemaren ya? Kok bahasanya sama?

      Delete
  2. Hal yang sama ketika aku abis potong rambut, pakai helm terasa longgar, kena angin rasanya semriwing hihihi.

    ReplyDelete
  3. Bang Adi, kasih tips dong biar cepet gondrong. Saya udah mau lulus SMA, pengin gondrongin rambut, nih.

    Btw, awalnya gue ngira itu foto Michael Jackson. Ini gue doang kayaknya yang ngira gitu.

    ReplyDelete
  4. Gapapa, gantengan rambut pendek udah hahaha.
    Tapi gue juga ngerasain sih pas rambut gue panjang sama pendek itu ya cuma pas keranas. Udahannya jadi lebih enteng wkwk

    ReplyDelete
  5. Anda siapa ya? Kok orangnya beda sama yang biasa posting di blog ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ADIIIIT LO MASIH AKTIF GAK SIH? *gampar*

      Delete
    2. Wahahaha sorry, di ternyata beneran elo. Gue kira siapa nih orang yang di foto, beda sih mukanya. Soalnya mukanya kayak orang baik-baik gitu.

      Delete
  6. Si Pacar. Hmm.. Ini namanya pamer secara gak langsung. Alias pamer halus. Kasian fans-fans Adi. Pasti pada patah hati. Bahahak! 😂😂😂

    Btw, mungkin Ibuk mau punya anak baru. Makanya sok-sok gak kenal sama kamu. Mueheheh.

    ReplyDelete
  7. Wih, cukur juga dia. Bahaha. Bulan kemarin gue juga habis cukur, Di. Yang biasanya handukan lama karena rambut gak kering-kering, eh sekarang bentar aja udah kering gitu. Sama banget.

    Kayaknya pas ngunjukin potongan ke rambut abangnya, si abang malah rekomendasiin yang lain, ya. Yang ada malah kependekan mulu. :(

    Mendadak jadi kangen rambut gondrong. :')

    ReplyDelete
  8. Ini kayaknya cuma mau bilang ke rangorang deh, "NEH LIAT NEH, GUE GANTENG NEH.. RAMBUR BARU COOY!!"

    Kira2 seperti ituh.

    ReplyDelete
  9. sip. gantengan 1% bang :)).

    nah aku mau tuh gondrong. kirakira habis berapa shampoo dalam sehari ?

    btw. udah pendek rambutnya. udah jadi duta shampoo lain ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya nggak abis kalo nggak sampoan.

      Delete
  10. jadi kesyeee bingits

    coba dibotak bang, ntar kan helm bakal tambah longgar. semilir angin juga bakal merasuk ke rongga rambut & kepala lewat sempitnya celah helm pas naik motor *apasih ini XD - pengalaman pribadi sih sebenernya wakakaka

    ReplyDelete
  11. kayaknya tempat gue juga ada deh itu The Tampan barbershop :'))

    hmmm kalo udah pendek gini silakan mampir ke blognya daus untuk membaca tutorial memakai pomade, Di.

    ReplyDelete
  12. Hati hati kulit kepalanya ngikut bang abis digosok kenceng kenceng.

    Gimana rasanya pas mandi abis cukur bang ? Airnya ngalir kan dari kepala, ga ketampung dulu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemaren sih alhamdulillah abis andukan tengkorak kepala keliatan dikit.

      Delete
  13. Waaaaa, si pa-pacar? :))
    Waaaaa, bagus pendek bang. Rapi gitcuuuu.
    Salam ya buat BANG MAMAN.
    Oiya, kaosnya juga keren bang. Mauu. Itu tulisannya apa ya? ._.

    ReplyDelete
  14. Di paragraf ketiga dari bawah,, emang sengaja nulis kelapa kah?? wkkk...mbut mbutt...kalau kayak gitu kan makin cakep dan terkesn ringkas... si pacar pasti lebih seneng tuh...
    ngakak banget baca komentar si babe.... :D

    ReplyDelete

Jangan lupa follow keriba-keribo dengan klik tombol 'follow' atau masukin email kamu di tab sebelah kanan (atau bawah jika buka dari hape). Untuk yang mau main dan ngobrol-ngobrol, silakan add LINE di: @crg7754y (pakai @). Salam kenal yosh! \(w)/