Wednesday, March 29, 2017

Mimpi, Waktu Indonesia Bercanda, dan Puisi Dari Kegelisahan

Terus terang, gue kangen nulis gajelas lagi. Setelah baca beberapa post terakhir kok kayaknya gue “serius” bener ya? Hohohoo. Aneh juga bacanya. Di tengah-tengah baca beberapa postingan itu, gue jadi diem sebentar, lalu mikir, “INI SIAPA YANG BAJAK BLOG GUE YAA?!!” Jadi inget dulu pernah main bajak-bajakan sama Wahai Para Shohabat. Dengan tidak elegan, si Yoga ngebajak blog gue dengan super cupu (cek postingannya di sini). Blog gue juga pernah dibajak tukang ember (baca di sini). Ya, tukang ember. Gue juga sedih kok nulisnya…

Kalo udah kayak gini gue jadi flashback sewaktu pertama kali bikin blog. Waktu itu gue awal-awal semester empat. Jaman-jamannya gue dapet mata kuliah Ekologi Hutan. Saat itu gue dapet kakak asisten dosen yang nyebelin. Badannya gede, ngomongnya sembarangan dan sok berkuasa. Biasalah, tipikal kakak senior yang pengin dihormati gitu. Gara-gara sikapnya itu, gue jadi menaruh perasaan sama dia. Perasaan pengin nusuk palanya pake tombak, tepatnya.

Masalahnya, dia kuat dan nyeremin. Ini sudah tentu kemungkinan organ gue yang mejret duluan meningkat 90% sebelum berhasil nusukin tombak. Alhasil, gue diam-diam semacam punya “dendam pribadi” yang tidak tersalurkan. Akhirnya gue mulai mencari pelampiasan yang asik (dan mengurangi resiko gue tewas lebih cepat, tentunya). Teriak-teriak di pinggir tebing jadi salah satu opsi waktu itu. Bayangin gue berdiri di pinggir tebing, ‘AAARRRGHHHH BANGSAAAAT?!! AUWOOOO!!!’ Gue ngerobek baju, lalu loncat masuk ke pedalaman hutan. Berubah jadi Tarzan. Malah gagal keren.

Hal lain yang terpikirkan adalah membuat grafiti; semacam coretan gaul di tembok menggunakan semprotan pilox. Tapi mengingat dendam gue yang rada panjang, entah butuh berapa banyak tembok. Kalo pun disingkat jadinya susah dimengerti: QXBL. Qu Sebel.

Alhasil, gue baru tahu ada yang namanya blog. Dan, seru juga bebas cerita di internet kayak gini. Sampai kemudian gue kenal temen-temen blogger lain, banyak sharing tentang penulisan dan cerita. Banyak yang menjadikan blog sebagai wadah untuk berlatih menulis. Sampai sini gue langsung nyadar… hina banget niat gue dulu ngeblog. Hehehe.

Anyway, ada beberapa hal yang pengin gue ceritain:

Satu. Belakangan ini gue mimpi aneh-aneh banget. Beberapa minggu lalu gue sempet mimpi dateng ke nikahannya Benakribo, yang mana orangnya aja udah berkembang biak. Di waktu yang berbeda, nggak kalah serem, gue mimpi kalo bokap meninggal. Gue udah di dalam liang kubur, sedih, deg-degan, menunggu jenazah bokap diturunkan. Anehnya, orang-orang malah nurunin beberapa jenazah sekaligus, ditumpuk secara vertikal… dan gak ada jenazah bokap. Begitu sadar kalo nggak ada jenazah bokap, gue jadi bingung dan makin deg-degan: kenapa gue bisa ada di dalam di liang kubur? Bangun-bangun keringetan.

Hari ini nggak kalah seru. Gue sama temen-temen ada di dalam rumah dengan seragam a la pemain paintball. Kami lagi menghadapi semacam teroris dan virus mematikan. Hampir berhasil ngebunuh semua teroris dengan aman, ada satu teroris yang berhasil kebunuh dan darahnya yang ada virus moncrot kena laba-laba. Gue bangun, dan karena ngerasa seru, nyoba “lanjutin” mimpinya. Dan berhasil! Gue bareng temen-temen yang tersisa ngelawan, dalam bahasa di dalam mimpi, "artphropoda beracun" di garasi belakang bekas rumah gue yang dulu. Dramatis abis… dan bener-bener gajelas.

Ada yang gitu juga nggak sih? Pernah ngalamin mimpi seru, terus kayak ngerasa pengin ngelanjutin mimpinya dan ternyata emang nyambung sama mimpi sebelumnya? Atau ada yang bisa ngartiin mimpi? Ini kayaknya juga gak bakal ada di primbon jawa deh.

Dua. Gue baru-baru aja nonton Waktu Indonesia Bercanda di NET. Dan ternyata kocak abis! Gue pikir awalnya semacam ILK gitu yang ngebahas topik-toppik dengan konyol, eh ternyata game show. Salah satu segmen terfavorit tentu Teka-Teki Sulit! Gue sampe ngakak-ngakak sendiri begitu tahu jawaban sebenarnya dari Cak Lontong. Buat yang masih mau waras, mending jangan ditonton deh. \:p/

Tiga. Sebuah puisi dari kegelisahan gue di pagi ini:

Bangun tidur dan bangun dari kasur
adalah dua hal yang berbeda.
Kadang kita sudah bangun dari kasur,
tapi masih tidur. Kadang kita
sudah bangun tidur, tapi belum mampu bangun dari kasur.
Karena bangun dari kasur butuh energi dari sarapan.
Untuk sarapan perlu bangun dari kasur.
Ah, sarapan cuma harapan.
Isi tudung saji cuma mimpi.
AKU LAPER!
Share:

28 comments:

  1. Aslik, mimpi emang kadang aneh banget. Mimpi kehilangan orangtua emang paling sering dialami. Dan selalu bikin ketakutan. :(

    ReplyDelete
  2. salamin buat kang Ember Gebug dong, bang. gue suka banget tulisannya dia. kapan-kapan undang dia lagi buat nulis di blog lo ya! wkwk

    emang sih, mimpi tentang orangtua apalagi meninggal kaya gitu ngga enak banget rasanya nyampe kebawa pas udah bangun :( kadang malah suka nyampe nangis sesenggukan gitu kalo gue.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sampai saat ini tukang ember gebuk tidak teridentifikasi. Orang cemen kayak dia mana berani dateng lagi..

      Delete
  3. Pas bajak2an itu gue baru baru tau ada WPS. haha
    Gegara lo kan gue jadi follow twitter mereka dan gue baca semua. HAHA

    namanya juga mimpi, ya banyak aneh lah. Klo yang seneng2 sih kadang gue gitu juga, pengen mimpi lagi. HAHA

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini semoga maksud lo bukan mimpi basah ya..

      Delete
  4. jelas dan nggak jelas pun tulisan kamu tetap bagus ya, hebat

    ReplyDelete
  5. Meski sudah dijelaskan di awal tulisan ini ga jelas, aku masih tetep mikir. Apa hubungan antara membajak blog, mimpi yang aneh, acara TV yang juga ga jelas, dan puisi? Komentar ini cuma ingin menambah ketidakjelasan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh sudah barang tentu... gue juga bingung hubungannya apa.

      Delete
  6. Ending yang sungguh jujur :(
    Aku juga laper.

    ReplyDelete
  7. Enak mimpinya masih bisa di lanjutin. kemaren aku mimpi lagi ngedate sama raisa kok gak bisa di lanjutin ya ? :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. MIMPIIN AKU DUNK SAY....
      WKWKWKWKKWKWK

      Delete
    2. Tolong bebaskan blog saya dari kehidupan dua lelaki seperti ini...

      Delete
  8. Katanya kalo dimimpiin meninggal bakalan panjang umur ☺

    Aku malah sering ngelanjutin mimpi kemarin. 😂

    Ujung ujungnya laper 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ini beneran? Mudah-mudahan begitu ya. Aamiin. :D

      Delete
  9. Puisi elu kagak ada iramanya "blabar pisan!"

    Nih gue ajarin!

    Bangun tidur, tidak sama dengan bangun dari kasur
    ketika gue udah bangun tidur, ternyata kembaran gue juga ikut bangun
    kasurpun basah...
    Arghhh... Legaaa...

    WIS!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kembaran ini maksudnya "aer comberan" kan ya?

      Delete
  10. Mimpi aneh terakhir itu kemarin. Mimpi berupa menerima chat telegram dengan isi, "Aku pergi, ya. Jangan cari aku lagi."

    ITU SERAM! :'(

    Pernah deh kayaknya punya mimpi seru, terus kebangun, terus tidur lagi, eh mimpinya berlanjut hahaha tapi itu gak ada niat buat ngelanjutin sih. Pas punya niat buat ngelanjutin malah mimpinya gak berlanjut. Ganti mimpi laen, kan qxbl.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ITU PASTI NIAT KAMU BURUK KAN MAKANYA NGGAK DILANJUTIN?! HIIII...

      Delete
  11. Pas ngelanjutin mimpinya gitu dengan tidur lagi gue pernah, sih. Malah jatuhnya lucid dream. Di mimpi itu gue bisa ngendaliin diri gue. Wahaha. :D

    Pernah juga tuh mimpiin artis cantik. Belum sempet mimpi basah, eh udah dibangunin Nyokap suruh berangkat kerja. QXBL.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang harusnya ngendaliin siapa? SBY? :(

      Delete
  12. Kalo gue paling sering mimpi lagi chattingan. Jadi, mimpi gue isinya layar handphone. Pas kebangun, mau mimpiin itu lagi susah. Mungkin kuotanya abis. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. INI KENAPA BANYAK YANG MIMPI CHATTING YA?? DASAR ANAK JAMAN SEKARANG.

      Delete
  13. Aku suka nonton WIB dan kadang suka kesel juga hahaha, padahal gak ikutan jawab ya, cuma nebak aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. YA NEBAK ITUKAN JAWAB YAAAAA. *lempar botol kratingdaeng*

      Delete
  14. Saya sering mimpi terbang. Hahah... ada-ada aja.

    ReplyDelete

Jangan lupa follow keriba-keribo dengan klik tombol 'follow' atau masukin email kamu di tab sebelah kanan (atau bawah jika buka dari hape). Untuk yang mau main dan ngobrol-ngobrol, silakan add LINE di: @crg7754y (pakai @). Salam kenal yosh! \(w)/