Wednesday, February 8, 2017

Ketika Lapar Tengah Malam dan Memilih Update Blog..

Menurut gue, hal paling gak enak pas lagi makan ayam bakar itu bagian disamperin orang minta-mintanya. Kalo pengamen masih mending, kita tinggal ngangguk dan minta maaf (bentar, ini dia yang gak punya duit kok gue yang minta maaf ya?). Tapi kalo orang minta-minta, kok agak gimana gitu ya. Mau nggak ngasih duit, tapi kok rasanya iba. Mau ngasih, TAPI KAN TANGAN LAGI KOTOR ANJIR RIBET.

Dilema ini baru aja terjadi kemarin. Pas gue sibuk melaksanakan ibadah nyocol ayam bakar ke sambel, tiba-tiba ada orang nepok pundak. Ya udah, gue tidur deh. Oh, maksudnya gue nengok ke dia. Begitu nengok, gue ngelihat dua orang berdiri samping-sampingan. Orang yang satu memegang tangan orang yang satunya, dan mengarahkan tangan itu ke gue. Gue pengin ngeledekin, ‘Ciyeeee pegangan tangaan nih yee…’ tapi kok tampang mereka serius banget.

Tidak butuh waktu lama, gue akhirnya sadar kalo orang yang di sebelah itu buta, makanya diarahin sama yang satunya. Situasi langsung canggung setelah keluar kalimat ‘Misi, Mas’ dari dia. Gue mau bales, ‘”Monggo.’ kayak orang jawa pada umumnya, tapi gue yakin maksud dari kata-kata itu adalah dia mau minta duit. Berhubung lagi melakukan ritual makan ayam bakar, dengan berat hati gue minta maaf (Sumpah gue gak ada salah apa-apa sama dia!).

Setelah dia pergi, gue tiba-tiba mikir… kenapa sih gak ada yang mau bantuin Si Buta Dari Goa Hantu keliling minta-minta kayak gini? Dia kan pahlawan. Sudah sepatutnya dibantu. Dibanding harus hidup dari goa ke goa, pemasukan dari minta-minta bisa dipake buat nyewa kos. Lumayan, perbaikan ekonomi.

Masih bahas makan-memakan, gue merasa kalau fine dining adalah contoh sempurna dari merayakan kematian di meja makan dengan anggun. Dan seharusnya, semua orang di dunia makan dengan aturan dan tata krama seperti itu. Di depan kita ada makhluk hidup yang mati demi kelangsungan hidup kita lalu kita makan sambil ngangkat satu kaki?  Oh, man. Mantab (lho?).

Bayangkan jika orang terdekat lo meninggal, lalu lo diutus jadi si penggali kubur. Lagi seru-seru1 gali kubur, lalu di sekitar pemakaman ada sapi jalan. Dia mendekat, mendekat, mendekat... lalu boker ke liang lahat. Lo pasti marah kan? Lo pasti gak terima sama kelakuan si sapi kan? Lagi nangis sedih… terus bau. Lo pasti kesel sama si sapi yang tidak punya perikemanusiaan.

Ini jelas. Karena… YA EMANG GAK PUNYA YAA?!! Kalo masih tidak percaya, silakan cek apakah si sapi tiap tahun mengeluarkan zakat fitrah.

Nah, sapi yang jelas-jelas nggak punya perasaan aja kita sebelin. Gue yakin hal yang sama juga terjadi dari ayam ke kita. Kalo ayam punya perasaan, dia pasti nangis ngeliat temen-temennya, berkorban demi kelanjutan hidup kita, dihidangkan di atas meja makan, eh kitanya makan pake boxer doang. Di mana perikeayaman kita? Apa gunanya kita punya perasaan? Di mana sisi humanis kita sebagai umat manusia?!!

Lalu apa solusinya?
Well, gue juga gatau. Yang pasti, cuci tangan di tengah makan ayam bakar bukan jawabannya.


--

1) Oke, gue tahu ada yang salah dengan kata ini, tapi gue yakin pada tahu maksudnya lah ya.
Suka post ini? Bagikan ke:

9 comments:

  1. Anjir gue gak paham bhahaha. Gue cuma bisa bilang, "Iya, Di, iya."

    ReplyDelete
  2. Adi, kalo tangan lu masih kotor pas mau ngasih duit, kasih aja pin atm, di. Cerdaslah.

    ReplyDelete
  3. gue masi mikir, kok tulisan lo lucu ya sedangkan gue belum bisa bikin postingan yang bisa bikin orng ketawa hahahah, engga tau lah gue gajelas banget, pokoknya bawaannya pen ketawaaa aja. tapi ini random banget sumpah wkwkw

    ReplyDelete
  4. Kirain orang yang menepuk itu dikasih ayam juga bang ? wkwk
    Kan kasihan sudah berjalan jauh dari goa ke goa :D

    ReplyDelete
  5. Wkwkwk emng kalau orang nepuk pundak langsung bisa tidur gitu wow hahaha.

    Ya kalau tanganmu kotor mau ngasih duit, suruh aja dia ngambil sendiri di kantongmu, kan udah gede harus mandiri jangan pake diambikin. Wkakakak

    ReplyDelete
  6. Gue kok ga paham ya? -_- Suka suka lu deh bang.

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. Random. Absurd. Iya iya blog punya lo 😇✌

    ReplyDelete
  9. Yang penting sambel ayam bakar yg enak kudu abis, bersih, kinclong. Kulitnya ga boleh ketinggalan, sisain tulang aja buat kucing.

    ReplyDelete

Kalo kamu suka sama tulisannya, jangan lupa untuk bantu share dengan tekan tombol sosmed di atas yaa. \:D/

Untuk yang mau main dan ngobrol-ngobrol, silakan add LINE di: @crg7754y (pakai @). Salam kenal yosh! \(w)/