Saturday, October 1, 2016

Ketika Bulu Hidung Didandanin yang Harus Kita Lakukan Adalah...

Gara-gara nggak sengaja ketemu sama temen kuliah pas lagi ngopi tadi, eh kita malah berlanjut ke dalam sebuah perdebatan sengit. Gue ngelihatin Mita yang lagi dandan, lalu tiba-tiba kepikiran, ‘Kapan sih sebenernya alis itu menjadi hal yang penting dalam dunia perdandanan?’

Gue kok ngerasa kayaknya pas zaman nyokap gue, alis gak segitunya diperhatiin ya. Paling cuma bedak, lipstik, dan pretelan lainnya. Alis sama sekali tidak masuk hitungan dalam daftar-organ-muka-yang-harus-didandanin.

Oleh karena itu, dibalut rasa penasaran yang tinggi, gue mengerahkan seluruh jiwa dan raga untuk ngegaplok paha Mita dan nanyain secara langsung. Dia awalnya kaget. Ini wajar, mengingat pertanyaan gue emang mahagakpenting. Sampai beberapa detik kemudian, dia tersadar kalo yang nanya emang anak sinting. Mita pun menjawab dengan santai, ‘Udah lama, bencong.’

‘Ya lamanya kapan?’ Gue mendesak, Mita terlonjak sedikit. Tidak siap dengan pertanyaan lanjutan gue. Kalo dipikir-pikir, emang pertanyaan gue nodong banget sih. Udah kayak gaya nanya dosen sewaktu sidang skripsi. Walaupun gak mungkin juga pas skripsian ditanyain, ‘Ini landasan teorinya gak bener nih! Kapan kamu benerin alis?’ Gak nyambung abis.

Tapi yang jelas, perdebatan sengit gue dan Mita berujung pada sebuah kalimat dari Kak Lala, senior gue di kampus. Dia bilang, ‘Kayaknya 2015-an deh, Di.’

Kalo gue perhatiin lebih lanjut, lucu juga sih alis-alisan ini. Kok kayaknya sekarang ngetren banget gitu. Semenjak fenomena alis didandanin ini, gue malah jadi suka ngelihatin alis cewek. Padahal, sebelum era alis-alisan ini, gue yakin nggak ada cowok yang pernah protes ke ceweknya. ‘Kamu cantik sih, tapi alis kamu nukik banget kayak tendangan Tsubasa.’

Maka pertanyaanya adalah: apa yang memicu para tukang dandan ini untuk mengubah bentuk alisnya?

Kalau disambungkan dengan teori dasar ekonomi, mungkin beberapa tahun lalu permintaan akan alat make up sedang tinggi-tingginya. Sementara sumber daya (bagian muka yang pengin didandanin) semakin langka. Jadilah mereka sebisa mungkin berinovasi untuk memanfaatkan sumber daya yang ada. Entah kenapa waktu itu yang kepikiran alis. Makanya deh alis seakan-akan dibuat menjadi sesuatu yang butuh didandani. Lalu apa problem selanjutnya? Ketika permintaan akan alat make up masih tinggi, sementara udah ga ada lagi yang bisa didandanin dari muka cewek. Kalo udah gini, bisa-bisa para peneliti ini memanfaatkan semaksimal mungkin muka kita. Dan di masa depan, cewek-cewek bakal dandanin… bulu idungnya. Ada yang dkepang, ada yang disatuin sama kumis (Ini khusus Iis Dahlia).

Lalu apa yang bisa cowok-cowok lakukan sewaktu hal ini benar-benar terjadi?

Oh jelas banyak.
Salah satunya, baca postingan ini, kemudian menyesal bareng-bareng.

--
Eniwei, gue baru sempet bacain komen-komen kemarin dan menemukan ini di postingan patah hati terkonyol:
shifa namus September 19, 2016 at 1:08 PMseingetku sih dia namanya khansa athaya, kalo gasalah sih:v

Begitu gue cek, kok ternyata fotonya malah anak kecil umur 15 tahun. Terus gue jadi bingung sendiri. Karena hampir semua fotonya berambut panjang. Sementara di foto awal kan rambutnya pendek. Dan masalahnya, gue amat sangat dodol dalam hal nyamain muka kayak gini. Kadang kok kayak sama, tapi kadang malah ngerasa beda banget. Kecuali untuk cewek kerudungan. Nah itu gue jago banget! Karena buat gue, cewek kerudungan itu… mukanya jadi sama semua. Hehehe.

khansa attaya kresnoadi
Ini beneran dia bukan sih? Kok rada beda ya.

Well, meskipun identitas sesungguhnya belum ketahuan juga, tapi dengan adanya nama ini gue semakin dekat! Yosh! Dan paling tidak, dilihat dari fotonya, alisnya nggak nukik kayak tendangan Tsubasa.
Share:

42 comments:

  1. Kapan sih sebenernya alis itu menjadi hal yang penting dalam dunia perdandanan?’
    Alis itu penting dalam dunia perdandanan ketika sudah waktunya
    Kalo belum waktunya berarti belum penting dalam dunia perdandanan
    Gitu bang menurut saya
    Abang mw ikut dandan alis juga?
    Kalo bisa kayak rock lee bang

    ReplyDelete
  2. alis juga penting bagi cowok. buktinya The Rock suka naikin alisnya sebelah.


    ...tapi ya gak diukir dulu.

    ReplyDelete
  3. Wanjer, Iis Dahlia kumisnya disambung ke bulu idung. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua itu bukan tidak mungkin wahai manusia!

      Delete
  4. gara-gara tren alis ini juga tiap saya lepas kacamata pasti ada aja cewek yang tanya "itu kenapa alis cuma separo? nyangkut di kacamata?"

    ReplyDelete
  5. itu siapa lagi di? itu alisnya kok antara kiri dan kanan, agak terlihat berbeda..
    kiri tipis, kanan tebal

    ReplyDelete
    Replies
    1. ITUKAN UDAH ADA NAMANYA YA! Khansa Athaya.

      Delete
  6. Beneran masih 15 tahun? Alhamdulillah, rejeki yang masih 17-an. Wuuooow!

    Yang aneh tuh alis dikerok, ditebelin pake pensil. Duh. Biar botak aja harusnya sekalian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alis dikerok, udah kayak melon dikerok tukang sop buah. :(

      Delete
  7. Hahaha iya tuh pensil alis tuh kayak penting banget buat cewek. Tapi aku sih nggak make. Alis udah tebel gini. Eaks
    Bentar, iya gitu ceweknya itu? Kok beda ya. Sekilas mirip sih, tapi kalo diteliti lagi nggak mirip ah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan masalah tebelnya. Bentuknya itu lho diedit-edit. Jadi kayak goloknya Patimura.

      Delete
  8. Anjiiiir alis nukik kayak tendangan Tsubasa hahaha ngakak.

    Tapi bener juga sih. Sejak kapan ya, alis jadi hal yang harus didandanin? Gara-gara fenomena ini, sekarang kalo janjian sama temen-temen cewek, 15 menit waktu tersita hanya untuk ngegambar alis. Huf. kzl. Untung alis gue nggak kosong-kosong banget jadi nggak perlu susah digambarin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya makanya. Padahal 5 tahun lalu, cewek usia 20an nggak sibuk mikirin alis lho.

      Delete
  9. Karena trend melukis alis, gue berharap semakin banyak seniman cewek di dunia lukis melukis. Harusnya hal ini bisa dikembangkan lagi. Soalnya, cewek selalu perfeksionis kalo udah ngelukis alis.

    ReplyDelete
  10. Itu gue kok fokus ke muka cewe kembar yg fotonya lo satukn ya di, dan gue menyadari satu hal. Garis belah tengah rambutnya kayak offside gitu nggak sih? Dia botak kah apa itu :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. KEMBAR MATA LO SOBEK! EMANG SATU CEWEK ITU. :(

      Delete
  11. Kayanya udah lama deh bang, asal cewek udah kerja kayanya dia bakal akrab sama yang namanya pensil alis. Soalnya waktu alis belum ngetrend kaya sekarang tante gua selalu make alis kalau mau kerja, alesannya biar mukanya keliatan lebih tegas. Ga ngerti gua juga maksudnya gimana, padahal mah mukanya gitu-gitu aja ga ada beda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, tapi nggak jadi main course gitu lho. Kayak cuma jadi selingan dandan. Sekarang kok kayaknya penting banget. Hmmmm.

      Delete
  12. Sejak kapan ya? Entahlah mungkin ada yang mau mengangkat masalah ini sebagai bahan penelitian atau mau dijadiin jurnal gitu,

    ReplyDelete
  13. Itu alisnya kayak celurit bang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mana? Khansa Athaya mah enggak deh. ._.

      Delete
  14. Besok besok ada jenis alis ala gaya henshin nya kamen rider kali ya. Digambar melingker dulu trus salah satu ujungnya dikasi buletan sewarna sama lipstick yang dipake kali ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya itu harusnya cewek yang lebih tahu. YA KAYAK KAMU GITU! *selepet pake tali sepatu

      Delete
  15. Kenapa sih, ni cewek harus milih dikerok alisnya dan jadinya malah dilukis pake pensil Alis. Saran gue, sih, biar awet dipilok aja. pfffttt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soalnya kalo yang dikerok melon jadinya sop buah. :(

      Delete
  16. ternyata masih banyak macam2 alis yang belum terungkap di dunia ini =_=

    ReplyDelete
  17. Kalo tendangan nukik dari tsubasa alisnya nnti kpanjngan di', tkutnya tsubasa nnti ngingetin masa lalunya seblum nendang bola nukik....

    Itu cwek siapa sih di'? ada yg lbih cantik gk?

    ReplyDelete
  18. teori alis sesuai kaidah design, dimana hal kecil bisa mengubah segalanya. lah gua belain malah. :v

    ReplyDelete
  19. jadi apakah ia anak marioteguh... sehingga mario teguh menjadi pensiun dalam dunia perte-levisian :'(

    ReplyDelete
  20. ITU KENAPA JADI NAMANYA KHANSA ATTAYA KRESNOADI YA?

    ReplyDelete
  21. Emm.. alis.. Aslinya kadang g sama. Mungkin kalo digambar biar lebih sinkron kali ya.. daann.. ya gitu pasti lebih rapi..

    Kalo rambut hidung.. gak bisa bayangin deh. Bikin dandan para cewek lebih lama pastinya.. ckckk

    ReplyDelete
  22. *Ngecek alis si Doi setelah baca postingan ini, apakah alisnya nukik kayak tendangan Tsubasa*
    *Owh ternyata tajem kayak tendangan Makoto Soda*

    ReplyDelete
  23. zaman sekarang memang suka aneh-aneh ya..

    ReplyDelete

Jangan lupa follow keriba-keribo dengan klik tombol 'follow' atau masukin email kamu di tab sebelah kanan (atau bawah jika buka dari hape). Untuk yang mau main dan ngobrol-ngobrol, silakan add LINE di: @crg7754y (pakai @). Salam kenal yosh! \(w)/