Monday, October 10, 2016

KANCUT BALIKIN WAKTU GUE BUAT KERJA!!

cara menghilangkan kebiasaan procrastinator


Ada yang tahu procrastinator?

Jaman gue sekolah, istilah procrastinator ini mungkin akan jatuh kepada mereka yang ngerjain tugas dengan sistem kebut semalam. Mereka yang selalu menunda-nunda sesuatu. Atau dengan bahasa sehari-hari, procrastinator bisa kita sebut dengan… males. Gatau kenapa, sejak kamis kemarin, gue kok rasanya jenuh banget buat nulis. Kayak selalu ada aja alasan buat mengulur waktu.

Apa mungkin karena kerjaan setiap hari gue yang mengharuskan untuk nulis dan jadinya males? Entahlah. Tapi, asumsi paling dekat gue sejauh ini adalah karena kurangnya bacaan.

Buku terakhir yang gue paksain baca itu Tuesdays With Morie-nya Mitch Albom. Itu pun dua mingguan lebih dan udah setengah muntah. Well, untuk seorang penggemar Mitch Albom… gue merasa gagal. Padahal, salah satu cara tergampang untuk membakar gairah menulis itu dengan baca. Tapiiiiii gue lagi males baca. Gimana dong? Yak, yang mau gampar saya, silakan ambil nomor antriannya. Hehehe.

Setelah tiga hari mencari-cari alasan untuk ‘istirahat’ menulis, gue mulai mencari tahu jawaban atas problem procrastinate gue ini. Gue harus sembuh! Gue gak boleh malas! Gue… gak boleh dipecat besok siang!

Karena masalah menunda-nunda ini harus segera diselesaikan, jadilah barusan gue mencari solusinya di YouTube yang katanya lebih dari tv itu. Berbekal keinginan untuk kembali normal, gue pun dengan semangat mengetik, ‘Goyang pantura’ (Kagaklah!). Gue mencari-cari tahu soal procrastinate. Dan sampailah gue kepada video ini:



Buat yang kekurangan kuota, biarkan Senpai macho ini menjelaskan sedikit. Jadi, di video itu, Tim Urban ngejelasin kalau semua orang pada dasarnya adalah procrastinator. Dan di setiap kepala procrastinator, terdapat sesosok monyet yang selalu minta kepuasan-kepuasan instan. Contoh: Sewaktu kita mau ngerjain peer, misalnya. Begitu udah duduk di depan meja, nyiapin segala peralatan, tahu-tahu kita mikir, ‘Kayaknya Twitteran bentar enak nih.’ Lalu gak kerasa udah 15 menit. Tidak berhenti sampai di situ, setelah beres Twitteran, kita mikir, ‘Wah, di Instagram ada apa ya?’ Lalu kita buka Instagram. Abis main Instagram kepikiran lagi, ‘Wah, udah lewat 15 menit, di Twitter ada yang baru gak ya?’ Gitu terus sampe Dimas Kanjeng kawin ama Dimas Beck.

Nah, kata Tim Urban, pikiran-pikiran yang menyuruh kita untuk main Twitter dan Instagram tadi diperintah oleh si monyet. Monyet emang tuh monyet. Lalu, bagaimana cara mengusir si monyet ini? Menurut Tim Urban, ketakutan si monyet ini cuman satu: Monster yang bernama mantan Panik. Hanya dengan datangnya kepanikan, si Monyet ini bakal takut dan gak mengganggu kita.

Ini mungkin bisa digambarkan dengan ngerjain peer pake Sistem Kebut Semalam. Pas udah tahu besoknya harus dikumpulin, kita ngerasa panik. Dan akhirnya, peer yang udah kita tunda-tunda mau ga mau dikelarin dalam satu malam saja.

Masalahnya adalah, kemampuan tiap orang untuk mendatangkan si Monster Panik ini berbeda-beda. Ada yang seminggu sebelum deadline udah panik. Ada juga yang udah sehari sebelum deadline masih santai dan akhirnya memutuskan untuk melatih kemampuan pura-pura mati saja.

Itu berarti, kemampuan seseorang untuk tidak mengulur waktu dan langsung mengerjakan sesuatu, mau gak mau didasari oleh kemauan orang itu sendiri. Atau dengan kata lain… kesadaran diri aja. Dan kalo ujung-ujungnya kesadaran diri, gue jadi sadar sesuatu. Apakah ini berarti semua penjelasan tentang procrastinator dari Tim Urban ini gak ngaruh apa-apa dan malah memperlambat gue untuk ngerjain kerjaan kantor? Apakah ini berarti juga, gue nontonin video procrastinator sebagai procrastination? Atau dengan kata lain… KANCUT BALIKIN WAKTU GUE BUAT KERJA!!

Di antara temen-temen ada yang suka ngulur-ngulur waktu juga nggak sih?
Terus cara mengurangi kebiasaan itu gimana? Help me plz.
Share:

41 comments:

  1. Penjelasan lo simpel sih Di. Jd gue nggak ngeluarin kuota buat nonton video itu wkwk. Tapi sama aja, baca tulisan lo bikin gue nggak ngerjain tugas. Padahal besok belum dikumpulin. KUTANG BALIKIN WAKTU GUE BUAT NGERJAIN TUGAS!!

    ReplyDelete
  2. Ini seperti yang selalu gua pake dalam perkuliahan nih ("budaya deadline").
    tugas dari sebulan yang lalu, dikerjain h-1 dikumpulin. yeah \m/

    ReplyDelete
    Replies
    1. LAH INI DIA KENAPA MALAH BANGGA WOOY!!

      Delete
  3. Lah aku aja hobinya nunda kerjaan, Di. Gimana mau ngasih saran yak ._.

    ReplyDelete
  4. Aku juga lagi jenuh nih Di, tiap hari ngadep monitor dan kerjaannya nulis-nulis jadi tiap kali mau ketika satu kata aja backspace terus :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sedih ya kalo udah gitu. Pengin joget aja rasanya...

      Delete
  5. Kalo manggil panik at the disco bisa g bang?
    Kan ada paniknya juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, tapi jadi joget-joget...

      ...dan gak ngerjain lagi dong!

      Delete
  6. bikin deadline pribadi, Di. Biar monster paniknya gampang muncul. Kalo gak muncul coba marah, siapatau berubah jadi hulk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, ini masalahnya. Gara-gara udah tahu cuman bohongan. Jadi malah disepelin. Muahaha. :))

      Delete
  7. Kalo mau panik mah gampang, di. Atau kalau mau emosi juga bisa. coba deh mampoir kesini, baca-baca sebentar.
    Nih. [link]

    ReplyDelete
  8. Waw baru tahu ternyata fenomena ini ada penjelasan ilmiahnya juga ya.

    Hmm kalau saya, mulai ngalamin kebiasaan suka nunda2 ini semenjak kuliah. Soalnya di kuliah kan mulai ada sedikit 'kebebasan', jadi ya kebawa bebas deh. Beda ama SMA yang masih banyak aturan. Coba deh bikin aturan, minimal buat sendiri. Semisal jadwal, planner, to do list.

    Eh tapi gak tau juga sih. Saya aja masih susah ngobatinnya haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya. Gue malah kayaknya dari kecil deh. Pas lagi di dalam perut nyokap mikir, 'Hmmm nerobos vagina sekarang nggak ya? Besok aja deh.' *horor

      Delete
  9. Kayaknya ini mah harus pinter-pinter bikin panik diri sendiri aja. Misalnya, kalau belum kerjain tugas H-3, kertasnya diprogram buat membakar dirinya sendiri. Serem juga sih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener sih, tapi... YA ITU GIMANA CARANYA KERTAS BISA NGEBAKAR SENDIRI??

      Delete
  10. Saya suka ngulur-ngulur waktu. Tapi saya gak pernah narik-ulur perasaan seseorang. Kalau emang udah gak cinta, kenapa harus dipaksa?

    Jika manajemen waktu tergantung dengan golongan darah, zodiak, shio dan weton seseorang, maka orang yang bershio babi gemini goldar O rabu pahing, bakalan ngerjain tugas sebelum ditugasin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ((ngerjain tugas sebelum dikerjain))

      Delete
    2. INI KOK MIRIP SAMA GUE YA? GOLDAR O, GEMINI, SHIO BABI. LAHIR HARI RABU! BANGKHEEEE.

      Delete
  11. Duh nyesel gue udah ikut kebawa serius. Taunya videonya ga guna. 😑

    Melihat dampak buruk yg cukup berbahaya dari perilaku prokras ini, kayaknya gue harus bikin tutorial menghindarinya deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. VIDEO GAK GUNA DARI HONGKONG!! (langsung pundung gak mau baca kalimat selanjutnya)

      Delete
  12. bod amat sama videonya..

    yak.. yak betull.. kadang juga gue sering galamin hal yg kayak gini, bukan soal nulis doang, tapi juga kadang bermalas-malasan saat kerja.. "ah entar aja".. ujung2nya ya gitu, panik sendiri pas deadline.. kalo udah gitu ya harap2 cemas aja :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, iya itu bahaya banget padahal ya. Apalagi buat yang udah kerja..

      Delete
  13. bwahaha baca judulnya asa nger, bawa nama kancut heuhu
    bang Adi, aku juga sama sih kayak dirimu. pengen meningkatkan gairah menulis tapi males baca :v

    btw aku lagi nggak punya kuota banyak, nanti deh ya kalo punya ta' tonton.
    kalo masalah mengulur waktu.... mm, liat kondisi dulu aja sih. wk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, liat kondisi kayak gimana tuh maksudnya?

      Delete
  14. Terima kasih Senpai macho sudah berkenan menjelaskan videonya.
    pasti tiap orang pernah ngulur-ngulur waktu.
    kalau gue, cara mengatasinya bervariasi bang. ke tempat yang asoy dulu misalnya supaya bisa fokus. Atau inget tanggal gajian :D

    Btw, gue baca blog lo itu procrastination juga gak sih ? wahhhhh
    KANCUT BALIKIN WAKTU GUE BUAT KERJA!!
    :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, itu bener juga sih ke tempat asoy supaya lebih produktif ya..

      Delete
  15. Kayanya monyet di pikiran gue yang paling bandel deh. Gue biasanya panik kalau udah lewat dari deadline, bukan sehari atau seminggu sebelum. Kambing emang ini monyet.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah lewat dari deadline. :( Mungkin yang ada di kepala lo udah bukan monyet lagi, tapi babon.

      Delete
  16. fix deh, aku bener-bener procrastinator -_- errr... laporan kerja praktekku belum kelar bang, dan aku belum ada gairah buat ngerjainnya. Padahal udah tau tuh kalau deadline tinggal sebulanan lagi :'

    ReplyDelete
  17. Gue juga lagi susah banget buat rutin nulis nih, Di. Apalagi terbentur kerjaan yang bikin badan mejret. :')

    Tapi, biasanya, sih, gue terus paksain dan biasain. Sampai hal itu kalau belum dikerjakan, langsung merasa ada yang kurang. Bisa karena terbiasa buat nggak menunda. Dalam beribadah misalnya. NJAAAYYY.

    ReplyDelete
  18. Ya jelas aku juga suka mengulur waktu,
    Cara mengatasinya ya dengan mikir kalo gak segera dikerjakan akan ada bencana besar, dengan seperti itu maka langsund deh mengerjakan sesuatu tanpa diulur-ulur, emangnya enak diulur-ulur perasaanmu kayak layangan.hee

    ReplyDelete
  19. ini isinya anak muda semua.. :)
    saya termasuk suka ngulur waktu... , tapi udah jadi istri n ibu harus pinter ngatur waktu.. kalao gak gitu mana bisa baca kancut ini :D

    ReplyDelete
  20. Saya termasuk orang yang suka mengulur-ulurkan waktu.

    ReplyDelete
  21. Mau ikutan ngegampar kamu yg malas, no antrian nya udah di no berapa ???

    ReplyDelete
  22. Eh iya, gue juga ngerasain kalo ada masalah sama nulis pasti alasannya kurang baca. Padahal udah baca buku Biologi berpuluh-puluh halaman.

    Akhirnya, siasat buat ngilangin males adalah, inget-inget omongan guru BK. :))

    ReplyDelete

Jangan lupa follow keriba-keribo dengan klik tombol 'follow' atau masukin email kamu di tab sebelah kanan (atau bawah jika buka dari hape). Untuk yang mau main dan ngobrol-ngobrol, silakan add LINE di: @crg7754y (pakai @). Salam kenal yosh! \(w)/