Wednesday, October 12, 2016

Daftar 4 Makanan Favorit yang Bisa Kamu Temukan di Kota Blitar!*

Daftar 4 Makanan Favorit yang Bisa Kamu Temukan di Kota Blitar!


Kita semua tahu ada dua acara televisi yang wajib ditayangkan setiap akhir pekan: acara jalan-jalan, dan makan-makan. Dulu, setiap weekend, gue punya satu kebiasaan aneh kalo nonton acara kuliner. Sewaktu lagu intronya dimulai, gue refleks ke dapur, mengambil piring, mencentong nasi, lalu mengambil lauk seadanya.

Gue sok-sokan nonton acara makan,
sambil ikutan makan.

Ada dua alasan yang mendasari ini. 1) Gue berasa ngedate bareng host-nya, 2) Makanan gue berasa jadi lebih enak. Karena rada geli punya pasangan ngedate yang suka bilang ‘MAKNYOS!’ setiap selesai menyuap sendok ke mulutnya, gue lebih sering memakai alasan yang kedua.

Ada yang gitu juga nggak sih? Walaupun di piring kita cuman nasi sama tempe, tapi gara-gara ngeliat layar tv ada Grilled Salmon with Lime Butter Sauce ngebuat tempe gue jadi rasa salmon.

Nah, karena lagi gak ada makanan dan bukan lagi akhir pekan, sekarang gue bingung deh. Di tv cuman ada acara sinetron yang isinya mertua ngomelin menantu. Gak asik abis. Kalo begini, bisa-bisa tempe gue jadi rasa ingin memaki, tapi ku tak sanggup.

Ke mana acara makan-makan saat gue butuh! Di mana letak keadilan!

Di saat udah pasrah kayak gini, tiba-tiba gue kepikiran sesuatu. Gimana kalo gue cari sendiri makanan-makanan itu di internet? Aha! Gue bikin aja wisata kuliner virtual sendiri! Jenius! Mantap!

Supaya makanan gue jadi lezat dan menggugah selera, gue pun googling makanan-makanan yang ada di… Blitar. Oke, emang terkesan tak senada. Tapi kita ada di era antimainstream, Bung! Zaman di mana melakukan segala sesuatu yang tidak wajar adalah keren! Zaman di mana orang lebih demen dengerin lagu EDM dibanding pop! Zaman di mana orang lebih seneng ngegombal pake bahasa inggris dibanding Indonesia. Karena… ya itu jadi bikin keren gitu lho. Gak percaya? Berikut perbedaan hasil gombalan antara bahasa Indonesia dan inggris:

Cowok: You know why my room looks so small? Because your heart is too big to stay here.
Cewek: Aw! You’re so cute! :*

Bandingkan…

Cowok: Kamu tahu gak kenapa ruangan ini kecil banget? Soalnya, kepenuhan diisi hati kamu.
Cewek: Gue unfriend lu!

Oke, kembali ke Blitar. Pertanyaan pertama adalah: siapa yang tidak tahu Kota Blitar?
Gue.

Oke, lima menit lalu gue emang gatau apa itu Blitar. Tapi itulah gunanya internet! Kota bersejarah ini letaknya di bagian barat daya dari Kota Surabaya yaitu sekitar 167 km, di bagian barat dari Kota Malang dan di bagian selatan dari Provinsi Jawa Timur. Kota Blitar ini mendapatkan beberapa julukan yakni Kota Proklamator yang merupakan kota lahirnya proklamator Indonesia sekaligus Presiden pertama yakni Ir. Soekarno, Kota Patria dan Kota Peta (Pembela Tanah Air) di mana pasa saat itu rakyat Indonesia melakukan perlawanan terhadap para penjajah Jepang.

Sungguh informatif bukan?

Nah, buat yang suka pantai, Blitar ini kota yang pas banget.  Di sana ada Pantai Tambakrejo, Pantai Jolosutro, Pantai Pangi Blitar, Pantai Serang Blitar dan Pantai Peh Pulo Blitar.

Selain pantai, tahu gak apalagi hal asik yang ada di Kota Blitar? Hotel murah Blitar! Tapi, karena sekarang gue lagi fokus ke makanan, mari kita skip aja bagian ini. Mending cek di traveloka aja urusn hotel per hotelan ini biar cepet. (Ingat, dalam tulisan di blog, konten itu prioritas).

So, here they are. Daftar 4 Makanan Favorit yang Bisa Kamu Temukan di Kota Blitar!

Satu. Es Mini


Es Mini adalah nama tempat yang menyediakan berbagai macam pipa paralon. Kagaklah! Dari namanya aja udah ketahuan. Di Es Mini, terdapat berbagai macam es. Kayak es kopyor, es rumput laut, es gula asem. Kalo es buat yang dinginin ikan gitu kayaknya sih nggak ada.

Selain menyajikan banyak es, di Es Mini juga ada makanan seperti nasi rawon, ayam bumbu rujak, nasi rames. Harga makanannya mulai dari 8 ribu per porsi. Tempatnya sendiri bisa dicari di di Jl. Wahidin 14A, Blitar.

Dua. Soto Daging Bok Ireng Blitar



Apa? Hujan-hujan gini males makan es? Jangan khawatir! Di Bltar juga ada soto yang mantap. Namanya Soto Daging Bok Ireng Blitar. Katanya sih ini favoritnya anak-anak gahul Blitar. Kalo kamu pengin menikmati kelezatannya, silakan datang antara pukul 08.00 sampai 14.00.

Mantapnya, soto ini murah banget. Harganya cuman 6 ribu perak. Anjir, sih, ini kalo di Jakarta bisa abis cuman buat parkir doang. Ealah di Blitar udah puas menikmati hangatnya soto daging. Kalo yang penasaran dan pengin nyobain, Soto Daging Bok Ireng ini berada di Jalan Cokroaminoto, Blitar.

Tiga. Warung Pecel Mbok Bari 6


Di Kota Blitar pun terdapat makanan pecel yang dahsyat. Ini jelas kesukaan orang Jawa kayak gue. Salah satu tempat makan yang menyediakan pecel enak yaitu Warung Pecel Mbok Bari 6. Kelezatan pecelnya pun tidak perlu diragukan lagi. Rasanya akan menggoyangkan lidah. Kadang-kadang malah ada yang nyawer.

Harganya? Ya elah. Goceng doang cuy. Goks. Selain itu, ada beberapa lauk yang bisa kamu tambahkan ke atas pecel. Kayak tahu, ayam goreng, tempe, gorengan, dan telur yang sudah dibumbui pedas ataupun dengan kecap. Kalo kamu anaknya iseng, bisa juga ditambahin nasi padang. Ya tapi ngapain.

Pecel Mbok Bari ini ada di Jl. Ir. Soekarno No. 93, Blitar – Jawa Timur.

Empat. Rujak Petis Ngegong


Tempat kuliner satu ini bernama Rujak Petis Ngegong. Bentuknya sama kayak rujak cingur, tapi gak pake cingur. Tapi ini juga bukan rujak. Bingung? Yah pokoknya rujak yang ada di rujak cingur, tapi gak ada cingurnya. Isinya lebih ke sayuran, tempe, sama tahu. Gitu.

Soal harga, Rujak Petis Ngegong ini sama kayak pecel. Cukup goceng aja alias 5 ribu perak. Tempat rujak ini berada di kawasan Ngegong.

--
Nah, itu tadi daftar 4 makanan favorit yang bisa kamu temukan di Kota Blitar. Asik juga sih makan sambil nyari-nyari info kuliner gini. Pengetahuan dapet. Gambar-gambar yang bikin ngenyangin juga dapet. Makanan di piring sendiri aja yang lupa dimakan. Rugi Bandar. :(

Abis kulineran virtual ke Kota Blitar, enaknya besok ke mana lagi ya? London? Birmingham? Hmmm boleh juga tuh, Ungaran. Tunggu aja postingan lainnya. Yang jelas, tinggalin komentar dengan baik, dan ingat supaya terus makan biar asam lambung nggak naik. Dan supaya kita tetep bisa jalan-jalan dan makan-makan lagi. Puokoke, Maknyus! 

-- 
sumber gambar: 
kulinermudikddb.ucontest.info 
tempatkulinerdiindonesia68.blogspot.com 
ilmuagama.net 
panduaji.net
Share:

47 comments:

  1. lo jadi host sama si peppy di? yg kemana-mana cuma bawa duit 2rebu terus pengen menang banyak.. hmm

    ReplyDelete
  2. TAK SENANDA ? ITU APAAN MAKSUDNYA BANGKUY.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tak senada itu ketika D major bertemu dengan nun mati.

      Delete
  3. Lalu, setelah melihat foto kuliner yang pastinya maknyus, tempe di piring yang lo pegang jadi rasa apa?

    Rasa soto daging, pecel, atau rasa es mini?

    ReplyDelete
  4. Semua makanannya fovoritku smua nih :D
    Tp blm coba yg ada di blitar,kalau ke kota blitar harus beli makanan itu 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang paling favorit yang mana? Warung pecel udah gue tag ya!

      Delete
  5. WAH WAH PAPAAN NEH. Blitar kota kelahiran ayahku. Tapi aku belom pernah ke sana sih :(

    Satu-satunya makanan yg pernah aku makan cuma rujak petis bang. Enyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue malah gak suka sama rujak petis. Baru sekali nyoba... dan pengin muntah gara-gara petisnya. Muahaha. :))

      Delete
  6. Es Mini sama Pecelnya satuk ya bang?

    Makasih.

    ReplyDelete
  7. mas order es mini satu kirim di https://explcode.wordpress.com/ yah hehe :D

    ReplyDelete
  8. Aku mau rujak petis sama pecel nya dong, bisa di JNE in ngak ?? hahaha ngiler berat

    ReplyDelete
  9. Liat pecel nya sambil blajar matematika.Jadi pengen jilat angka

    ReplyDelete
  10. hmm~ Rujak Petis Ngegong? jadi penasaran arti ngegong itu apah??

    ReplyDelete
  11. Lo main ngasitau warung pecel mbok bari 6 aja. 1-5 aja belom dikasiatau :(

    ReplyDelete
  12. Blitar itu terletak di provinsi bagian jawa mana sih di'?

    Saya kurang terlalu tau, soalnya sya orang Makassar hehe.

    Tapi diliat dari kulinernya, sebuah aura yg dapat menarik wisatawan untuk berkunjung ke blitar!

    I love Pecel dengan Es Mini nya!

    ReplyDelete
  13. Aku mau pecel seharga 4 ribu. Ada ndak?

    ReplyDelete
  14. Sumpah gue ngiler banget ngeliat es mini... pengen banget jadinya nih...malem2 gini ad apa gak ya..

    ReplyDelete
  15. Untung aja baca saat udah kenyaaang wkwk. Aman!

    ReplyDelete
  16. Ha ha gak kebayang deh kalau Adi nonton acara kuliner ekstrim, kayaknya makan tempe juga bakal kebawa ekstrim. Misal, Sate Kepedihan Asmara, Tumis Perasaan yang Tertinggal, Capuccino Orang Ketiga dsb.

    Dari daftar 4 makanan ini, penasaran pengen nyobain Soto daging blitar. Ngelihat gambarnya aja udah kabita.

    ReplyDelete
  17. Aaaaaah, soto ireng. Tapi kayaknya lebih mirip rawon ya. Mungkin sama-sama pake kluwek.

    Btw, gue juga suka makan sambil nonton acara kuliner. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul sekali. Gue baru inget namanya kluwek. Hahaha. \:p/

      Delete
  18. Njirrrr muraah banget :'( mau dongg...

    Request di. Makanan Manado yah pada extreme...babi bakar, ada ular kecap, ada tikus kari. Awas yahhh kalau ngk di review. gue mau liat tempe lu rasa babi atau ngak. Hahaha... becanda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang kalo di tempat kamu berapa?

      Ular kecap......

      Bentar, gue mau ke kamar mandi dulu ya.

      Delete
  19. Enak dan murah... Bikin gua kesal pengen mencoba ckck

    ReplyDelete
  20. soto kayaknya enak yak, tapi beda sama soto di tempat ane,,, main ya ke blog sepi ane brooo

    ReplyDelete
  21. Tempat gue menjadi guru simulator selama sebulan setengah nih.
    yang gue bikin kangen sih emang makanannya, ada rujak cingur yang gak seperti cingur itu, terus ada pecel.
    FYI, kalo pecel Blitar itu rasanya lebih manis daripada pecel Madiun.

    Informatif juga kan komen gue, bang ??

    Dan yang terpenting. Bener. Kuliner di Blitar itu murah murah.
    5 ribu juga udah dapet, kadang sekalian sama minumnya.

    ReplyDelete
  22. Cuma tau depot es mini doank. Blitar tu terkenal sama ucengnya juga..

    ReplyDelete
  23. Itu soto yang porsinya cuma segelas sloki, bukan?

    Oke, berhubung harganya murah-murah, bungkusin ya buat orang rumah. Kamu, kan baik :))

    ReplyDelete
  24. Coba main kesana beneran, Di. Dijamin nagih deh rujaknya :)

    *orang jawatimur promosi*

    ReplyDelete

Jangan lupa follow keriba-keribo dengan klik tombol 'follow' atau masukin email kamu di tab sebelah kanan (atau bawah jika buka dari hape). Untuk yang mau main dan ngobrol-ngobrol, silakan add LINE di: @crg7754y (pakai @). Salam kenal yosh! \(w)/