Monday, August 22, 2016

Hikmah Jatuh Ini...

Kutu. Laptop gue eror aneh banget. Udah beberapa hari ini WiFi-nya sering nggak nangkep sinyal di rumah. Padahal, gue coba pake henpon masih lancar-lancar aja. Awalnya selalu gue coba dengan teknik andalan gue dalam membetulkan laptop rusak: matiin-nyalain lagi. Hehehe. Tapi, lama-kelamaan malah makin parah. Koneksinya jadi sering putus sendiri. Malem ini malah opsi buat nyalain WiFi-nya mendadak ilang. Kutu kutu kutu.

cara membenarkan wifi yang eror

Ada yang bisa bantu?

--
Alhasil, gue mengupload ini dengan nyolokin kabel LAN-nya langsung ke laptop… yang berakhiir dengan Abang gue ngetok-ngetok kamar karena protes WiFi-nya mokat. Huehehe.

Anyway, little thing to update: gue baru aja kecelakaan.

Baru aja di postingan kemaren gue bilang kalo gue semakin eneg dengan kelakuan pengendara motor yang sembarangan. Eeh hari kamis kemarin malah beneran diseruduk motor. Kutu. Kejadiannya sewaktu gue lagi ada kerjaan di daerah Jakarta Barat. Pas di daerah Slipi, gue lagi naik motor dengan santai karena emang di depan gue lagi lampu merah. Tiba-tiba, dari sebelah kanan, ada motor yang menikung mendadak belok ke kiri. Terus, gue ditabrak. Geletak deh.

Ban motor orang itu sempet nyangkut di sela belakang ban depan motor gue. Dia kayak emang nubrukin motornya dari kanan ke kiri aja gitu. Entah gak liat ada gue, entah emang kagak punya otak aja. YA ORANG LAGI ASIK-ASIK BERENTI DI LAMPU MERAH GITU LHOOO!!

Begitu geletak nyusruk, orang-orang pada bantuin gue dan neriakin si pemotor biadab itu. Ini yang bikin gue sebel: dia gak menggubris sama sekali. Tetep ngelanjutin jalan, seolah nabrak anak orang sama kayak nginjek polisi tidur. Padahal kan kalo berhenti, siapa tahu kita jadian kayak di FTV gitu (lho?).

Lucunya (atau beruntungnya), gue gak kenapa-kenapa. Cuman lecet dan memar-memar sedikit di kaki. Salah seorang bapak juga dengan baiknya langsung ngebawa gue ke pinggir jalan dan bilang, ‘Wah, setelan gasnya kendor nih.’

BANGKEK, KENAPA MALAH MOTORNYA!!

Lucunya, gue sering banget mengalami kejadian kayak gini. Waktu itu juga pernah di daerah Lebak Bulus, motor di depan gue ngerem mendadak. Gue langsung banting setir ke kanan, terus diserempet sama motor dari kanan yang lagi ngebut juga. Kita berdua nyeret di aspal. Anehnya, gue gak kenapa-kenapa. Yudha, yang lagi gue bonceng, kaki kirinya bengkak segede nangka.

Kejadian lain. Pas masih SD, gue lagi demen-demennya main bonceng sepeda keranjang sama Ari, temen kompleks. Sepeda cewek itu, gue perkosa dengan dipakai ngebut-ngebutan. Sampai, menjelang taman kompleks, gue gak ngeliat polisi tidur. Akhirnya, bukannya ngerem, gue malah mengangkat stangnya tinggi-tinggi sampai terbang. Naasnya, gue mendarat di got taman. Ban depan sepeda gue masuk ke dalam got, dan sepedanya jungkir balik ke depan. Gue nengok ke belakang. Si Ari udah nggak ada. Dia nyusruk ke rumput di depan. Kepalanya benjol gede. Gue? Lecet-lecet doang.

Oke, sekarang gue mulai sadar. Ini antara gue yang selalu hoki, atau emang bawa sial bagi orang-orang di sekitar aja.

Tapi kayaknya, ini salah satu akibat dari jaman gue ikut latihan Pencak Silat sewaktu SD deh (ya, walaupun batuk dikit langsung asma, gini-gini gue pernah ikut pencak silat). Jadi, di pencak silat itu, gue diajarkan ‘cara jatuh’ yang baik dan benar. Bagaimana posisi tubuh dan gerakan yang harus dilakukan sesaat sebelum jatuh. Pokoknya, supaya abis jatoh, seenggaknya pala kita gak ketuker ama dengkul.

Gue ingat betul ketika itu pelatih gue menyuruh untuk menjaga posisi kepala supaya tidak langsung kena tanah. Paling enggak harus dihalangin tangan. Dan bagaimana pelatih gue menyuruh untuk selalu ‘ngelemesin’ setiap kita mau jatuh. Kita tidak boleh ‘menahan diri’ pas jatuh. Mungkin, istilah anak sekarang: lemesin aja. Kalo emang keguling, biarkan badan kita keguling. Jangan malah ditahan gulingannya. Jangan memberikan gaya tolak terhadap arah jatuh kita.

Lucunya, prinsip ini tidak dapat dipakai untuk hal yang krusial. Seperti misalnya, patah hati. Sebagaimanapun kita tahu bakal mendapat nilai jelek pas ujian, tetep aja sakit sewaktu lihat nilainya benaran. Sebagaimanapun kita sadar kalo jarang ngasih makan binatang peliharaan dan tahu dia akan mati, tetap aja patah hati sewaktu benaran melihatnya mati. Sebagaimanapun kita tahu orang itu akan menyakiti kita. Akan membuat kita jatuh dan sakit, akan selalu ada dorongan untuk melawan gaya itu. Kita akan selalu menolak. Tidak percaya. Sebagaimanapun kita sudah menaruh rasa curiga bahwa dia selingkuh, misalnya. Tetapi, pada kenyataannya, kita akan tetap ‘kaget’ sewaktu tahu dia benaran selingkuh. Kita tidak akan bisa ‘ngelemesin’ perasaan kita dan menerima kenyataan itu.

Padahal, inti dari mengalahkan patah hati itu kan merelakan. Melemaskan hati kita, seolah rasa sakit itu bisa kita terima tanpa menusuknya dalam-dalam. Tapi, kenapa susah ya? Kenapa kalau di kejadian sebelumnya, kita bisa melakukannya sebagai gerakan refleks melindungi diri, tapi dalam hal ini gak bisa? Kenapa tiap orang, tidak dibekali kekuatan ‘refleks’ melindungi diri dari patah hati? Apakah memang kita harus tahu kalau patah hati itu menyakitkan? Kalau kita, sesungguhnya, memang tidak boleh kebal dari patah hati. Supaya di kemudian hari, tidak tergesa-gesa. Tidak buru-buru dalam mengambil keputusan. Well, jadi apa hikmah dibalik jatuh ini? Gue juga gatau sih. Hehehe.

Duh, kebiasaan nih. Nulis jam segini malah jadi ke mana-mana.
Udah dulu deh. Besok harus kerja. Goodnight readers! \(w)/
Share:

57 comments:

  1. Pertamax!


    Anjir banyak banget topiknya....

    1. Laptop benerin ke Alam

    2. Emang lo bawa sial

    3. Gatau mau bilang apa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf mas, pertamax di sebelah sana. Ini khusus solar.

      Delete
  2. fix gue mesti ikutan latihan pencak silat supaya kalo jatuh tau posisi yang benar.

    ReplyDelete
  3. Fix lo belajar debus kali bukan pencak silat.

    ReplyDelete
  4. ini lo kecelakaan kayaknya gara-gara obrolan di grup. Hmmmm...

    ReplyDelete
  5. kalau elu hidup di kampung gua di, elu pasti udah "ditanggapin? wayang kulit siang bolong dan juga wayang kulit semalam suntuk...
    buat apa bang? Buat "ruwatan" elu di... hahahahaa....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaahahahaha. Ini gue ketawa karena nggak ngerti maksud tulisan lo. :(

      Delete
  6. kalau elu hidup di kampung gua di, elu pasti udah "ditanggapin? wayang kulit siang bolong dan juga wayang kulit semalam suntuk...
    buat apa bang? Buat "ruwatan" elu di... hahahahaa....

    ReplyDelete
  7. Fix, laptop gue kalau ngrestart sendiri kadang nggak nangkep sinyal wifi. Kalau gitu biasanya gue restart lagi, kalau nggak bisa terus extremnya gue copot baterai lalu idupun....

    Busett, lecet lecet doang. Bener kata atas gue, Di. Lo kayaknya butuh di ruwat deh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masalahnya, laptop gue baterainya gak bisa dicopot. :(
      TAPI UNTUNGNYA SEKARANG UDAH BENER!! YOSH! \(w)/

      Delete
  8. Fix, laptop gue kalau ngrestart sendiri kadang nggak nangkep sinyal wifi. Kalau gitu biasanya gue restart lagi, kalau nggak bisa terus extremnya gue copot baterai lalu idupun....

    Busett, lecet lecet doang. Bener kata atas gue, Di. Lo kayaknya butuh di ruwat deh...

    ReplyDelete
  9. Bang, kalo kamu emang penasaran sama rasanya luka-luka parah kecelakaan, bilang ya, gue siap jadi tersangkanya. (Dateng-dateng jahat)

    ReplyDelete
  10. Kok gue malah khawatir semua insiden jatuh itu memang tidak berefek secara fisik tapi malah ke stabilitas mental dan psikologis elo ya?

    ReplyDelete
  11. Duh ngakak yang pas "atraksi" sepeda itu. Hahaha. Kalo yang masalah laptop itu, meskipun diriku termasuk anak IT, tapi nggak mainan gituan dah. Nggak ngerti :" huhu

    Alhamdulillaah, masih dilindungi Allah lo kak~

    Baru tau cara jatoh yang bener. Ternyata malah disuruh ngelemesin ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah nggak kenapa-kenapaa. \(w)/

      Delete
  12. Kayaknya sama kek gue ulu di.. Kalo gue sih pas ad update-an window 10... Langsung error wifinya.. Tp langsung ada update-an baru lg sih.. Tau deh, beda cerita kali.

    Patah hati gue.

    ReplyDelete
  13. anjaylah gue ngakak ngebayangin diri lu terjun bebas masuk ke got. Hahaha...

    untung yah lu ketabrak ngak patah tulang di.

    ngak dapat wifi ? coba lu off airplane mode. sesimple itu :D

    ReplyDelete
  14. Insiden lo parah kak. Lain kali lemesin lemesin. Haha

    ReplyDelete
  15. Ya Allah, nyesel gak ikutan silat waktu zaman sekolah dulu. (Padahal gue juga masih sekolah)

    Ini analogi patah hatinya keren amat. Kalo gitu, pas hatinya patah, bawa aja ke ahli, bang. Biar diurut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue aja baru nyadar ternyata berguna. :))

      Delete
  16. gue ga d ajarin tuh tentang cara 'ngelemesin' kayak gitu, di. apa jgan'' emang elunya udah lemes duluan makanya ga kenapa''.
    eh gimana

    tapi yg pesoalan hati, kayaknya emang bukan tentang 'ngelemesein' diri utk menerima. obat paling ampuh ya waktu aja sih, biar bisa nerima semua itu.
    utk persoalan laptop elu, dilemesin aja lah udah. sapa tau jadi bener.

    ReplyDelete
  17. Gue juga pernah kayak gitu, Di. Entah diapain sama temen gue bener sendiri. Wakakak. Jadi intinya, bawalah ke temenmu yang ngerti laptop. XD

    Syukurlah kalo nggak kenapa-kenapa. Btw, itu Slipi deket rumah gue juga, kalo kenapa-kenapa bisa kontek gue. Loh? (TELAT WOI! UDAH KEJADIAN. EMAAP)

    Bangkhe, ngapa ujungnya gini? Hahaha.

    ReplyDelete
  18. Biasanya aku benerin barang elektronik pake tutorialnya di Google.. hehehe

    Belajar silat ada untungnya juga. Kalo jatuh g parah amat:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dong. Ada untungnya ternyata. \(w)/

      Delete
  19. Yg pasti lo sering sial gara2 azab sering gibah. Nggak usah kaget jadi di. Lemesin aja

    ReplyDelete
  20. adi, kamu g apa2 kan? duh kok akunya jadi khawatir gini yah.. :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa alhamdulillah nggak kenapa-kenapa. \(w)/

      Delete
  21. Karena patah hati itu proses pendewasaan diri, Pak. :)

    Ibarat anak kecil yang sudah tamat belajar merangkak, dia biasanya kena demam dulu, badannya panas, sebelum dia bisa berjalan dengan kaki. :"

    ReplyDelete
  22. kok gue malah ngakak ya baca nih postingan, bukannya prihatin. hahahahahah.. belajar silat ada gunanya juga ya. tapi, moga2 sih gak bakal kecelakaan lagi ya.^^

    ReplyDelete
  23. tulisanmu keren bet dah bang....
    gak kayak gue. masih amatiran :)

    ReplyDelete
  24. Bhahaha edan teori teknik jatuh di jalan dan cintanya.
    Motornya ikut lecet juga nggak, Bang? Hahaha

    ReplyDelete
  25. karena gue masih awam dulu pernah jatuh dari motor, badan nyerong ke kanan. Salahnya malah gue tahan tu motor. Imbasnya tulang bahu pernah patah :(

    ReplyDelete
  26. Yaampun cepet sembuh deh ya di, jalanan jakarta emang kadang ga ramah buat motor

    Owalah ujungnya tetep berkaitan dg cinta toh muhahaa
    Tp ada hewannya dikit, jadi ingat si kumel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Alhamdulillah ini gak kenapa-kenapa. \(w)/

      Delete
  27. GWS bang :D uye uye ....

    Untung cuma lecet coba kalo ..... bahaya kan ???

    btw , gue juga pernah ngalamin hal yang sama .Kadang ada nih ( biasanya dikalangan ibu ibu ) reeting motor itu kan sama halnya ngasih kode yak ? nah , pernah suatu kejadian waktu itu , ada si ibu lagi ngendarain motornya.kemudian ibu itu menyalakan reeting motor tsb ke arah kanan.Mungkin dia lupa atau apa ya gue enggak ngerti yang pasti , tiba tiba ibu tsb belok ke arah kiri !!!

    kesel gak tuh ???!@#@!$

    Jadi yang salah siapa coba ?????

    ( motor abang gk papa kan ? ) syukurlah kalo gk papa

    ReplyDelete
  28. Lo jatuh, ditabrak motor sampe 2x dan keseret. Udah di. Lemesin aja...

    Kalo teori di Pencak Silat ngajarin cara jatuh itu lemesin aja. Hem... Gue tegang orangnya, di. Jarang lemes.

    ReplyDelete
  29. kasihan lo bang, pengendara itu gak salah, yang salah motornya, siapa suruh dia bawa motor, coba mobil, mungkin ceritanya beda bang, lo ditabrak mobil, terus, Ban mobil orang itu sempet nyangkut di sela belakang ban depan motor lo. saran gue, kalo nemu pengen dara yang begini lagi, Lemesin aja...

    ReplyDelete
    Replies
    1. KALO BAWA MOBIL YA YANG ADA GUE BISA GUGUR, BUANGKE.

      Delete
  30. Ya ampun... berkali-kali bikin anak orang benjol gede. Buseeeeeeeeeeeet dah. Kemungkinan lu bawa sial buat orang-orang di sekitarlo.. ahahahhakkk :D

    ReplyDelete

Jangan lupa follow keriba-keribo dengan klik tombol 'follow' atau masukin email kamu di tab sebelah kanan (atau bawah jika buka dari hape). Untuk yang mau main dan ngobrol-ngobrol, silakan add LINE di: @crg7754y (pakai @). Salam kenal yosh! \(w)/