Tuesday, August 30, 2016

Daftar Bahasa Gaul 2016 yang Memudahkan Anak Muda Diterima Pergaulan

Katanya, semakin tahu banyak hal, kita akan merasa semakin bodoh. Benar atau tidak, gue sendiri gatau. Tapi yang jelas, dari dulu gue emang udah bego. Jadi, apakah kebegoan gue itu berarti gue pintar dan tahu banyak hal atau gue ini orang bego? Mampus, gue pusing sendiri.

Beberapa hari ini gue baru mendapatkan pengetahuan tentang hal-hal gahul di dunia ini. 1) Cakung itu singkatan dari cuaca mendukung. Artinya, cuacanya mendukung buat tidur atau males-malesan. 2) ‘Ena ena’ itu kependekan dari ‘enak-enak’. Kalo yang ini gue juga bingung, kenapa nyingkatnya nanggung banget. Apaan coba yang dihilangin cuman huruf ‘k’-nya doang? Itu kan sama aja kayak nyingkat Apartemen jadi Aparteme. YA KALO KAGAK NGARUH APA-APA MAH NGAPAIN DISINGKAT, JIDAT!

‘Ayo, Bro. Kita ke aparteme. Ena-ena.’

Semakin ke sini kok gue merasa kembali ke jaman-jaman SMA ya? Di mana masa itu ‘bahasa alay’ merupakan bahasa populer. Nulis dicampur angka. Hurufnya bisa tiba-tiba kapital, tiba-tiba huruf kecil, tiba-tiba hijaiyah. Masa di mana huruf ‘X’ artinya ‘nya’. Contoh: ‘Kayaknya casan gue ketinggalan di rumah temenx Dito deh.’ Maksud: Kayaknya casan gue ketinggalan di rumah temennya Dito deh.’ Jadi, kalo ada tulisan Narutoxxx, itu berarti Narutonyanyanya. Gitu.

Tidak tahu siapa yang memulai, tapi gue melihat kalau masa sekarang juga ada bahasa gahul semacam itu. Dan anehnya, kebanyakan pemakainya adalah orang-orang seumuran gue juga. Yang dulu pake bahasa alay. Terus udah gede ngatain yang make bahasa alay, tapi giliran ngomong malah ena-ena.

Oke, mungkin kamu merasa bahasa gahul itu mirip bahasa alay jaman dulu. Ya, alay dan gahul itu memang beda tipis. Tapi kamu tidak perlu khawatir! Setelah mengamati lebih jauh, akhirnya gue memutuskan untuk membuat daftar bahasa gaul masa kini. Jadi, buat kamu-kamu yang pengin terlihat gahul, silakan gunakan bahasa ini. Gunakan sesering mungkin agar persentase kegahulanmu meningkat! Kalo bisa tiap ketemu orang langsung tereak di kupingnya, ‘ENA-ENA, Bos! Dengan begitu dapat dipastikan kamu akan dicap sebagai anak gahul sejati…dan langsung digelandang Satpol PP.

Berikut daftar bahasa gaul 2016 yang memudahkan anak muda untuk diterima pergaulan:

Satu. Nga

Dari sekian banyak singkatan kata ‘Enggak’, anak gahul jaman sekarang memilih untuk memakai ‘nga’. Entah apa alasannya, padahal sama-sama tiga huruf kayak ‘gak’. Bahkan, kalo mau lebih singkat, bisa pake ‘ga’ atau ‘g’. Emang sih, kalo kependekan juga malah bikin orang yang diajak ngobrol jadi sedih. Contoh:

‘Aku main ke rumah kamu ya. :)’
‘G.’

Pedih…

Kayaknya sih penggunaan ‘nga’ ini hanya dilakukan di dalam tulisan. Soalnya, gue belum pernah ketemu orang yang mau ketabrak mobil, terus panik teriak, ‘Ngaaaaaaaaaaaa!!!’

Tingkat kegahulan: 70/100

Dua. HHH.

Kalau orang yang ketawanya ‘wkwkwkwkw’ akan langsung dihina sebagai alay, nah ini kebalikannya. Mau gahul? Tertawalah dengan Hhhhhhhhhhhhh. Niscaya, orang bingung, lo lagi ketawa apa asma.

Tingkat kegaulan: 75/100

Tiga. Akhiran ‘K’

Ini memang tampak anomali. Di saat bahasa gahul kebanyakan memudahkan kita dengan menyingkat atau memendekan kata yang sudah ada, bahasa gahul ini malah membuat kita menambah satu huruf. Huruf ‘K’ ini biasanya ditambahkan dengan kata lain yang bertujuan untuk menambah kesan imut. Seperti misalnya, bayi menjadi bayik. Atau lucu menjadi lucuk. Contoh penggunaan kata: ‘Aaaaakkk… itu sepatunya lucuuuk. Beliin. :3’

Tidak sembarang kata yang ditambah huruf ‘k’ akan menjadi imut. Seperti misalnya: avertebrata. Dengan mengubahnya menjadi 'avertebratak', bukannya imut, yang ada malah orang pada nanya, “Ketabrak apaan, Bro? Innalilahi…”

Gue pun tidak terlalu paham kata apa saja yang akan jadi imut jika ditambahkan huruf ‘k’ ini. Tapi, satu hal yang perlu diingat, kata yang ditambahkan harus yang berakhir dengan huruf vokal. ‘Keren’ tidak bisa diganti menjadi ‘kerenk’. Dan ‘berak’ tidak bisa diubah menjadi ‘berakk’. Karena, YA KAGAK ADA NGARUHNYA, JIDAT?!

Fakta: Bahasa gaul ini hanya digunakan dalam chatting. Anak gahul tidak mengucapkan ini dalam kehidupan sehari-hari. Alasaannya? Ya ribet aja. Masa baca kayak ada qolqolahnya gitu. “Ya Allah! Bayik guek keselekq!’

Tingkat kegahulan: 80/100

Empat. Akhiran que

Sama seperti akhiran ‘k’, ini juga merupakan bahasa gaul yang anomali karena penambahan hurufnya. Buat kamu yang masih culun, ‘que’ ini dibaca ‘kuu’ bukan ‘kue’. Entah dari mana asalnya, tapi yang jelas ini bukan bahasa jawa yang dibikin gaul. Soalnya gak bakalan cocok kalo dimasukkan ke dalam kalimat, ‘Ono opo que?’

Adapun kata yang paling sering ditambahkan ‘que’ ini adalah ‘bos’. Contoh penggunaan yang benar: ‘Gile! Keren abis nih video! Ampun, Bosque!’

Kekerenan dari bahasa gaul ini tercipta karena kesannya kita menulis dengan bahasa jadul. Ala-ala portugis gitu. Alfonso De Albuquerque. Gue sendiri tidak tahu banyak tentang bahasa gahul ini. Jadi, kalo kamu anak gahul dan tahu kata lain yang cocok ditambahin ‘que’, silakan tulis di kolom komentar.

Tingkat kegahulan: 85/100

Lima. Ena-Ena

Seperti yang sudah gue tulis di atas, ‘ena-ena’ merupakan salah satu bahasa gahul yang paling hits. Meskipun bermakna ‘enak-enak’, tapi ternyata tidak sembarangan kalimat dapat menggunakan ena-ena dengan pas. Berbeda dengan ‘enak’ yang merupakan kata sifat, ‘ena-ena’ merupakan kata kerja. Kebanyakan orang memakai ‘ena-ena’ untuk menyindir temannya yang sedang berduaan dengan pacar. Contoh penggunaan yang benar: ‘Wuih, abis ena-ena lo ya sama doi?’ Contoh penggunaan yang salah: ‘Hmmmm ketopraknya ena-ena!’

Tingkat kegaulan: 90/100
Tingkat cabul: 1249756/100

--
Demikianlah daftar bahasa gaul tahun 2016 yang bisa kamu pakai. Semoga kamu-kamu yang susah diterima pergaulan akan langsung mendapat banyak teman dan masuk ke dalam lingkungan yang kamu harapkan. AKhir kata, gue ucapkan: ‘Selamat mencoba, Bosque! HHHH.’
Share:

56 comments:

  1. Bang, ena-ena yuk? Jajanan banyak banget, bikin ngiler HAHAHAHAHA contohnya keren nggak, Bang? :(
    Btw dari 5 kata itu, aku pakenya yang ena-ena aja. Kalo yang NGA serasa awkward apalagi yang nambahin atau selipin huruf gitu hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ena ena yuk... ENA AJA. OGAH!! *kibas poni

      Delete
  2. Enaquek-enaquek hhhhhhhhh...

    Btw, Bosque itu nama mantan pelatih Spanyol.

    ReplyDelete
  3. Bosku sekarang udah gahul nih.. ena enaaaa

    ReplyDelete
  4. INI PASTI POSTINGAN PENCITRAAN BIAR LUPA KALO LO KUDET.

    Iksan: BIJIK.

    Btw, hhhhh itu kalo gue bukan ketawa sih. Lebih ke mendengus/hembusin nafas yg berat. Kayak kesel tapi gabisa ngomong.

    "Dia malah jalan sama cowok lain. Hhhhh." Begitu nak adi.

    ReplyDelete
  5. Penggunaan ena-ena akan selalu tepat ketika main game werewolf di Telegram. Hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahahaha. Yap, bener banget, Pipis. Selen setuju~

      Delete
  6. alhamduliah, sekarang setelah gue baca postingan lo tingkat kegahulan gue meningkat 70%

    ReplyDelete
  7. Hahaha yaya seringquetemui nih yang kaya begini.
    Satu lagi dong, yang nulis 'Apaan' jadi 'Aspaan' ini gue lumayan sering pake nih. tujuannya biar apa? yaa biar apa kek gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tujuannya biar apa? Tanyakan dan renungkan dalam-dalam..

      Delete
  8. Hhhh ternyata Adi nga sekudet yang w kira. Adi gahul banget siiiiiik!

    Aku paling suka yang nomor 5. Hahahaha. Bahasa gahul paling enak diketik dan diucapin. Ena ena~

    ReplyDelete
    Replies
    1. KENAPA PADA SUKA ENA ENA DAH. ASTAGHFIRULLAH.

      Delete
  9. eaaakkk... klu di Manado enak yah di baca ena. Hihi.. ena ena~

    ReplyDelete
  10. Owalah peka sekali ya, sampai dijadiin postingan haha.

    Oq2?
    Y x G kuy!

    Ngerti gaa?=))

    ReplyDelete
  11. Gue baru tau semuanya di blog ini. Kayaknya tingkat kehagulan gue nol besar :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bersyukurlah kamu menemukan semuanya...

      Delete
  12. Waw, dibikin postingan hhh (ini asma).

    Ketawa wkwk itu udah dicap alay sejak kapan taun, tapi aku masih tetap aja pakai. Wkwkwk.

    Yang tingkat kegahulan 100/100 apa ya bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang 100/100 hanyalah Tuhan Yang Maha Esa.

      Delete
  13. POSTINGAN APA INI

    Jadi ini yg lo dapat selama berganung di grup di, hmmmm.

    Oh iya, kata "que" kalo di tmpat gue biasanya dipake oleh anak yg suka menyebutkan namanya sendiri saat ngobrol langsung, nah jadi pas cuman mengetik, dia mengganti namanya dengan sebutan que.
    Misal ngomong langsung : adi tuh gak bisa di giniin.
    Misal ngomong pake teks : que tuh gak bisa di giniin. Gitu aja sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Que tuh... makanan? 'Misi, buuu! Queeee... queeee..'

      Delete
  14. Postingan ini sungguh ena-enak bosque :D

    ReplyDelete
  15. HHHHHHH, Gokieell bosque, gw jadi nga kepikiran lo dpat sumber bhas gaul ini drimana. But, overall bkannya gaul bosque aque malah ktawa krna tlisannya lucukkk, Aaaakkkk!

    ReplyDelete
  16. Aaaaaakkkkkk bang adi gahul banget sekaranggg..

    #BangAdiIdolaque

    ReplyDelete
  17. AAAAAKKK.. LUCUK, BOSQUE~ ENA-ENA BACA POSTX. HHHHHH... nga sia-sia.

    *semua jurus gue keluarin*

    ReplyDelete
  18. njir, baru tau gue sama semua kata-kata gahul diatas, mungkin karena gue terlalu lama ena-ena ya bosque..

    ReplyDelete
  19. tulisan kamuh okeh keceh bangeth di!!!
    *gaul nga si?

    ReplyDelete
  20. Gue jadi w. Mau jadi mo, sama jadi ma.

    W mo ena-ena dulu y ma pacar w

    Itu kalo di dunia nyata, dikira rabies kali ya. 😁

    ReplyDelete
  21. sering baca yang bosque-bosque itu kirain apaan dahh
    ini bisa diterapkan ke kata-kata ini gak? >> Chiloque, achi dicholoque

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa untuk semua yang berakhiran huruf 'k'. Kayak misalnya, kamu milique. Ya walaupun kayak orang Tegal dikit sih...

      Delete
  22. Duh ngakaque baca tulisan gini.

    Aku baru tau kalo cakung artinya cuaca mendukung, bisa jadi kata ganti dari kata mager dan pewe nih. Tergantung sikon mau pake kata yang mana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pencerahan bisa datang dari mana saja...

      Delete
  23. haha.. ada2 aja ya bahasanya.. wkwk

    ReplyDelete
  24. Gw perna bisa bahasa alay macam ini, diajarin waktu di kantor dulu tapi anaeh2 ngak jelas

    ReplyDelete
  25. Ahahaha bener bang kres,gw sendiri sbagai pendatang baru di jabodetabek agak risih sama yang begituan.Contohnya "kuy",gw baru tau bahwasanya itu adalah yuk yang dibalikin,entah apa manfaat pembalikanya gw juga bingung ahahah Keren bang kres

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ketemu orang yang kayak gitu, sekiranya mohon dihadapi dengan bismillah.

      Delete
  26. Oh que gitu, ya. Kalo mosque gimana, Di?

    ReplyDelete
  27. haha pengamat dunia kealayan juga lu di..

    Gua juga baru ngerasa kalau misalnya kaya raya jadi kayak rayak jadi terkesan imut gitu wkwk

    ReplyDelete
  28. Halah, sok gaul blog lo aja pernah dibajak kok......kwkwkwkwkkwwk......eh...hhhhhhhhhhhhhhhhh

    Apaan toh ena-ena, yang ada mah kimoci-kimoci, wkwkwkkwkwkw.....eh
    ....Hhhhhhhhhhhhh

    ReplyDelete
  29. Adi udah gak kudet ya sekarang? Hamdallah.

    ReplyDelete

Jangan lupa follow keriba-keribo dengan klik tombol 'follow' atau masukin email kamu di tab sebelah kanan (atau bawah jika buka dari hape). Untuk yang mau main dan ngobrol-ngobrol, silakan add LINE di: @crg7754y (pakai @). Salam kenal yosh! \(w)/