Saturday, July 16, 2016

Trizara Resorts: Tempat Kemping Mewah Bernuansa Go Green di Lembang


Kapan terakhir kali ikut kemping? 

Hal paling membekas di diri gue tentang kemping adalah sewaktu kelas enam SD. Kala itu, kegiatan pramuka di sekolah mengadakan acara perkemahan yang dilakukan selama weekend. Persami, perkemahan sabtu-minggu.

Awalnya, acara kemah-kemahan ini seru banget. Kami diajarkan cara bertahan hidup di lingkungan liar. Dengan seragam warna cokelat, ngegantungin tali dan pisau kecil, kami serasa tarzan versi gaul. Bagian favorit gue sendiri adalah saat di mana harus muterin tenda sambil menaburkan bubuk garam.

Kepala Trio melongok keluar tenda. ‘Cepetan, Di! nanti keburu ada ular lho!’

‘Siap, Yo!’ Gue mempercepat langkah, membuat lingkaran putih memutari tenda. ‘Udah, nih! Udah Udah!’

Trio segera membuka resleting tenda, gue buru-buru loncat ke dalam.

‘Udah? Udah? Gak bakal ada ular masuk kan?’ tanya anak-anak dari Tim Singa.

Gue mengangkat plastik garam ke udara. ‘Udah dong!’

‘Yoiiii!!’ jerit Trio.
‘YOOOOIIIHHHH?!!’ balas kami kompak.

Alay abis.

--
Pertanyaan ‘kapan terakhir kali ikut kemping?’ akhirnya bisa gue jawab dengan lebih macho karena beberapa minggu yang lalu, GUE KEMPING LAGI COOY!! Tapi kemping bukan sembarang kemping. Karena kali ini, gue ikutan camping mewah di Trizara Resorts Lembang. Kalo yang ini, gak perlu pake acara naburin bubuk garam keliling tenda. Garamnya cukup ditabur ke makanan biar dapet pertanyaan, ‘Kok makanannya asin? Pengin nikah ya?’

camping mewah di trizara resorts lembang bandung
diperankan oleh model

Dan yang namanya kemping enaknya rame-rame dong? Gak seru amat kalo kemping cuman sendirian doang. Itu mau kemping apa nyari pesugihan? Makanya, biar nggak dikira aneh-aneh… dan kesannya nggak jomblo-jomblo amat, gue ke Trizara bersama puluhan Travel Blogger lain.

Betul, travel blogger.

Keren abis nggak sih. Gue sempet nanya-nanya ke mereka tentang perjalanan traveling-nya. Dan, GILA UDAH PADA KE MANA-MANA COY!! Pengalamannya juga unik-unik. Ada yang udah ke Jepang, sampai yang hampir dipenjara gara-gara mainin drone. Gue sendiri, sejauh ini, udah traveling dari kasur ke kamar mandi.

trizara resorts tempat glamping di lembang
muka-muka baru bangun

Nah, jadi langsung aja ya gue mo cerita soal Trizara Resort ini. Ya gimana dong, soalnya kan udah ke sana GRATIS! Muahahaha. *sengaja capslock biar bikin iri*

Hal pertama yang gue rasakan ketika sampai di Trizara ini adalah… dingin! Brrr... cikepeh. Gue yang udah make cardigan aja bawannya pengin meluk orang. Berhubung tidak ada yang mau dijadikan korban, terpaksa meluk diri sendiri deh. Kayaknya pada takut timbul benih-benih rabies asmara deh.

Sewaktu datang, kita akan disambut oleh gerbang yang sangat india. ‘Gerbang ini dibuat oleh penduduk sekitar lho. Kami harus trial and error untuk bikin itu,’ kata Mr Kunal, pemilik Trizara Resort yang emang orang India asli.

trizara resorts tempat glamping di lembang
loncat depan gerbang

Setelah ngobrol-ngobrol sama Mr. Kunal (Oke, gue emang gagal cari tahu peran yang dia mainkan di serial Uttaran), tapi gue dapet info yang kece abis. Jadi, hampir 90% segala sesuatu yang ada di Trizara Resort ini menjunjung tinggi kearifan lokal. Bukan, bukan maksudnya Mr. Kunal kalo ke mana-mana make blankon terus bawa-bawa gendang. Tapi, hampir semua pegawai yang ada di sini berasal dari penduduk lokal. Mulai dari kepengurusan parkir yang diserahkan kepada warga, pembuatan tenda-tenda, gerbang, pelayanan, semuanya bekerja sama dengan orang-orang setempat. Jadi, meskipun Mr. Kunal ini orang India asli, kita nggak akan menemukan pegawai orang India. Apalagi Inspektur Vijay. Paling-paling nemu Mas Agus, Kang Cecep. Pokoknya sunda pisan!

‘Awalnya, saya cuma bawa konsep. Lalu duduk-duduk bareng sama warga. Kita obrolin, terus akhirnya bahu-membahu deh bikinnya. Nggak pake arsitek atau apapun,’ jelas Mr. Kunal. Keren banget emang Mr. Kunal ini. Gue kalo duduk-duduk sama temen paling hasilnya cuman tahu siapa yang bakal kita telanjangin hari itu (buset, horor amat).

camping mewah di trizara resorts lembang bandung

camping mewah di trizara resorts lembang bandung

Sebagai anak Kehutanan, gue demen banget sama konsep Trizara yang mengusung go green. Mulai dari bangunan tendanya sendiri yang memakai konsep panggung. Sehingga penyerapan airnya bisa langsung jos nggak kehalang semen. Di sana juga nggak ada TV, AC, telepon, dan lain-lain yang berhubungan dengan hidup a la perkotaan. Karena… YA ITU KAN ESENSI DARI KEMPING GITU LOH! Eits, tapi jangan salah. WiFi tetep ada kok. Muehehehe.

Nih, gue jelasin secara singkat kenapa barang-barang kayak gitu emang ga perlu ada di Trizara:

TV: Nggak ada, supaya orang-orang yang kemah bisa sosialisasi. Ngobrol, atau main berbagai macam permainan kayak monopoli, jenga, UNO, atau permainan lain yang ‘manusia banget’.

AC: Nggak ada, soalnya… GUE MO MANDI AJA NUNGGU AERNYA ANGET DULU KAMPRET. Tahu sendiri Lembang gimana dinginnya. Dibanding AC, malah kayaknya lebih butuh teman yang bisa saling menghangatkan. Eh gimana?

TELEPON: Nggak ada, soalnya… ya biar kita jadi jalan dan bergerak. Nggak sedikit-sedikit nelepon, ‘Mas, pesen ini dong!’ Masa niatnya kemping, jalan aja males. Lha kalo jalan aja ga pernah, gimana PDKT-nya mau lancar. Tapi, kalo kamu emang anaknya pemalas banget kayak Snorlax, kamu tetep bisa nelepon mas-mas-nya pake telepon sendiri.

Kelar mangap-mangap denger penjelasan Mas Kunal, sekarang kita lanjut ke fasilitas deh ya. Trizara, yang ternyata artinya taman di surga ini, memiliki empat jenis tenda. Ada Netra, Zana, Svada dan Nasika.


Svada dan Nasika, walaupun namanya beda, tapi sebetulnya fasilitasnya sama. Terdiri dari 25 tenda, dan dibuat untuk keluarga. Muat menampung 4 orang, dengan 1 ranjang king size, dan 1 ranjang 2 in 1 bed. Alias kasur yang dikolongnya bisa ditarik itu lho.

Sementara tenda jenis Zana, lebih diperuntukkan untuk mereka yang, ehem, mau honeymoon. Totalnya ada 12 tenda. Letak tendanya di paling bawah, tempat paling strategis buat ngeliat pemandangan oke. Udah tempatnya dingin, di depan mata ada pemandangan seger, di sebelah ada orang yang kita sayang. Gimana nggak bikin penginapnya ngomong, ‘Fix ini, mah, sayang, dunia cuman punya kita. Yang lain numpang ngontrak.’

Lalu mereka pun berlalu ke ranjang.

camping mewah di trizara resorts lembang bandung
tidak sedang honeymoon. Foto dari mas Budi
Jenis yang terakhir adalah Netra. Nah, ini tempat gue nginep. Kelasnya luxury, alias mampus-ini-mah-berasa-kemping-di-surga-beneran. Isinya cuman buat 2 orang. Berjumlah 13 tenda, dan letaknya paling mantap buat ngelihat sunrise, sunset, dan sunpride (kalo kamu ke sana sambil bawa pisang). Dan ya, karena di sana gue cuman sendiri dan nggak ada yang, ehem, bangunin, jadinya gue ga sempet ngelihat sunrise deh.



Selain tenda-tenda yang dipakai buat nginep, di Trizara, ada juga 3 meeting room. Satu besar, dua kecil, Ada café juga kayak di hotel-hotel, dan mushola. Buat yang demen foto, ada juga spot yang Instagram abis!

camping mewah di trizara resorts lembang bandung
ya Allah.... sendirian

camping mewah di trizara resorts lembang bandung
lagi-lagi sendirian...
camping mewah di trizara resorts lembang bandung
mending tengkurep aja deh


Jadi, udah siap ngajak siapa nih buat ke Trizara?

Trizara Resorts
Jl pasirwangi wetan, lembang, Jawa barat, Indonesia, Bumi
Phone: +622282780085
Share:

30 comments:

  1. uhuuuw keren abiss.
    selama menjadi anak pramuka belom pernah nih tidur di tenda yang beginiaan. sabi nih ntar kalo ada perkemahan mainnya kemari, biar gak repot bangun tenda sendiri.

    ReplyDelete
  2. nabue garem,, udah lama tuh gue juga pernah, uwakakakak.

    asli ini tempat kemping asyik banget, gue terakhir ke lembang th 3013, dan gak nemu nih tempat, ahaha.

    satu kata buat ini LO GRATISAAN, WAHAI UTTARAN. PENGEN GUE.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin nggak ketemu karena kamu datang dari masa depan..

      Delete
  3. biar ga sendirian lagi, besok2 ke sini bawa pasangan broo... #ehh

    ReplyDelete
  4. pertanyan gue cuma satu loe ngapain foto tengkurep coba? hahaha

    mau bikin pose andalan kaya blogger lain ya?

    ReplyDelete
  5. Wahahaha..anjir foto yabg tengkurep masdi. Gratisnya itu lhoo yang bikin iri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya ke sana dong coba. Siapa tahu digratisin juga. \:p/

      Delete
  6. Itu di foto bertiga si salam bukan sih?? Acara blogget kah??uwuhh kerennn..

    Moga aja bulan depan famgat kantor ke lembang nginapnya disini. Kerenn euyy...


    Kirain diluat negeri beneran taunya lembang..

    ReplyDelete
  7. Kemping apaan ada Wifi-nya? Lebih seru lagi kalo wife-nya, sih...

    Terakhir kemping nggak lama, kemarin bulan April. Kemping di sekolahan. Nggak bisa nyewa tempat soalnya. :')

    ReplyDelete
  8. Anjiiiir gilaaaak keren banget tempat kempingnya. Nggak bakalan khawatir keujanan dan kena hewan-hewan yang melata gitu. Btw, harganya per malem berapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi dong! Sekitar 2 juta kalo ga salah deh.

      Delete
  9. ah bikin KZL baca postingan Trizara...karena batal ikut di detik2 terakhir :(

    btw itu tidur di kamar yg isinya buat 2 org tapi sendirian? sungguh tidak berfaedah *dijejelin sunpride*

    ReplyDelete
    Replies
    1. IYAAA KAMU KENAPA TIBA-TIBA GAJADI IKUT EMANG KAK? PADAHAL DI SANA BIKIN MALES MANDI LHO! *nggak nyambung*

      Delete
  10. Wuih bareng travel blogger. Keren banget!
    Gue jadi pengen kamping juga nih.. hehe

    ReplyDelete
  11. Weihh... ternyata adi menang ya, manteblaa :D

    ReplyDelete
  12. Aku mau kesanaaaaaa! Aaaaaak fotoable dan boboable banget apalagi kalau ditemenin (?)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalo ngaku anak Bandung harus ke sana sih..

      Delete
  13. OH INI YANG BEDUA MULU KEK BIJI PELER!! :(((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lo kayaknya salah orang deh dis. -___-

      Delete
  14. Mau nginep di kamar netra euy! Kamar saya di nasika, view ke taman. Netra mah ke gunung yak ��

    ReplyDelete
  15. "....lalu berlalu ke ranjang."

    Haha...hayalanmu itu ya

    ReplyDelete
  16. Kalo jaman ikut persami mah rempong bawa ini itu perlengkapan nya yesss, sekarang mah woles aja semua dah ready

    ReplyDelete
  17. Duh.. padahal dulu ada pasangan blogger juga ya.. lama nggak main jadi nggak tau kalo sekarang udah sendiri lagi. Eh tapi nggak tau ding~

    Btw, Trizara Resort yang make orang lokal buat ngurus macem2 patut diapresiasi, soalnya kalo make tenaga asing ntar pasti Jokowi yang disalah2in..

    ReplyDelete

Jangan lupa follow keriba-keribo dengan klik tombol 'follow' atau masukin email kamu di tab sebelah kanan (atau bawah jika buka dari hape). Untuk yang mau main dan ngobrol-ngobrol, silakan add LINE di: @crg7754y (pakai @). Salam kenal yosh! \(w)/