Sunday, May 29, 2016

Foto-Foto yang Mengungkap Segalanya...

kresnoadi ulang tahun


Gara-gara jailin temen dengan nyebar foto masa kecilnya di salah satu grup LINE, gue malah jadi penasaran sama foto gue sendiri pas masih kecil. Akhirnya, tengah malem begini ngobrak-ngabrik lemari di ruang tv. Dan hasilnya… ketawa cekikikan sampe bokap kebangun dan keluar kamar. Muahahaha.

Sejujurnya gue ga begitu inget semua cerita dibalik foto-foto itu, tapi kalo dikasih kesempatan buat mengarang bebas, ini dia:

Foto pertama, yang paling atas itu, kayaknya cuma satu dari sedikit foto yang bisa gue inget. Jadi, ketika itu gue lagi ulang tahun. Dan, dibawalah gue ke salah satu restoran di jawa tengah. Waktu itu, gue udah ngebet banget pengin nyobain yang namanya ‘prosesi tiup lilin’. Di dalam kepala gue, terngiang-ngiang wajah girang balita-balita lain sewaktu niup lilin kue ulang tahun.

Dan saat itu adalah kesempatan gue.

Sebagai anak super stylish (lihatlah betapa gahulnya gue, make kemeja bergambar bendera Amerika), gue dengan semangat jalan ke depan meja dengan kue ulang tahun super gede. Keluarga berdiri di depan gue, teriak, ‘Tiup! Tiup! Ayo tiup lilinnya!’ Bokap di sebelah nyokap, memegang kamera. Bersiap mengabadikan adegan bersejarah itu. Di belakangnya, ada Abang gue, gue lupa lagi ngapain. Tapi mudah-mudahan enggak ngibarin bendera slank.

Di momen-momen bersejarah itu, gue udah jerit-jerit kesenengan. Ngeliat lilin di depan, gue bersorak, ‘Hore! Ada lilin di depan!’ (Ya, otak gue emang cetek).

Jadilah di depan keluarga besar, dengan antusiasme tingkat tinggi, gue membuka mulut. Di saat ini, tiba-tiba gue baru nyadar: ‘GUE GATAU CARA NIUPP?!!’ Sumpah, gue bingung harus ketawa atau nangis pas ngetik ini. Gue udah ngebuka mulut, tapi nggak tahu gimana caranya menghembuskan udara lewat mulut. Alhasil, gue malah kembali mengatupkan mulut, sambil berusaha keras menekan udara dari dalam. Hasilnya? Suara yang keluar malah ‘Brrrppp… prfffhh… Haaa… prffhfmm..’

Tidak ada angin yang keluar. Lilin masih mengobarkan api. Gue kembali membuka mulut dengan penuh nafsu, lalu menutupnya kembali sambil menggetar-getarkan bibir, ‘Brrrppphh… Prrfffhhmmm…’

Karena masih nggak mati-mati, akhirnya Abang gue maju, lalu meniup lilinnya.

Kalau ada pepatah yang mengatakan ‘Tidak ada usaha yang sia-sia’, pepatah itu bohong teman-teman.
Hina sekali gue waktu itu..

kresnoadi pembalap sepeda
kubalap kau dengan ketekku

Sejak foto ini, gue udah mulai tidak ingat dengan jelas momen apa yang ada di dalam gambar. Satu-satunya hal yang gue ingat adalah kucing belang hitam-kuning itu. Dia kucing pertama peliharaan nyokap. Hal yang membuat gue inget tentang si kucing itu adalah namanya. Si item-kuning itu punya nama yang macho abis: Dodi. Betul, tidak seperti nama kucing kebanyakan, kucing ini memiliki nama yang sangat manusia. Gue agak-agak ga kebayang gimana nyokap dulu melihara kucing dengan nama lintas spesies kayak gitu. Bayangkan ketika kucing ini boker sembarangan, lalu nyokap ngamuk sambil bawa-bawa sapu buat ngusir dia, ‘DODI KAMU NIH BERAK-BERAK TERUS YA?!! KELUAR KAMU!! KELUAR!!’ Tetangga yang denger pasti menyangka kalau nyokap punya anak yang tidak beretika… dan punya penyakit pencernaan.

Terlebih ketika nyokap lagi asyik nonton tv selonjoran di lantai, lalu si Dodi naik ke perut nyokap. Bayangkan kata-kata yang akan keluar dari mulut nyokap dan perasaan orang-orang yang mendengar! 'Ih Dodi kamu ngapain naik-naik ke perut aku...' Dodi kamu memang kucing brengsek!

Makanya, setelah dewasa, gue selalu memberi nama kucing-kucing gue dengan nama yang kekucingan (Apa pula itu kekucingan?). Sedikit tips memberi nama kucing oleh Kresnoadi:

1. Jangan kasih nama yang lintas spesies. Seperti misalnya, kucing ras Persia kamu kasih nama: Jambu Biji.
2. Berikan nama yang sederhana. Contoh: Kalau kucing kamu asli Jakarta, kasih nama “Cing.” Selain sangat kekucingan, kamu bisa sekaligus nyiapin stok nama buat keluarganya: “Cang”, “Cing”, “Nyak”, “Babeh”.


foto masa kecil kresnoadi
"Cheese!"

foto masa kecil kresnoadi
"Ngadep depan kampret!!"

Oh, ini kayaknya Abang gue kesel aja udah gaya eh gue malah gak fokus. Jadinya dibekep deh.


foto masa kecil kresnoadi

foto masa kecil kresnoadi

foto masa kecil kresnoadi


TERNYATA EMANG GUE ANAKNYA GAK BISA FOKUS DARI DULU. Kini aku mendapatkan bukti nyata! Ketiga foto ini sudah membuktikannya! (Dan, ya, membuktikan juga kalo gue cantik. Makasih.).


foto masa kecil kresnoadi
Wajah-wajah mabok

Gue sama sekali nggak inget soal foto ini. Ngeliat kondisi fotonya, kemungkinannya ada dua: 1) Momennya kurang berkesan, 2) Gue sober kebanyakan mabok susu.

Gue lebih suka pilihan kedua.

So, mari kita bikin cerita khayalan. Di minggu pagi itu, gue bangun dengan kepala berat. Gue pun berjalan sempoyongan ke dapur lalu naik kulkas dan tereak, ‘PARTY SOOOOB?!!’


foto masa kecil kresnoadi
tatap mata ojan

Oke, kita mulai memasuki area 17 tahun ke atas. Mohon untuk para pembaca yang belum cukup umur segera scroll dan tinggalkan komentar aja. Di foto ini, terlihat sekali aura ketenangan yang mengalir. Menikmati keheningan sore, pandangan gue seolah berkata, ‘MO APE LO SOB?!’ Tinggal pake peci dan megang gelas kopi, gue resmi jadi babeh-babeh betawi 90an.

Ekspresi wajahnya, kalau gue amati lebih dalam, seperti ada perasaan cemas. Sedikit kerutan di alisnya menandakan bahwa ia sedang menutupi kegelisahannya. Mungkin, kalau gue sudah punya wawasan yang luas tentang dunia ini, sesaat setelah kamera menjepret, gue akan berkata, ‘ANJERR UNTUNG GA KEGEP SATPOL PP NEHH!!’ Tapi, karena itu tidak mungkin terjadi, paling kejadian aslinya hanya gue yang haha-hehe doang.


foto masa kecil kresnoadi
BARANGKUUUHH?!!!

Gue berani taruhan Abang gue yang memaksa supaya adegan laknat ini terjadi. Di sore hari yang mendung (bosen cerah mulu), Abang gue lari-lari ke nyokap, menarik dasternya, lalu dia bilang, ‘Bu, mo yat dek ndi…’ Nyokap, lalu menatap mata Abang gue dengan tatapan penuh keibuan. Dia menengok ke bokap yang ada di sebelah, lalu berkata lirih, ‘Pak, anak kita alay..’

Lalu semua adegan laknat itu terjadi begitu saja. Si mbak datang… semua terasa begitu cepat… tahu-tahu pakaianku berhasil ia lucuti… lalu perasaan itu… adem-adem sedikit di burungku… ah pokoknya aku tidak sanggup berkata apa-apa lagi. Semua ini terjadi atas dasar suka sama suka. Aku tidak akan pernah menyesalinya. Kisahku yang telah lama terpendam, tapi foto ini mengungkap segalanya kembali.
Share:

54 comments:

  1. Foto terakhir. Tangan si mbaknya. Adi udah gak perawan sejak lahirrrrddd. Muahahaha


    adi sejak dulu emang gak pernah mau foto liat camera yaa. Sok bangettt~~~~

    ReplyDelete
    Replies
    1. ((UDAH NGGA PERAWAN SEJAK LAHIR)) anjay :))

      harusnya udah ngga perjaka wkwk

      Delete
    2. Tolong ya ini kolom komentar bukan kolom hinaan..

      Delete
  2. Gue juga pas kecil hk bisa fokus klo foto.. haha

    Tapi sekarang malah paling depan tiap ada foto bareng.

    Gila! Lo udah gaul ya sedari dulu. Tapi kok sekarang... hmmm...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah berubah banget dong ya. Gue sekarang juga masih ngga fokus. :))

      Delete
  3. FIX dari kecil lu emang cantik, ga salah lagi itu nyata, apalagi dari 3 foto ga fokus di atas.

    Ini lu ngarang bebas banget wkwkwk

    ReplyDelete
  4. hahaha apa-apaan ini. X))

    Setelah mengamati cerita di atas, gue malah jadi curiga apakah kresnoadi yang saat ini adalah benar anak yang ada di foto itu. Soalnya kok yang dulu lucu amat sih.

    ReplyDelete
  5. Pernah kecil juga y bang?
    Gantengan masa kecilnya loh
    Mungkin karena tergerus waktu kegantengan itu menghilang
    .
    Trus si dodi sekarang lagi ngapain y bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin karena tergerus waktu kegantengan itu menghilang... O-oke..

      Delete
  6. mas Adi, dudududu kamu kawai banget pas masih kecil. untung kamu nggak dikarungin tukang beling ya pas lagi maen diluar rumah.
    itu foto yang terakhir ngeblur, kayaknya faktor udah lama. boleh minta foto terbarunya gak?
    eh.

    ReplyDelete
  7. saya juga punya koleksi sampai 8 album semasa kecil. sungguh foto yg historis dan mahal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betuul. Paling seneng ngeliat foto pas masih kecil. :))

      Delete
  8. beruntung foto waktu kecil masih ada. Lha, saya, foto waktu kecil itu hanya ada foto di rapor SD

    ReplyDelete
  9. akhirnya kamu mengakui kalo kamu cantik, bang :)

    btw itu dua foto terakhir kudu di sensor tauk. ntar yg liat pada geli sendiri hahaha

    ReplyDelete
  10. Mayan banyak juga ya foto2 jaman kecil lo dulu, punya gue cuma dikit,cuma di momen2 bersejarah aja baru foto.

    EH ITU KOK TITITNYA GAK ADA YA?!

    ReplyDelete
  11. Kalo foto2 gw waktu kecil gak banyak.. Ping atu dua. Itu juga udah burem...

    Satu kata buat foto2 lo, di.

    "TITIT"

    ReplyDelete
  12. Bahahahhaa. Males ah. Jadi gini ya. Bang Adi udah gak perjaka lagi sejak lahir. Hmmmmmmm.

    ReplyDelete
  13. Bang Adiiii... Poto2 lucu amaattt... yg 3 gak focus ituu.. Gue setuju jg sih, itu cantik banget didandanin kyak gtu. Bkin envy:/

    Nama kucing dinamain kyak orang... Aduuhh. Udah deh, ngakak gue bacanya. Nanti kalo pnya kucing psti bakal ngasih nama yg kekucingan deh :'D

    ReplyDelete
  14. Ceritanya flashback nih haha
    Banyak banget yg fokus kesitu sih, iya itu~

    ReplyDelete
  15. Adiiii weeey sejak lahir lu barang luuh udah dijamah tangan-tangan tak bertanggung jawab, kesian binik lu nanti :(
    foto yang pake topi ijo, membuktikan kalo elo emang cantik :)
    please jangan ke thailnd untuk menyempurnakannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak mungkin! Ngapain lagi ke Thailand? Bodiku sudah perfek ya..

      Delete
  16. Serius. Waktu kecil lo kayak cewek. Sumpah.

    ReplyDelete
  17. Hmm. Jadi penasaran juga sama foto masa kecil gue.
    Hahhahaha.
    Itu foto abang lu masih kecil, mukanya malah mirip lu yang sekarang, Di.

    Wah adi di gangbang sama Mba Mba dari kecil. Hahahahaha.

    ReplyDelete
  18. Jadi selama ini seorang kresnoadi adalah perempuan -___-

    ReplyDelete
  19. ternyata ini asal mula dari tren foto candid abg jaman sekarang.

    ReplyDelete
  20. auuucccchhh adi imut waktu kecil. :D kalau skarang... mmmm... mmm... isi sendirilah di. :p

    wahh porno tu porno, kasih liat burung euy. Awas terbang... wkwkwk

    ReplyDelete
  21. YAWLA DI. itu putih amat jaman bocah, belom lagi mukanya kalem amat. sungguh berbeda dari image adi masa kini :"

    ReplyDelete
    Replies
    1. SUNGGUH BERBEDA DENGAN IMAGE ADI MASA KINI ITU GIMANA YAAA?!!

      Delete
  22. Kamu harus fokus, biar ngak salah pilih jodoh hua hua
    Kalo kurang fokus minum aqua segalon

    ReplyDelete
  23. Lu kenapa pas kecil sok sok candid ga liat kamera gitu sih bang? kzl.

    ReplyDelete
  24. Wkwkwk kampreet :D wkwkwk

    Foto-foto kecilku pada kemana ya ._.

    ReplyDelete
  25. Ih cantiik aneeeet~
    Itu nama kucingnya..... Kaya nama dosenku :')

    Aaaaaahhh ada konten dewasa!

    ReplyDelete
  26. Adi udah di anu-anu-in sejak masih dini dan dia anteng aja :(

    ReplyDelete

Jangan lupa follow keriba-keribo dengan klik tombol 'follow' atau masukin email kamu di tab sebelah kanan (atau bawah jika buka dari hape). Untuk yang mau main dan ngobrol-ngobrol, silakan add LINE di: @crg7754y (pakai @). Salam kenal yosh! \(w)/