Sunday, April 10, 2016

Panduan Mencukur Kumis yang Aman dan Benar

Sejak lahir ke dunia ini, gue belum pernah mencukur kumis sama sekali. Sampai tibalah hari itu. Hari di mana gue teriak, ‘Kumis gue masuk ke mulut! Bajingan!’

Betul, saking panjangnya kumis gue sampe suka masuk-masuk ke mulut. Ya, ketawa aja gapapa.

Tidak ingin meninggal karena keselek kumis sendiri, gue pun mengambil keputusan genting: membasmi bulu-bulu biadab tersebut.

Berhubung belum pernah cukuran sama sekali, gue kemudian mencari referensi tentang bagaimana dan apa saja hal-hal yang dibutuhkan dalam mencukur kumis. Sewaktu mengetik ini, kumis gue telah terbaring lemas di liang pemakaman. Bagian atas bibir gue udah botak. Ingus gue kini bisa mengalir dengan lancar (Entah ini bisa dibanggakan atau tidak, tapi yang jelas gue sukses cukuran! Uyeah!).

Oleh karena itu, setelah melalui pengalaman spiritual ini (spiritual bapakmu!) gue akan memandu kamu semua yang ingin mencukur kumis. Sebelum mulai mencukur, siapkanlah alat dan bahan berikut:

Bahan yang dibutuhkan: 
1) Kumis 
2) Sabun cukur kumis 
3) Hati yang lapang

Alat yang dibutuhkan: 
1) Pisau cukur kumis 
2) Cermin 
3) Andhika Kangen Band

Kresnoadi keriba-keribo cara mencukur yang aman
beberapa detik sebelum menyesal
Kresnoadi keriba-keribo cara mencukur yang aman
licin

Satu hal yang perlu diingat adalah, meskipun sama-sama bulu, tapi langkah di bawah ini tidak cocok diaplikasikan untuk bulu-bulu lain selain kumis. Seperti misalnya, bulu… kan. Nah, kalo itu mandi bukan cukuran. Berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mencukur kumis dengan aman dan benar:

1). Pastikan kamu siap mental. Keluarkan tekad dan hati yang lapang. Jika ini adalah cukuran pertama kamu, tegarkan hatimu. Karena dampak dari mencukur kumis akan muncul bukan pada saat prosesi cukuran, melainkan setelahnya. Saat selesai cukuran, pas lagi nongkrong sama temen-temen, respon mereka bakalan, ‘AHAHAHA! MANA KUMIS LO?! GAK COCOK!’ atau ‘ANJIR! SOK MUDA LO?!’ atau juga ‘BALIKIN DUIT GUE!’ Kalau sebelumnya kamu emang abis ngutang.

2). Foto wajah kamu sebelum bercukur.

3). Basuhlah wajah kamu dengan air dingin. Gunakan sabun/foam pencukur kumis, lalu usapkan pada bagian atas bibir (kecuali di kumis kamu ada jerawat, boleh menggunakan sabun muka sekalian). Pastikan seluruh kumis kamu tertutupi dengan sabun/foam. Hal ini supaya pada waktu proses mencukur, kulit kamu tidak iritasi. Hal yang perlu diingat adalah pemilihan sabun yang dipakai. Apabila kamu tidak memiliki foam khusus untuk mencukur kumis, sebaiknya gunakan sabun mandi biasa atau sabun muka. Jangan memakai sabun cuci piring, yang ada nanti kumis kamu jadi keset.

4). Berdirilah di depan cermin. Pandangi wajahmu baik-baik. Ingat, kumis adalah ciri lelaki dewasa. Jadi, tidak perlu norak dengan mengucap, ‘Anjaaay.. ganteng juga gue.’ sambil ngusap-ngusap dagu.

5). Siapkan Andhika Kangen Band di luar kamar mandi buat jaga-jaga.

6). Ambil pisau cukur. Pastikan kamu menggunakan pisau cukur yang tajam. Arahkan pisau tersebut dari atas (maksudnya dari bagian atas kumis, tidak perlu dari jidat), tekan, lalu tarik ke bawah, mendekati bibir. Bilas kumis-kumis dan foam yang menempel di pisau cukur (untuk menambah efek dramatis, sambil membilas boleh sekalian jerit, ‘MAMPOS LO KUMIS!! HAHAHAHA!! PERGI KAU MAKHLUK LAKNAT!!’)

7). Ulangi langkah ketujuh sampai semua kumis lenyap tak tersisa.

8). Foto wajah kamu, lalu upload ke Instagram. Bersiaplah mendapatkan banyak like dengan rata-rata komentar, ‘SI ANJEEENG CUKUR KUMIS?! MUAHAHAHA! UDAH GAK BISA MATIL DONG KAYAK LELE??’

9). Buka pintu kamar mandi, lihat wajah Andhika Kangen Band. Segera lakukan sujud sukur.

Dalam beberapa hari, mungkin kamu belum terbiasa dengan hilangnya kumis ini. Kamu mungkin masih sering kagok melihat muka kamu yang berubah setiap kali ngaca. Kamu mungkin masih suka ngusap-ngusap bagian atas bibir sambil tertawa kecil, ‘Hihihihi. Kok tajem-tajem gini. Hihihihihi.’ Tapi, tidak perlu khawatir. Memang di situlah intinya. Kita harus terbiasa dengan kehilangan. Karena sejatinya, kumis yang tampak bisa dicukur, tapi kenangannya akan selalu tertanam di benak kita.

Salam,
Kresnoadi DH, lagi menahan hasrat untuk mecahin kaca.
Share:

51 comments:

  1. Aku pikir kumisnya mau dicukur jadi kumis lempar kayak poninya Andhika Kangen Band. Eh ternyata dicukur habis. Imut banget jadinya kamu, Di. Gemesh Kakak. Huahahaha.

    Jadi, kenapa harus ada Andhika Kangen Band dalam prosesi pemusnahan kumis itu, Di? KENAPAAAAAAA? :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. GUNANYA SUPAYA GUE BISA BERSYUKUR SETELAH DIKATAIN SAMA LOOOO?!!

      Delete
  2. wkwkkk, itu mirip personil Ceribel yang sesudah cukur, wwkkwwkwwwkk. LOL.

    ReplyDelete
  3. Kalo pisau cukurya engga ada bisa pake golok engga bang? Biar greget
    Berat juga ya bang alatnya, ada andika kangen band
    Kalo dianya engga ada gimana bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai golok bisa, tapi usia lo juga ikut kecukur.

      Delete
  4. Jadi itu selfienya didalem kamar mandi, ga keluar dulu gitu?

    Bodo amatlah, lagi makan terus kumis masuk, keselek, mati. Kaga lucu nanti ada berita taglinenya 'Seorang pria tewas karena menelen kumisnya sendiri' yowloh macem apaan tau.. wkwk

    Poto yang udah ga ada kumis macem cewe baru bangun tidur, berantakan-berantakan manja nan menggoda hahaha :D

    ReplyDelete
  5. Duh saya mau cukur kumis juga bingung. Nyari Andhika dimana sih? Ah elah. Keburu kumis saya menjuntai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih baik menjuntai daripada menyesal kemudian..

      Delete
  6. Yg gue rasakan setelah mencukur kumis, biasanya agak2 gatel geli gitu, tapi... Kenapa cepet banget tumbuh lagi.. -_#

    ReplyDelete
  7. Kok malah jadi gak lakik gitu ya abis cukur kumis. Biar sahabat netizen yang menilai.

    ReplyDelete
  8. Sumpah deh bang, lu keliatan lebih muda habis cukur kumis.

    Kenapa bawa bawa andika kangen band -_-

    ReplyDelete
  9. Ko aku liatnya aneh ya Adi nggak ada kumisnya, mungkin aku belum terbiasa liat wajah Adi nggak ada kumis tipis haha.

    Btw, cowok-cowok merapat kesini xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untungnya sekarang udah tumbuh kembali. Hmmmm.

      Delete
  10. serius baru pertama kali? sebenarnya ga perlu dicukur abis gitu di. digunting aja cukup.

    ReplyDelete
  11. hbis itu dkumpulin trus dituker ama siomay :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. EMANGNYA KUMIS GUE VOUCHER SOMAY APAAA?!

      Delete
  12. Bang Adi kehilangan pesonanya, nih. Biasanya udah akrab sama kumisnya, sekarang digunduli. Btw, rambut kapan mau digunduli?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang udah numbuh lagi dong kumisnya. Aku kembali berkuasa!

      Delete
  13. bang mau tanya dong gimana caranya supaya kumis tumbuhnya rata ga kaya lele / tukul? terima kasih bhay

    ReplyDelete
  14. Kata orang Jawa sih. Ndak cocok blas, Di. Lebih baik berumis dah Di. Daripada keliatan kayak bencong..

    ....

    ReplyDelete
  15. Kata orang, semakin sering dicukur maka akan semakin cepet juga numbuhnya..
    Meski baru pertama, siap2 ada yang kedua dan seterusnya Di~

    ReplyDelete
  16. Gue juga beberapa waktu lalu cukur kumis gitu. Karena masalahya juga sama, panjangnya itu udah melebihi batas.

    Abis di cukur pasti ngerasa ada yang ilang gitu. Dan ngerasa aneh di sekitar mulut. :D

    Tapi, lebih keren lu pake kumis daripada engga. :D

    ReplyDelete
  17. Wakakakakakak anjayyyy jadi kek perawan yang belom mandi gitu foto lo yang tanpa kumis ._.

    ReplyDelete
  18. senpai.. katanya temen sebangkuku kalo kumis dipotong bakal tambah lebat. alis gitu juga gak ya hmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba lakukan pada dirimu sendiri anak muda. Setahu gue sih kalo alis dipotong bakal jadi botak gitu.

      Delete
  19. senpai.. katanya temen sebangkuku kalo kumis dipotong bakal tambah lebat. alis gitu juga gak ya hmm

    ReplyDelete
  20. Gue juga belum berani cukur kumis nih. Takut gue bang! Haha

    ReplyDelete
  21. YAILAH gue hijabin juga lu di :D
    Muahahahaah (`▽´)-σ
    Mirip santriwati dipesantren kalo tanpa kumis kiyuut beud muihihih

    ReplyDelete
  22. Wah tampak lebih muda dan sepertinya jomblo hehe..
    Piiss :)

    ReplyDelete
  23. Anjrit lo beda banget Di! Gue jadi kepengen buat nyukur kumis tapi gue kan orangnya gak tegaan :(
    Kalau gue lihat-lihat lagi, kumis gue bentuknya bagus. Sayang buat dicukur. Yang paling ngeganggu si jenggot karena tubuhnya kurang rapih dan membuat gue jadi terlihat seperti anggota ISIS :(

    ReplyDelete
  24. Samaan nih, dari lahir belum pernah cukur kumis. Entah nunggu kumis masuk hidung aja cukuran. Ngeri sih cukuran dibagian deket mulut gitu.
    Tapi kalo gak ada kumis jadi kelihatan lebih muda, beneran lho..

    ReplyDelete
  25. cakepan berkumis bang keliatan seksi :)

    ReplyDelete
  26. Cakepan yang sekarang yang gak ada kumisnya .... Nice tips...

    ReplyDelete
  27. Okeh juga brader, tapi kalau untuk cukur brewok itu ngomongnya gimana ya.

    ReplyDelete
  28. lollll such an AMAZING blog!!!

    hey, would you visit mine back and leave any mark on it ^^ thank you!
    http://www.chippeido.co.vu

    ReplyDelete
  29. NGAHAHAHAAHAHAHAHA ADI IH AKU GA FOKUS BACA TULISANNYA, LEBIH FOKUS KE FOTO.

    Foto yang tanpa kumis, wajahnya minta banget di makeup deh wkwk

    ReplyDelete
  30. Hahaha... Keren yang gak pake kumis dari pada yang berkumis ,,, Nice Share ...

    ReplyDelete

Jangan lupa follow keriba-keribo dengan klik tombol 'follow' atau masukin email kamu di tab sebelah kanan (atau bawah jika buka dari hape). Untuk yang mau main dan ngobrol-ngobrol, silakan add LINE di: @crg7754y (pakai @). Salam kenal yosh! \(w)/