Wednesday, March 16, 2016

Kepada Semua Maling di Negeri Ini

Dari banyaknya berita kriminal yang beredar, gue jadi mikir kalo dunia ini kok kayaknya makin jahat ya? Dari zaman begal-begalan waktu itu, pertempuran antar ormas, belum lagi cerita dari pengalaman pribadi temen-temen gue. Beberapa minggu lalu bahkan sebelah rumah gue gembok pagernya dirusak orang. Berdasarkan hasil autopsi (halah autopsi), katanya bekas-bekas dikasih semacam cairan kimia gitu. Serem abis. Ada juga temen gue yang lain malah hampir kena pelecehan seksual di metro mini. Dia ditunjukkin *uhuk* alat kelamin pria sama orang di sebelahnya. Gila gak sih? Pada kenapa sih orang-orang ini sampe bisa jahat gitu? Ya walaupun yang paling jahat tuh orang yang abis bilang sayang terus ngilang gitu aja (Oke silakan muntah, gue udah barusan).

Maling-maling jaman sekarang kayaknya udah gak takut apa-apa lagi deh. Seakan konsep maling udah berubah dari yang ngambil-barang-ngumpet-ngumpet jadi hajar-bleh-terus-buruan-kabur. Beberapa waktu lalu di depan kompleks gue aja ada yang ngerampas dompet ibu-ibu yang baru ngambil duit di ATM. Padahal itu situasinya lagi rame banget dan semua pada ngejar. Kasus bom di Sarinah kemaren juga gitu. Malah penjahatnya kayak santai-santai gitu di antara kerumunan orang.

Seharusnya keberanian orang-orang ini bisa digunakan dengan hal-hal yang lebih baik. Jadi apa kek gitu, buka bisnis nangkep kecoak. Atau kalau mereka udah gak takut apa-apa lagi, mending ikutan Dunia Lain. Kan lumayan duitnya. Meskipun kayaknya acaranya bakal jadi garing sih kalo pesertanya pemberani.

Kuntilanak: (nangis nakut-nakutin) Hihihihhihihi..
Peserta: Yak baru saja terdengar suara tangisan, Bung. Ternyata… di atas pohon mangga sana.. ada kuntilanak… POTONG RAMBUT NAPA LO! GAK USAH SOK-SOK NUTUPIN MATA GITU!! BONDOL?! BONDOL LEBIH RAPIH!!!
Kuntilanak: (nangis beneran) Hiks hiks hiks..

Salah satu tindak kriminal paling abnormal baru aja gue alami hari jumat kemarin. Sewaktu di rakaat pertama, di mana kita semua suka tiba-tiba kehilangan keseimbangan (terlihat dari posisi berdiri yang suka jinjit-jinjit sendiri). Beberapa saat setelah gue teriak ‘AMIN!’ dan lagi mikir, ‘Anjrit! Surat apaan nih?!’ Entah dari mana, sayup-sayup terdengar jeritan ‘MALING! MALINGG!’

Gue masih berusaha khusyuk.

‘TOLONG!! MALIIIING?!’

Gue mulai nggak konsen.

‘MALING! TOLOONG ITU MALINGG!! GUK GUK?!’
(Itu kayaknya ada anjing yang ngejar, atau korbannya stres terus ngegonggong? Entahlah..)

Gue mulai terjadi pergolakan batin. Antara ngejar, atau ngelanjutin solat. Di tengah kebingungan ini, akhirnya gue mengikuti arus populasi yang ada: gue ngeliatin orang-orang lain, semuanya juga diem dan tetap solat seperti biasa. Imamnya juga tetap melanjutkan membaca ayat dan tidak heboh berkata, ‘APAHH? ADA MALING?! BAKAAARRR!! JIHAAAAAD!!’ Alhasil, gue pun berusaha meneruskan solat dengan khusyuk.

Begitu selesai, orang-orang yang solat di masjid langsung pada heboh. Semua pada jalan ke bagian belakang pelataran masjid (yang juga dipakai buat jumatan menggunakan alas tikar). Ternyata orang-orang yang solat di bagian luar masjid ada yang sebagian mengejar malingnya, tapi gak ketangkep. Malingnya sempet mecahin kaca mobil yang diparkir di pinggir jalan, di belakang kumpulan orang solat itu.

Beruntungnya sih gak ada barang-barang yang hilang karena keburu kegep. Ini parah gak sih? Malingnya kayak memanfaatkan kelemahan kita secara terang-terangan gitu. Kita tahu, tapi kita nggak bisa ngapa-ngapain. Karena... ya kita lagi pada solat gitu lho. KALO MAU MALING TUNGGU BENTAR NAPA?!! Rasanya kayak lo aus dan pas minum, temen lo nyoel-nyoel botol aer yang lo minum sampe airnya tumpah ke muka. KALO MO NGAJAK RIBUT TUNGGU GUE BERES MINUM SETAN?!!

Sepulangnya dari masjid, gue langsung diskusi sama Bokap. Bokap, yang ahli banget sama dunia kriminal, langsung ngomong dengan nada penuh kebapakan, ‘Coba kamu tonton di Youtube video maling mecahin kaca mobil pake busi.’

Awalnya gue sempet bingung, masa sih mecahin kaca mobil make busi? Eh ternyata pas gue cek di Youtube beneran ada dong! Jadi businya diancurin gitu pake batu. Terus pecahannya dilempar ke kaca mobil, dan langsung retak semua gitu aja kacanya. Gila! Dunia ini makin gila! Selanjutnya apa? Karburator dipake buat ngeledakin rumah?

Kepada semua maling di negeri ini, taubatlah.

Dan mari kita sama-sama berdoa supaya dunia gak jadi semakin jahat.
Atau seenggaknya, jumatan gue diterima deh.
Share:

25 comments:

  1. Zaman sekarang ngeri banget >.<
    Rumah ku pernah dong kecurian, trauma banget aslinya. Etapi baru kemaren banget koperasi di kompleks aku kecurian juga, si maling ngebobol koperasi dengan cara ngebolongin tembok dari rumah kosong disebelah koperasi. Edun kan?

    Dan ku juga pernah dilecehin di angkot :'(

    Bayangin generasi anak cucu kita ntar kaya gimana.

    Pindah ke yutub dulu, ternyata busi punya bakat terpendam!

    ReplyDelete
  2. Biasanya karena faktor ekonomi sih, Di (oke gue sotoy).

    Terus juga anehnya banyak orang yang mulai merasa dirinya paling bener gitu. Seolah-olah merasa jadi Tuhan. :(

    ReplyDelete
  3. Masyaallah.
    WOY ITU MALINGNYA. BISA KALI NUNGGU SALAM DULU BARU BIKIN HEBOH!!

    Iya gatau kenapa makin banyak orang jahat, apa karna jaman makin susah. Masalah makin konkrit?

    ReplyDelete
  4. Udah nggak aneh lagi maling sudah ada dimana-mana dari mulai anak kecil sampai orang dewasa. Yang prihatin itu maling ko ada yang anak kecil ya, disini pernah kejadian soalnya miris banget deh kasian dong ke orang tuanya. :(

    ReplyDelete
  5. Wah, sori aje nih ye. Tapi jumatan depan kayaknya lo harus salat empat rakaat sih. Menurut gue salat lo itu gak dapet kemistrinya. Karena pikiran lo terbagi ke maling sama imamnya.

    ReplyDelete
  6. Serem banget. Maling sekarang barang apa aja dijadiin alat. Itu malingnya nggak jumatan juga lagi. Tau deh dia emang dasarnya non muslim, emang sengaja banget mau maling pas jumatan, atau lagi datang bulan. Dunia udah mau kiamat :((

    ReplyDelete
  7. Wakakakak. Sholat Jumat paling canggung ya, Di? Ya, mungkin sudah saatnya saya jadi superhero.

    ReplyDelete
  8. Tengs bang. Abis baca ini, gue jadi dapat pencerahan. Kalo mau maling isi mobil, mecahin kacanya harus pake busi. Yang businya harus dihancurin dulu pake batu trus dilempar ke kacanya supaya kacanya langsung retak semua. Ntaps.

    Tengkiyu senpai~

    ReplyDelete
  9. Edan tuh. Di sini sih malingnya pada pake batu kalo mau mecahin kaca mobil. Belum sealih yang di sana kali ya. Maling di sana pinter-pinter gak kayak maling di sini yang kayaknya gak sekolah. Pake batu. :(

    ReplyDelete
  10. Yaelah.. Sa ae tuh maling... Untung ada yg gak khusu sholatnya.. Ckckck. Ya walaupun lg solat, kalo ada kejadian bisa ko bertindak dulu.. Lalu lanjut lg solatnya.. Itu sih kalo kata guru agama gue.

    Semoga maling2 selanjutnya bisa solat bareng.

    ReplyDelete
  11. Justru menurut gue maling - maling sekarang makin pada kreatif. Ya tapi salah juga, sih :(

    ReplyDelete
  12. Temen gue juga baru-baru banget ini kemalingan. Kejadiannya siang pas terang benderang. Jadi pagar rumah temen gue ini emang lagi rusak, jadi gampang banget dibuka. Alhasil masuklah seorang maling. Kerennya, dia memasukkan motornya ke dalam halaman (seolah-olah yang punya rumah jadi tetangga ga curiga), lalu mengambil semua barang dari 2 laptop, celengan, sama satu lagi: komputer sama monitornya segala padahal dia pake motor. Bayangin repotnya bisa bawa barang sebegitu banyak pake motor.

    Nah sebenarnya maling ini kegep sama temen gue yang punya rumah tapi awalnya dia ga curiga karena dia mengira maling ini adalah teman kakaknya. Begitu temen gue sadar kalau orang ini adalah maling, malingnya sudah keburu kabur.

    Soal pakai busi itu gue juga udah pernah liat videonya, bahkan ada yang lebih canggih. Mecahin kaca mobil pakai ketukan jari doang. Percaya ga percaya, coba deh cari videonya di yutub.

    ReplyDelete
  13. Ngeriiiiwwwww .....


    Malingnya pake asas jumat berkah tuh. Gawat mennn. Semoga akan ada taubat massal.

    ReplyDelete
  14. Astagaaa, malingin orang pas lagi Sholat. Semoga dosanya dikali jadi 8 kali lipat.

    ReplyDelete
  15. Saya udah pernah kena rampok dan kena tusuk, trus pernah juga hampir kerampokan tapi karena udah pengalaman yang sebelumnya jadi utk kedua kali bisa lebih sigap mempertahankan diri :D

    Memang jaman skrg makin serem. Kejahatan di mana2, bukan cm karena ada kesempatan tapi krn memang dicari2 dan dibikin smpe ada kesempatannya

    ReplyDelete
  16. betul kta yoga faktor ekonomi biasanya, makanya itu tingkat kriminalitas tinggi, apalagi di JKT gitu yang penduduknya padat dan tinggi. bikin atut!!

    ReplyDelete
  17. Dan yang aneh lagi, maling2 dan orang jahat ini ngapain melakukan sesuatu yang resiko nya besar. Kalau resiko besar tapi bisa bertanggung jawab sih oke-oke aja. Lah ini udah resiko besar, terus kabur. Goblo*

    ReplyDelete
  18. Gue juga baru kemalingan. Hati gue dimaling. Sekarang gue gak punya hati. Gue jadi jahat... Ini apa, sih!?
    Gue rasa tuh maling udah nungguin ampe solat kelar, tapi karena baca suratnya kepanjangan, dia jadi gak sabar.
    Kayaknya maling sekarang udah gak terlalu mikirin hasil. Mereka lebih mikirin gimana cara maling yang greget. Njir, apapula ini -_-

    ReplyDelete
  19. Perihal maling yang suka mecahin kaca mobil, kadang tak lebih parah dibanding maling-maling berdasi yang dengan tega mecah-mecah anggaran negara demi dirinya sendiri. Rela mecah-mecah uang kas negara, demi kekayaan pribadinya. Seharusnya maling seperti itu yang harusnya digebukin, lalu dibakar hidup-hidup/..

    hahahhaa

    ReplyDelete
  20. super sekali peserta uji nyalinya
    rambut kunti sampe di potong hahaha :D

    ReplyDelete
  21. ternyata di dunia ini masi banyak orang jahat yawla,eaa. tapi, sebenernya semua orang itu punya sisi baik, ko masdi. Pas lagi gabener aja kali. -__-

    ReplyDelete
  22. ternyata di dunia ini masi banyak orang jahat yawla,eaa. tapi, sebenernya semua orang itu punya sisi baik, ko masdi. Pas lagi gabener aja kali. -__-

    ReplyDelete
  23. Ada juga temen gue yang lain malah hampir kena pelecehan seksual di metro mini. Dia ditunjukkin *uhuk* alat kelamin pria sama orang di sebelahnya. Gila gak sih?

    Kalau kasus yang di atas ini, setahuku, yang nunjukin itunya punya gangguan jiwa, bang. Parahnya, semakin terkejut si korban, dia akan mendapatkan kepuasan dari situ. Jadi ini semacam gangguan fungsi seksual gitu :'(


    Ya Allah, ini maling pas Jumatan... Sedih...

    ReplyDelete

Jangan lupa follow keriba-keribo dengan klik tombol 'follow' atau masukin email kamu di tab sebelah kanan (atau bawah jika buka dari hape). Untuk yang mau main dan ngobrol-ngobrol, silakan add LINE di: @crg7754y (pakai @). Salam kenal yosh! \(w)/