Saturday, March 5, 2016

[ANOMALI] Pungky Prayitno - Rahasia Menjadi Blogger Sukses

Udah lama banget gue berkhayal punya acara Talkshow sendiri. Salah satu Talkshow favorit gue jelas Between Two Ferns-nya Zach Galifianakis yang kocak dan ‘kasar’ abis. Tapi terus terang, rasanya seru ketemu orang-orang hebat dan bisa nanya-nanya sambil belajar banyak dari mereka. Walaupun udah pasti gue banyak bengongnya karena kepalang dongo. Nah, berhubung udah kebelet pengin nyoba nanya-nanyain orang, alhasil kenapa enggak gue bikin segmen baru di blog ini. Biar sekalian para pembaca juga dapet sesuatu dari blog ini. Oke, ini sebenernya alesan karena gue gak punya pengetahuan yang bisa dibagi aja..

Segmen baru ini, mungkin mirip Wawancaur-nya Roy Saputra atau Interabsurd-nya Kevin. Gue sendiri juga sebetulnya belum begitu tahu nanti ke depannya bakal gimana dan apa bedanya dengan punya mereka berdua. Tapi, di segmen gue ini, gue akan membuatnya dengan format seperti ‘Talkshow’ versi teks. Jadi, mudah-mudahan temen-temen bisa berimajinasi selayaknya lagi nonton talkshow ya! \(w)/

Segmen talkshow ala-ala ini gue beri nama Anomali, alias Abnormal Interview with Kresnoadi. Kenapa namanya itu? Jawabannya sangat gampang. Soalnya pasti berasa abnormal kalo gue ngebawain acara atau nanya-nanya tentang hal-hal ‘serius’ dan berat. Hahaha.

So, here you go. Episode satu dari Anomali. Mengupas rahasia menjadi blogger sukses. Enjoy the show!

--
Bintang tamu pertama gue adalah seorang seleb blog yang juga berperan sebagai emak-emak songong. Seorang Srikandi Blogger 2014 yang datang jauh-jauh dari Purwokerto. Ini dia Pungky Prayitno! Tunjukkan pesonamu!

rahasia menjadi blogger sukses ala pungky prayitno
Pungky saat berakting jadi ikan sapu-sapu


Gue berjabat tangan dengan Pungky, kemudian mempersilakan dia untuk duduk. Terdengar tepuk tangan penonton memadati studio. Gue menunjuk gelas yang ada di meja, memberikan kode supaya dia minum, tapi dia hanya senyum-senyum sambil memberikan sinyal idih-air-putih-gue-gak-level-ya-biasanya-sih-air-kendi.

K: Selamat datang Pung! Coba dong kenalin diri dulu ke temen-temen di keriba-keribo.

P: Rangkum sendiri aja ya di http://www.pungkyprayitno.com/p/about-me.html karena gue males.

Pungky dateng-dateng minta digampar ya..

P: (malu-malu) Ahahaha itu baru bikin semalem soalnya. Belum banyak yang baca.

K: YHA!

Jadi silakan temen-temen kunjungi link tersebut kalau emang mau tahu siapa itu Pungky. Kalo males, biar gue bacain. Intinya, Pungky adalah seorang ibu dari anak yang bernama Sujiwo dan istri dari seorang jurnalis yang juga editor tulisan Pungky di blognya. Jadi, jangan heran meskipun tulisan-tulisan Pungky terkesan ‘rusak’, tapi eyd-nya masih terjaga dengan baik.

K: Eh ngomong-ngomong soal blog. Kenapa blog lo ganti nama sih? Bukannya dulu galaksipungky.blogspot.com ya? Kenapa pas beli domain jadi nama sendiri?

P: (senderan di sofa) Biar cepet terkenal. Personal branding. Karena semua sosmed gue, buku yang gue tulis, setiap karya yang gue bikin, pake nama Pungky Prayitno. Jadi blog gue ngikut. (Pungky menghela napas sedikit), kasian kalo beda nanti dia baper. 

Denger jawaban Pungky ngebuat gue langsung kepikiran buat ganti nama blog juga. Bener juga kata Pungky, personal branding. Tapi daripada ganti jadi kresnoadi.com, mendingan pake nama yang udah terkenal sekalian. Kayak misalnya, Jokowidodo.com.

K: (ternganga) WAH BANYAK KARYANYA YA! PANTAS MENJADI PANUTAN NIH?! Emang sekarang kegiatan lo apa sih, Pung? Suruh buka link lagi gue jitak lo ya..

P: (Mengembuskan napas berat) Gue… kesibukan gue…. golar-goler.

K: Gimana gimana?

P: Detailnya gini. Bangun tidur - bikin susu buat bocil – sambil bocil minum susu, gue golar goler sambil buka sosmed – terus mandiin bocil – masak (atau lebih sering beli) – nyuapin sarapan abis itu dia main sama pengasuhnya – gue golar-goler lagi cek blog sambil blogwalking – terus suami berangkat kerja – bocil masih main – gue terus aja golar-goler – terus bocil mandi sore – kami biasanya jalan kaki keliling komplek cari partner gosip di masjid...

Pungky menepuk-nepuk dadanya. Dengan bangga dia bilang, ‘Maklum, geng gosip ibu komplek!!’

P: Terus akhirnya malem - golar-goler sambil nonton sinetron anak jalanan - terus suami pulang, akhirnya golar-goler sambil digolerin suami. Demikian.

K: Sibuk juga ya lo, Pung. Apalagi bagian lo digolerin suami. Anyway, ngomongin soal blog, lo itu sebenernya mau dikenal sebagai blogger apa sih? Selebblog aja? Travel blog? Lifestyle? Atau komika yang ngeblog? Atau apa?

P: (berpikir sejenak) Hmmm kalo gue sih apa-aja-ditulis-blog.

K: (banting gelas di meja) PILIH CEPAAAAT!! TIDAK USAH BANYAK MIKIR KAMU PUNGKY?!!

P: Kalo lo emang merhatiin, dari dulu sampe semalem, di sidebar gue ada tulisan “This is my blog, my universe. A place where I write anything, post anything, and show you some of my messy-yet-proudly-presented-arts. Jadi, gue menulis APAPUN yang gue mau tulis. Blog gue, suka suka gue. Gue Cuma pengin dikenal sebagai blogger. Kalo orang harus ngasih label-label berdasarkan kategorisasi blog, ya itu urusan mereka.

K: Hmm jadi lo mau dianggap ‘blogger’ aja gitu ya? Urusan orang lain mau nganggep apa, bebaas. Keren, tapi gue emang belajar banyak sih dari blog lo.

P: Bawaan lahir sih. Gue susah mengelak.

K: (menyipitkan mata) susah mengelak gimana?

P: Susah mengelak kalo gue keren. HAHAHAHAHAHAHAHAH!!!

Gue memberikan kode kepada security untuk stand by.

K: OKE LANJHUT! Kalo ga salah lo itu punya 6 blog kan? Apa aja tuh dan kenapa bisa banyak gitu?

P: Ada yang udah nggak aktif sih. Tapi yang jelas ada pungkyprayitno.com, sujiwo.com, kompasiana.com/pungky, peribersayappelangi.com, kumpulanspasi.wordpress.com, dan satu lagi…*Pungky membisikkan nama website ke gue* POKOKNYA INI RAHASIA YA!! KALO LO SEBUT BAKAL GUE BUNUH?!! Soal alasan kenapa banyak gitu, ya sama kayak kenapa di rumah lo ada banyak ruangan? Kenapa nggak digabung aja? Karena gak mungkin kan lo boker di dapur. Atau tidur di WC. Sesimpel itu sih. Pungkyprayitno.com itu yang utama, sujiwo.com isinya tentang anak gue, kompasiana buat tulisan-tulisan serius, semacam kritik sosial atau politik, peribersayappelangi itu blognya buku dongeng gue, yang spasi itu blog keroyokan, tapi gue yang ngurus.

Gue hanya manggut-manggut dan terkesima.

K: Yang blog buat anak itu menarik sih. Sujiwo itu. Di saat orang-orang lain sibuk nyimpen sejarah lewat foto atau video, lo kenapa milihnya blog?

P: Jangan salah! *Pungky mengambil gelas di meja, minum sedikit, biar agak tenang* Di komputer gue juga banyak kok foto sama video anak gue. Tapi mungkin karena gue dan suami sama-sama penulis, jadi sayang banget kalo cerita-cerita tentang anak gue GAK DIJUAL. Hahahaahahahaha.

Pungky tertawa lepas sekali sampai kepalanya kejedut sofa belakang. Gue bersiap memanggil security ke atas panggung.

P: Soalnya kalo dipost di blog kan jadi duit. Hehehehehe.

K: (merasa canggung sedikit) Udah, udah. Sekarang balik bahas blog dan tulis-menulis deh. Lo kan di awal bilang ‘Gue nulis apapun yang gue mau’, itu kenapa lo punya pemikiran kayak gitu? Emangnya gak pernah gitu terlintas buat 'Ah lagi rame ini nih. Gue ikut-ikutan ah ngomongin ini Biar trafiknya tinggi.' Hayoooo?

P: (nada tak berdosa) Gue sering kok nulis yang lagi rame buat naikin trafik. Buat ngimbangin tulisan gue yang asal jeplak (Pungky tertawa kembali). Gimana pun gue dapet banyak kesempatan bagus dari blog. Jadi, mau nggak mau gue harus memperlakukan blog gue dengan baik. Salah satunya ya dengan trafik itu.

K: Hmmm menghargai blog yang udah ngasih banyak hal buat lo gitu ya?

Gue menepak tangan Pungky.

K: EH EH EH BERARTI LO TAHU DONG CARA BIKIN TULISAN SUPAYA RAME YANG BACA?! Bagi tipsnya dooong!

P: (kaget, kemudian ngelempar vas bunga di meja. Gue menghindar dengan gentle.) Ehem. Gue belajar SEO sederhana, sempet kursus sama temen, sering diskusi sama anak-anak adsense, gimana bikin konten viral dan sebagainya. Itu gak bisa jadi tips sih karena gue belajar dengan proses puanjaaang dan lama.

Pungky nyengir-nyengir sendiri. Gue balas dengan cengiran canggung dan ngomong dalam hati, ‘SERAH LO DAH PUUNG!!’

K: Setelah hasil belajar yang sangat panjang itu ada formula tertentu gak supaya bisa viral?

P: (merasa ada yang nggak beres dengan tatapan gue) Triknya buanyak. Dan yang gue pake cuma satu, nulis apa yang gue cari di google. Gue sering googling gimana review gincu A, kenapa gue gak review sendiri terus tulis sendiri? Anak gue sakit impetigo, suluten. Gue googling. Terus setelah anak gue sembuh, gue nulis panjang lebar tentang suluten. Sekarang artikel suluten itu jadi page one.

K: Tapi dari begitu banyak postingan lo yang gue suka, salah satu yang mengena itu yang judulnya Demi Sebuah Blogpost sih. Ini temen-temen harus baca nih!

Gue memberikan kode kepada kru untuk mengambilkan gelas yang baru, aus euy.

K: Lo kan sering banget nih dapet tawaran kerja dari blog. Itu biasanya dapet dari mana sih?

P: Dari mana-mana. Makanya jadi blogger harus punya temen sebanyak-banyaknya. Dan jangan ragu buat ‘pamer’ di sosial media. Pamernya tanda kutip lho! Pamer, tapi nggak boleh sombong.

Pungky lalu menceritakan pengalaman pamernya yang biasa dibumbui dengan kengocolannya. Sekalian aja bilang, ‘Pungky riya takabur dan minta ditoyor! Weeeek.’ pas lagi pamer.

P: Pamer ini tujuannya apa? Ya buat pamer lah, masa buat anak.

Pungky sedang berusaha melucu teman-teman. Tolong kalian semua tertawa demi kebaikan jiwa Pungky.

P: (antusias) Misalnya, gue kemaren terpilih jadi salah satu peserta Travel Writer Gathering 2015. Gue share di sosmed! Karena temen facebook gue ribuan dan kesempatan bagus ada sebanyak itu. Mana tahu ternyata ada temen yang liat, terus dia kerja di perusahaan maskapai. Terus karena tahu gue adalah peserta travel writer gath, dia merekomendasikan gue ke kantornya buat diajak jalan-jalan gratis. Ini terbukti lho! Sebulan setelah dari Lombok, gue ke Selayar, gratis! Jadi bertemanlah sebanyak-banyaknya dan bersikap baik sama mereka semua. Jangan lupa ‘pamer’, pake tanda kutip! Kesempatan bagus ada di mana-mana.

K: Hmm jadi yang gue tangkap cara menjadi blogger yang sukses adalah:
Satu. Mau belajar.
Dua. Mau berteman dengan siapa aja.
Tiga. Pamer! Tapi pake tanda kutip.
Empat. Hargai blog kita (percuma tulisan bagus kalo ga ada yang baca).
Lima. Kalo mau rame, caranya adalah mikir “Apa yang kita butuh, apa yang kita mau cari, itu yang kita tulis.”

Sekarang coba dong sebutin list blog rekomendasi lo!

P: Satu, Alodita.com, Dua duniakecilindi.blogspot.com, Tiga jellyjellybeans.blogspot.com, Empat  my-lovely-sister.blogspot.com, Lima dianarikaksari.blogspot.com, Enam www.agusmulyadi.web.id. Edan! Gue baru sadar kalo blogger papan atas masih pada make blogspot semua. HAHAHAHAHA!!

PUNGY TERTAWA LEPAS KEMBALI. GUE SEMAKIN PANIK.

K: O-oke. Pesan terakhir dong dari lo sebagai selebblog, untuk temen-temen yang baru ngeblog?

P: Jangan berhenti belajar dan mengejar. Jangan bosan membumi dan menghargai. Jangan mengijinkan energi negatif mengambil bagian. Kapanpun itu. Semingit!

Gue dan Pungky akhirnya berjabat tangan.

K: Makasih banyak untuk ilmunya yang sangat bermanfaat. Semoga gue bisa main ke Purwokerto dan numpang ngerusuhin Sujiwo! Muahahaha!

Terima kasih juga untuk temen-temen semuanya! Kalo ada kritik dan saran atau mau request orang-orang yang kita undang ke Anomali ini, silakan komen aja di bawah (YA, KOLOM KOMEN UDAH ADA LAGI PEMIRSA!!).

Sampai jumpa di Anomali episode dua!
Share:

17 comments:

  1. Wah, seru banget ini obrolannya. Luar biasa. Banyak pelajaran yang bisa dipetik. Sayang sekali yang masalah ningkatin trafik gak dibahas secara mendetail. :p Padahal pengen.

    ReplyDelete
  2. Wah udah bisa komen lagi sekarang nih???

    Wah segmen barun lagiii... Pungky orang gila di interview sam Adi orang gila abis dahh abiss nih segmen...

    Etapii banyak ilmunya nihh wahh, si pungky keren euyyyy~~

    ReplyDelete
  3. Tetap ngocol yaaa.
    Keren nih. Ditunggu wawancara berikutnya.

    ReplyDelete
  4. Coba dong undang pemilik blog dunia kecil indi, kayaknya kak indi juga perlu untuk di undang dan mau berbagi pengalam sukses di blognya, di. :)

    ReplyDelete
  5. Akhirnya ada kolom komentarnya lagi.

    Acara talkshownya bagus, pamer emang perlu. Kalau ga pamer nanti siapa yang mau baca blog-nya dong?
    Undang yang lain juga, ditunggu tamu selanjutnya :)

    ReplyDelete
  6. Setelah beberapa kali lupa komen karena tiap abis baca nggak ada kolom komentarnya, sekarang ada juga. Huwahaha. :D

    Pamer emang perlu, tapi tergantung caranya juga, kan. Pilih norak apa yang elegan. Halah, elegan.

    Keren euy Pungky. Meluncur ke blog-nya ah, biar bisa belajar banyak. :p

    ReplyDelete
  7. waaaa. Keren keren ada rubrik baru lagi. Duh akhirnya bisa komen tanpa buka email.hehehehhe.

    Selalu ada aja idenya.
    Btw thanks infornya,gue jadi punya tempat bw kece nih. Mantap.

    ReplyDelete
  8. Entah kenapa yang paling gue tangkep buat jadi blogger sukses adalah: pamer!
    Eh, gue request dong. Kayaknya seru kalo ngundang Susilo Bambang Yudhoyono. Pasti rame :)

    ReplyDelete
  9. Ah gue baru tau Pungky, maklum nyubi. Meluncur ke tehkopi dulu. ~

    ReplyDelete
  10. Loh, gue baru denger yang namanya Pungky. Ya Allah, blogwalking-ku kurang jauh :(

    Kapan-kapan gue main ke blognya, ah. Gue takut kalo ngomong sekarang nanti ternyata bohong. Ehehe.

    Oiya, welcome back kolom komentar!

    ReplyDelete
  11. Wih kolom komen nya ada lagi. Kenapa Di, kenapa? *kepo* hahaha

    Eh harusnya Adi di wawancara juga dong, kan seleb blog. Tapi harus ada foto gaya ikan sapu2 jugak!

    ReplyDelete
  12. Kres, banyak yang seneng ada form komentarnya. Bukan karena provokasi blog saya kan?

    Itu blognya pungky banyak kali. Tak pusingkah dia harus setor artikel dan berlaku adil (poligami kali!)?

    ReplyDelete
  13. hahaha betulan seru kalau jadi Talkshow beneran. Uhuyyy...
    gue ngakak ngebayangin tingkah mba pungky di interview sama lu di. tapi keren... imajinasi lu emang top.
    moga kesampaian punya acara talkshow sendiri.

    ReplyDelete
  14. Edisi baru lagi, ni? KEren...

    Pungky. Sempert pernah denger kalo nama ini jadi Srikandi di twitter Grup KEB. Tapi, karena gue juga masih cupu banget. Ya, hanya sekedar mampir dan cukup menikmati tulisannya dengan jadi silent reader. :D

    Melihat perjuangannya ini, gue yakin aja sosok Pungky ini keren banget. Selain orangnya juga koplak, caranya menyajikan materi juga seru.

    Patut dicontoh semangat dan triknya. Dan... soal pamer, gue masih mikir keras, di.

    ReplyDelete
  15. Oke... sepertinya gue masih harus banyak belajar dari si Pungky. Thanks Di. Segment ini keren banget :)

    ReplyDelete
  16. wew... jadi harua pamer tanda kutip yak.. buat sukses.. mulai pamer ke siapa yaaaak :D

    ReplyDelete
  17. Konten baru lagi nih, keren bang.
    Bikin semangat nulis...

    Ini seleblog ya? gue baru tau.
    BW gue kurang jauh berarti ya... haha

    ReplyDelete

Jangan lupa follow keriba-keribo dengan klik tombol 'follow' atau masukin email kamu di tab sebelah kanan (atau bawah jika buka dari hape). Untuk yang mau main dan ngobrol-ngobrol, silakan add LINE di: @crg7754y (pakai @). Salam kenal yosh! \(w)/