Saturday, January 16, 2016

Meriahnya Acara Bukalapak Saat Buka Kantor Baru yang Unyu!

Hampir semua temen dan orang-orang terdekat bilang gue orangnya rusuh, nyeleneh, dan kalo ngomong sembarangan. Dengan dibukanya tulisan ini, gue ingin mengklarifikasi itu semua. Gue pengin bilang kalau… SEMPAK! EMANG SEJELAS ITU YA?!

Sebagai orang yang terkenal berotak miring, gue tentu tertarik sama hal-hal yang kreatif dan kocak. Salah satu yang paling berkesan buat gue adalah video iklan seorang CEO yang meminta maaf pada bos-bos perusahaan karena dia sedang membuat diskon besar-besaran. Di awal video, tampak raut muka sang CEO yang terlihat bersalah. Seperti halnya CEO perusahaan lain, dia menggunakan jas keren. Begitu kamera menyorot ke bawah… ternyata cuman make kolor ama sandal jepit! INI CEO APAAN!!



Entah kebetulan atau tidak, tanggal 8 kemarin, gue mendapat undangan untuk menghadiri acaranya Bukalapak. Bukalapak mengadakan perayaan acara ulang tahun ke 6 sekaligus pembukaan kantor baru pada tanggal 12 Januari 2016 kemarin. Ini jelas kesempatan besar untuk ketemu Mas Achmad Zaky, CEO sekaligus founder Bukalapak.

Acara dimulai dengan pembukaan oleh CEO Bukalapak sendiri. Dia berkata bahwa tahun 2015 merupakan pencapaian tertinggi dalam sejarah Bukalapak. Emang, sih, selain iklan-iklan yang dibuat selalu kreatif dan asik, Bukalapak juga menjamin pembelinya supaya tidak tertipu. Bukalapak menjamin barang yang dibeli akan sampai ke pembeli.

pembukaan kantor baru bukalapak bersama achmad zaky dan marissa


Mirip sama cerita-cerita kesuksesan lain, ternyata Bukalapak berawal dari kos-kosan sederhana. Didirikan bersama satu orang temannya. Seiring dengan berkembangnya Bukalapak, ia merekrut karyawan hingga akhirnya, sekarang, Bukalapak telah sampai pada titik ini. Memiliki 250 karyawan berjiwa kreatif. Setengah juta (SETENGAH JUTA) lebih pelapak yang berasal dari UKM (UKM COY!). Hingga memiliki kantor baru yang unyu, yang berada di Kemang ini.

Mas Zaky percaya bahwa UKM di Indonesia memiliki spirit yang kuat. Memiliki kemauan bekerja keras dan semangat pantang menyerah. Tidak seperti jomblo yang kerjanya stalking mantan sambil tiduran, lalu ngantuk dan hapenya nimpuk ke jidat (Oke, kalimat terakhir itu gue yang karang).

Dia sih bilang kalo setengah juta UKM belum cukup, karena total UKM di Indonesia ada 50 juta. Dia juga ngebandingin sama Facebook yang pada tahun ke enam bisa mencapai 400 juta pengguna. Emang sih, umur itu bersifat relatif. Enam tahun bisa jadi kayak anak kecil unyu-unyu gitu. Bisa juga udah bikin cewek jerit, ‘NIKAHI AKU, MAS! AKU KEBURU LUMUTAN!’ kalo udah pacaran enam tahun tapi masih gitu-gitu aja. Tetapi, kata Mas Zaky, untuk industri digital dan e-commerce kayak gini, 6 tahun sudah bisa dibilang umur yang mumpuni. Yang matang. Yang siap dikawinin (lho?).

Kerennya lagi, bukannya merasa puas, Mas Zaky malah melihat ini sebagai peluang agar Bukalapak terus berkembang. Emang deh, otak CEO. Beda jauh sama gue. Kalo gue sih udah geleng-geleng ya. SETENGAH JUTA PELAPAK, MAN! DAN ITU ORANG SEMUA GITU LHO! Kalau gue punya massa sebanyak itu, udah jelas gue bakal bikin Partai Bukalapak Anak Muda Indonesia Yoi Abis. Atau disingkat… PAPA KAMU INDONESIA YA.

Dengan kapasitas stadion gelora bung karno yang 88 ribu, itu berarti butuh lima stadion lebih untuk menampung seluruh pelapak! Itu berarti juga, kalo Bukalapak ngadain bazar dan semua pelapaknya dikumpulin, gue pasti meninggal sambil belanja.

tempat nongkrong di kantor baru bukalapak


Karena emang berisi orang-orang kreatif dan berjiwa jenius, kantor Bukalapak yang baru ini didesain senyaman mungkin. Gue yang baru keliling sekali aja udah langsung pengin deketin Mas Zaky seraya membisikkan kalimat, ‘Aku numpang nginep ya, Mas.’

Fasilitasnya lengkap, colorfull, dan unyu abis. Mas Zaky mengonsep kantor baru Bukalapak ini seperti pasar malam. Meskipun menurut gue kagak ada pasar malem sekeren ini.

ada pasar malam di kantor baru bukalapak


Kantor baru Bukalapak ini emang dibuat kayak tempat nongkrong yang anak muda abis. Ada gym, ada perpustakaan, ada kasur (yang mana bikin gue makin pengin nginep), ada juga tempat hiburan buat main PS dan ngeband. Udah deh, kalo gue kerja di situ, gak usah pusing mikirin kos-kosan. Geletak juga gue bahagia. Banyak banget spot-spot menarik yang unyu. Mas Zaky sih membuat ini semua karena berpikir kalo ide kreatif gak bisa didapat di meja. Tapi harus dicari di luar. Berdiskusi sama orang-orang, ngobrol, bertukar pikiran. Alhasil, suasana meeting pun gak harus tegang dan bisa berasa nongkrong.

spot meeting unyu di kantor baru bukalapak

salah satu spot keren di kantor baru bukalapak kemang

salah satu spot menarik di kantor baru bukalapak kemang


Beres ngiler ngeliat suasana kantor, gue dibuat ketawa sampe mampus sama lawakan Cak Lontong. Betul, hari itu Cak Lontong mengisi acara dengan stand up comedy yang kocak dan terselip pesan-pesan asoy. Beberapa kalimat yang gue ingat dari Cak Lontong: Biar bagaimana pun, kita harus terus bermimpi. Makanya sering-sering tidur biar banyak mimpi. Masalah bangun dan mengejar mimpi, itu persoalan lain.

Jleb.

Kalimat lain yang gue ingat: Bukalapak ini keren secara harfiah. Karena bukan ‘toko’ atau ‘warung’, melainkan ‘Buka’ yang berarti tidak ada masa tutupnya. Meski begitu, saya juga pernah buka toko. Pake linggis sama kunci T.

Jleb. Jleb.

penampilan stand up comedy cak lontong di kantor baru bukalapak


Salah satu hal yang membuat gue takjub dengan Bukalapak dan Mas Zaky adalah, penampilan Mas Zaky sendiri yang sangat Indonesia. Tidak neko-neko dan terlihat sangat humble. Begitu namanya disebut aja para karyawan lain langsung tepuk tangan dan siul-siul, menandakan hubungan antara bos dan karyawannya yang sangat dekat dan tidak ada batas.

Kalo dipikir-pikir lagi, emang wajar sih. Iklan Bukalapak aja nyeleneh semua. Mungkin suasana meeting iklan waktu itu seperti ini:

Karyawan: Nanti kita minta maaf aja ke perusahaan lain, karena diskon kita gede banget!

CEO: Hmmm boleh juga tuh. Terus siapa talentnya?

Karyawan: Biar murah, kita pake orang asli Bukalapak!

CEO: (mulai keringat dingin) Ummm… siapa tuh?

Karyawan: Dan biar lucu, nanti pake jas, tapi celana kolor!

CEO: (gelisah) Ide yang bagus, sih… tapi siapa yang meranin?

Semua karyawan: (menepuk pundak Mas Zaky) ELOOO?!!

CEO: (menangis di antara keheningan meeting)


achad zaky dan marissa nasution saat peresmian kantor baru bukalapak di kemang


Acara kemudian diakhiri dengan peresmian kantor oleh Menkominfo, Bapak Rudiantara. Mas Zaky juga berharap bahwa mimpinya akan terus berlanjut. Bahwa dari kantor baru yang unyu ini, semuanya akan dimulai kembali. Melahirkan ide-ide yang lebih keren. Membangun semangat yang optimis. Bahwa ketakutan-ketakutan untuk mengejar mimpi, harus dibuang. Karena dia akan terus menularkan mimpi-mimpi yang positif kepada setiap pelapak. Bahkan, kepada setiap orang yang melihat Bukalapak.

Kalau udah gitu, gue jadi pengin bermimpi lagi.
Apalagi kalo tidurnya di Bukalapak. *teteup* 


--
ps: kata Mas Zaky, Bukalapak lagi butuh banyak karyawan, lho. Yang mau kerja di tempat cihuy begini, silakan klik di sini.
Share:

33 comments:

  1. banyak juga y bukapalapak punya 250 jiwa orang kreatif
    kira2 itu siapa j y? kenal g vro?

    ReplyDelete
  2. Waw!! Keren yah kalo kita bisa kerja se enjoy itu, nggak ada deh tuh tegangvpas kalo lagi meeting atau nunduk pas ketemu atasan.
    CEOnya konyol abis.. Masa gue nonton itu berulang ulang.. Cuma pengen tau motif kolor yanh dia pake bhaaaak :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha itu dia. Asoy kan. Wanjir dia cuman pengin liatin kolor. :))

      Delete
  3. Keren. Banget.
    ITU KANTOR ATAU TEMPAT NONGKRONG?? Udah pengen malem mingguan disitu aja. Keren deh! Sukses terus Bukalapak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ANJER NI ORANG KENAPA YANG ADA DI PIKIRANNYA LANGSUNG MALEM MINGGU YA?!!!

      Delete
  4. tempatnya orang-orang kreatif itu mah :') aaaah, kantor barunya. Aku jugaa mau bang kalau misal disana :D nggak mau pulang, pasang tenta disana aja :D

    ReplyDelete
  5. tempatnya orang-orang kreatif itu mah :') aaaah, kantor barunya. Aku jugaa mau bang kalau misal disana :D nggak mau pulang, pasang tenta disana aja :D

    ReplyDelete
  6. Wuaaaa bang Adiiiii aku ngefans banget ini sama Mas Zakiiii. Aduh envy euy, bisa ketemu langsung :"

    Aku paling suka belanja di bukalapak dibandingin sama tempat lain, karena ya simpel gitu prosesnya. Suka deh pokoknyaaaa~~~

    Itu, duh, mana kantor barunya keren banget lagiiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dia emang lucu gitu orangnya. *berasa tetangga*
      Main-main dong ke situ~

      Delete
  7. Idaman banget kantor begitu maaaah. Sayang di Jakarta :( di Bandung udah di samperin deh hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Muahahaha sayang sekali kau wahai fasya bandung aulia.

      Delete
  8. kok lo bisa di undang si bang.
    Emang lo sapa ya bang? *mikir keras! :D

    ReplyDelete
  9. Weh, asik bener lo di bisa diundang kesana :)

    ReplyDelete
  10. Orang-orang seperti Mas Zaky ini yang bikin kita semangat bermimpi. Yosh!

    ReplyDelete
  11. Udah kayak kantor Google ya. Ada tempat santainya gitu di kantor. Karyawan dimanjakan sama fasilitas yang lengkap. Gue demen nih sama kantor-kantor yang model begini.

    Btw... gak ada niatan buat pindah kerja ke Bukalapak aja, Di?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hooh itu tempatnya asoy banget bisa ngaso dan bikin produktif sepertinyah..

      Delete
  12. Asik bener bisa diundang langsung sama Bukalapak. Btw, gua ikutan nginep, ya, Di.

    ReplyDelete
  13. Hadeeeh. Kalo kayak gini mah lebih betah di kantor deh daripada di rumah. :P

    ReplyDelete
  14. Membaca tulisan ini mengingatkan saya akan perusahaan google. Di mana mereka begitu mengedepankan kenyamanan para pekerjanya. Tapi secara logika, memang ada betulnya juga sih kenyamanan itu sejalan lurus dengan kreatifitas.
    Semoga bukalapak bisa menginspirasi banyak perusahaan di Indonesia ini.
    Semoga semakin banyak UKM yang lahir untuk perekonomian Indonesia yang lebih baik. Terlebih sekarang sudah memasuki era MEA.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yosh keren. Ini baru namanya komentar! *padahal guenya juga muntah gatau apaan itu MEA*

      Delete
  15. Kok bisa sih lo diundang? Kok keren gitu.. Njir..
    Kalo perusahaan startup gitu emang kantornya musti keren, ya? Kaskus juga keren. Pinginlah.. Tidur di sana.. *malah ikutan*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak tahu sih gue. Tapi emang dukung daya kreativitas sih. \:D/

      Delete
  16. Keren... kantornya. Semoga bisa dapet tempat kerja se-nyaman itu nanti.

    Btw, kunjungan pertama nih. Salam kenal, ya.
    *lanjut obrak-abrik blog-nya*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin! Salam kenal juga ya! Monggo, monggo! \(w)/

      Delete
  17. Kantornya lebih mirip tempat nongkrong masa kini :D bikin karyawannya nyaman ini mah. Stand up Cak Lontong tentang tidur bermimpi, bangun mengejar mimpi jleb banget.

    Salam kenal :)

    ReplyDelete
  18. Artikelnya sangat bermanfaat gan..
    trimakasih.. sukses selalu...

    ReplyDelete
  19. I can learn a lot and could also be a reference
    I hope to read the next your article updates,
    Thank you for sharing in this article,wish you all success.

    * klg asli
    * vimax asli

    ReplyDelete

Jangan lupa follow keriba-keribo dengan klik tombol 'follow' atau masukin email kamu di tab sebelah kanan (atau bawah jika buka dari hape). Untuk yang mau main dan ngobrol-ngobrol, silakan add LINE di: @crg7754y (pakai @). Salam kenal yosh! \(w)/