Monday, June 15, 2015

Asal-Usul Keriba-Keribo

Setelah baca komentar temen-temen di postingan sebelumnya, ternyata banyak juga yang pernah ngalamin perasaan kayak gitu ya? Gue pikir gue doang. Hehehe. Rasa kayak gitu pas banget kayaknya buat baca-baca bukunya Haruki Murakami yang dark dan penuh kegetiran. Tapi yowislah.

Makasih banget buat semuanya yang nyuruh semangat dan piknik (walaupun males juga piknik sendirian). Thanks so muchos you guys rock! \(w)/

Tapi tetep aja, bukan pembaca blog ini kalau semuanya bener. Selalu aja ada komen yang gak waras. Kayak yang satu ini:

Feby AndriawanJune 13, 2015 at 11:27 AM
Nah lho, jangan-jangan perasaan itu adalah masa di mana lo bakal ngedapetin jam tangan Power Rangers. Iya, gw rasa lo bakal terpilih untuk menyelamatkan dunia ini!

Tanggapan Kresnoadi:
O o o o. Sudah barang tentu. Memang itulah salah satu tujuan dilahirkannya gue. Untuk menyelamatkan dunia ini dari kebajikan (lho?). Untungnya gak ada komen yang lebih ngeselin kayak bilang, ‘Jangan-jangan perasan itu.. Di… ah perasaan doang kali.’

--
Masuk ke topik ya. Karena mulai banyak yang nanya kenapa blog ini gue namain Keriba-Keribo, sementara rambut gue enggak keribo alias lurus bin macho, maka di postingan ini gue akan beberkan semuanya.

Ya, gue memang tidak keribo,
kalau pendek.

Begitu rambut gue panjang dikit, malapetaka itu muncul. Rambut gue ngembang udah kayak dikasih baking soda. Awalnya gue heran, padahal dari SD sampai SMA, bentuk rambut gue terlihat natural dan lurus alami. Gue masih ingat betul kejadian yang bikin jantung gue berhenti pertama kali. Kala itu adalah lebaran, sewaktu di rumah om gue, pas gue lagi ngebuka toples nastar di atas meja, tahu-tahu om gue nyeletuk, ‘Di, rambut kamu kok jadi keriting? Pasti sering MAKE KANCUT DI KEPALA ya! HAHAHAHA!!’

Semua orang ketawa.
Gue diem, lalu nyeburin diri ke kolam mujaer di luar.

Gue masih gak paham kaitannya orang berambut keriting dengan penggunaan celana dalam. Kalau memang semua yang dipakaikan celana dalam bakal bikin keriting, gue gak pernah tuh nemu pasien yang pas ditanya dokter, ’Apa keluhan kamu?’ jawabnya, ‘Ini, dok. Titit saya kusut lagi.’

Kalau udah ngomongin keritiing, pasti gak jauh-jauh sama mie instan. Tidak sedikit temen gue yang curiga asal muasal perubahan rambut ini terjadi karena gue sering makan mie instan. Walaupun emang bener, tapi gue masih gak percaya. Apa nyambungnya gitu lho? Gue kan makan mie instan pake mulut, bukan dimasukin ke pori-pori kepala. Atau gara-gara bentuk mie instan yang keriting? Tapi kalau begitu, seharusnya orang-orang yang makan kue tete juga tetenya jadi ijo dong?

Seiring berjalannya waktu, gue yang pemalas ini gak pernah motong rambut pas kuliah. Jadi lah rambut gue dengan brutal membulat dan mulai ada panggilan-panggilan aneh buat gue: keriting, kribo, Thomas Djorgi. Pokoknya banyak dan aneh-aneh. Sementara gue merasa kalo rambut gue sebenernya selow-selow aja alias lurus mulus seperti usus.

Oleh sebab itu, di pertengahan tahun 2012, gue merasa harus membuktikan diri bahwa rambut ini hanyalah titipan belaka. Pada akhirnya semua akan kembali kepada-Nya. Innalillahi… (ini kenapa jadi serem gini?)

Yang jelas, demi membuka tabir pintu pembelaan gue sebagai (terduga) berambut keribo, maka gue memutuskan untuk membuat blog ini. Awalnya gue sempet bingung mau namain blog ini apa. Setelah memejamkan mata dan berpikir masa-masak (kurang lebih tiga detik), gue pun memutuskan membuat nama Keriba-Keribo. Sebuah nama yang simpel, padat, dan asoy.

Keriba-Keribo adalah singkatan dari: Kering banget… dan enggak Keribo.

Sebuah nama yang sangat mencerminkan jati diri gue. Gue emang orangnya agak maksa. Gakpapa.

Hingga,
gue harus menelan pil pahit.

Beberapa minggu yang lalu, nyokap baru aja pulang dari foto studio di Fuji Film. Sesampainya di rumah, selayaknya kehebohan yang dilancarkan emak-emak, dia langsung memanggil gue, lalu ngeluarin foto-foto yang baru saja dia buat di lantai ruang keluarga.

Sambil memerhatikan hasil foto tersebut, nyokap mengambil sebuah album foto dari rak di lemari. Kemudian, seperti cara kenangan bekerja, gue berpindah ngelihatin dari satu foto ke foto yang lain. Sampai, gue menemukan sebuah foto bokap.

Bokap gue keribo.

Nyokap, yang ternyata juga baru tahu, langsung ngikik sambil berusaha menutupi suara tawanya. ‘Ini… kikiki… zaman kapan ya.. kikiki?’

Gue memandang foto tersebut dengan pandangan SUMPEH-LO-BOKAP-GUE-KERIBO. Di foto tersebut terpampang bokap dengan gayanya memakai topi proyek, sambil bergaya cool. ‘Iya, zaman kapan ya?’ Gue bales nanya.

Tidak lama berselang, bokap keluar kamar sambil menenteng majalah Misteri kebanggannya. Ngelihatin kita yang heboh ngebongkar foto zaman dulu sambil cekikikan, dia nyamperin lalu memegang foto tersebut. Dia termenung untuk beberapa saat, lalu, setelah memicingkan mata, dia bilang, ‘Bapak punya yang lebih jelas.’

Lah, dia malah bangga.

Dia lalu masuk ke kamar dan keluar kembali sambil menenteng salah satu ijazah kuliahnya. Lalu terkuaklah misteri genetik rambut gue ini. Dengan wajah unyu-unyu khas anak kuliahan, dengan rambut yang menggumpal bulat, bokap terlihat kayak anak band gahul tahun 60-an.



Gue menatap ngeri foto tersebut, tidak percaya dengan apa yang gue lihat. Bokap cuman nyengir mesum, masih memegang majalah misteri di tangannya.

Jadi... gue benaran keribo?

TIDAAAAAAAKK!!
Share:

53 comments:

  1. Replies
    1. Mungkin yang dimaksud tuaeebat itu, tua banget bang :)
      #Ehh

      Delete
  2. biarin kribo juga yang penting kece :D :D :D

    ReplyDelete
  3. Bokap lu keren... :D

    Bokapku di masa lalu juga pernah punya model rambut kayak gitu... Hahaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan-jangan bokap lo di masa lalu adalah bokap gue....

      Delete
  4. Bapak kamu kayak Jim Morrison rambutnya panjangan dikit. AAAAAAAAKKKKKKKK :*

    ReplyDelete
  5. Hahaha, ternyata blog keriba keribo ada asal usuknya juga,.
    tapi keren deh, bisa terpecahkan rambut keribonya dari gen bapaknya bukan dari gen orang lain :D

    ReplyDelete
  6. Bapak lo Di, lebih gaul dr lo deh kayanya.

    ReplyDelete
  7. iya keriboo ..kayanya kerenan bapanya deh :D

    ReplyDelete
  8. Gakpapa, Di kribo itu seksi kok. :D

    ReplyDelete
  9. Wih, jangan-jangan bapak lu dulu rocker tuh. Atau sebenernya dia emang mantan personil God Bless? Oh, tidak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak. Dulu hampir jadi rocker sih, nama grupnya Trio Ubur-Ubur.

      Delete
  10. Hahaha akhirnya terjawab juga, selalu bingung kok keriba-keribo sih padahal rambutnya juga gak keribo. Baik-baik aja. Oh ternyata begituuuuu..... Gak ada foto waktu lagi keribo gitu? xD

    ReplyDelete
  11. wa wa wa~ O_o ternyata gen tidak bisa menipu. xD
    e tapi keren juga gaya rambut bapak lu, Di. pengin niru ah.

    ReplyDelete
  12. Biarin keribo juga, di. Mau gimana-gimana juga deva pasti akan cinta sama kamu :D

    ReplyDelete
  13. keseringan pake sempak di kepala, akwkawkka :v

    ReplyDelete
  14. Replies
    1. Hmmmmm. Kresnoadi si orang sakti akan membawa permasalahan ini di postingan berikutnya..

      Delete
  15. Akhirnya misteri itu terkuak jeng jeng jeng!

    ReplyDelete
  16. Hahaha, ada beberapa yang diambil dari pembukaan e-book lu ini. Gue masih inget. :))

    Lebih keren rambut bokap lu, Di. :D

    ReplyDelete
  17. Mungkin bokap lo nurunin bentuk rambutnya ke elo kali di, makanya gitu jadinya haha..

    ReplyDelete
  18. ‘Bapak punya yang lebih jelas.’

    Lah, dia malah bangga.

    Njir. Ngakak di bagian itu. BHAHAHAHAK.

    Rambutnya si Om lebih gaul daripada kak Adi. :)))

    ReplyDelete
  19. Tete jadi ijo itu Kampret banget . .

    Bokap lo waktu jaman dulu masih muda ya bang . .??
    tu photoshop kali rambutnya . .?? Iya kan .??

    ReplyDelete
  20. Selamat. Akhirnya kamu tau siapa bapakmu. :D

    ReplyDelete
  21. Anjaaay! Keren abis rambut bokap lo, di. Warnanya silver gitu.

    ReplyDelete
  22. akhirnya ya, lo nemuin bapak kandung lo di.
    selamat !

    ReplyDelete
  23. Wuaahhh, kamu persis papamu yaaa :D.. even kumis tipisnya miriip loh ;p

    ReplyDelete
  24. ya... terkadang rambut juga perlu ber.metamorfosis mas di.

    ReplyDelete
  25. Bapa sama anak ga jauh beda yah,.
    sama-sama kribo XD

    ReplyDelete
  26. Kasihan deh kribo, eh tapi orang kribo banyak yg populer dan anehnya cepat populer.. kayak Indra Widjaya dan Benakribo. Kampret emang orang kribo itu, dikit-dikit masang rambut langsung terkenal.yykkih

    ReplyDelete
  27. Masa gue belom komen di postingan ini sih? Yaudah gue komen deh

    Bokap lo pasti gaul abis di masanya. Gak mau mendulang kegaulan bokap lo, Di? Coba dongg rambutnya kaya gitu~~

    ReplyDelete
  28. Satu hal yang terlintas di kepala gue setelah selesai ketawa karena baca postingan ini: RAMBUT LO HARUS KAYAK BOKAP LO!

    ReplyDelete

Jangan lupa follow keriba-keribo dengan klik tombol 'follow' atau masukin email kamu di tab sebelah kanan (atau bawah jika buka dari hape). Untuk yang mau main dan ngobrol-ngobrol, silakan add LINE di: @crg7754y (pakai @). Salam kenal yosh! \(w)/