Tuesday, April 21, 2015

Olah Batin

Baru aja gue bilang seneng gara-gara nggak ada yang spam, komen rusuh, atau ribut-ribut, eh di postingan kemaren malah nongol satu komentar aneh. Hehehe.


Sama-sama Ayu Ningsih. Memang di blog ini banyak sekali info-info berguna untuk bangsa dan negara.

--
Masuk topik. Kita semua masih tidak mengerti kenapa catur masuk dalam golongan olahraga. Olahraga, berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, memiliki arti gerak badan untuk menguatkan dan menyehatkan tubuh.  AAAAND, IT’S CATUR gitu lho. Duduk lama di depan meja ngangkatin pion segede gundu sambil ngopi. DARI MANA OLAHRAGANYA!! Segede-gedenya otot yang timbul dari bermain catur paling hanya akan menimbulkan pertanyaan: “Itu kenapa upil di jari lo gak dibuang?” Mungkin di luar negeri bermain catur bisa menyehatkan tubuh karena dimainkan sambil minum jus wortel. Namun di Indonesia, catur dimainkan di pos-pos satpam terdekat. Ditemani sebungkus kacang rebus dan segelas bandrek. Bukannya sehat, main catur malah bikin mata bengkak kebanyakan begadang.

Gue jadi ingat terakhir kali bermain catur. Waktu itu kelas tiga SMA, di kelas gue lagi demam catur. Papan catur selalu disimpan di kolong meja. Dikit-cikit catur. Setiap ada jam kosong, pada heboh main catur. Pas jam istirahat, main catur. Ada Maria Ozawa bugil di depan kelas, main catur (soalnya gak mungkin ada!).

Masa itu adalah era di mana bermain catur seperti perang antargladiator romawi. Siapa yang kalah akan di-bully habis-habisan. Gue biasanya berperan sebagai si anak yang ngetawain siapapun yang kalah. Bermain catur di kelas selalu dipenuhi intrik dan tipu muslihat. Oleh karena itu, gue gak pernah nyoba dan hanya mengamati dari kejauhan. Gue menjadi orang yang sok misterius dan berkomentar di pinggir meja.

“Hmm hmm lo udah salah langkah tuh barusan,” kata gue, mengangguk sok keren.

Namun, yang orang-orang tidak tahu adalah, gue tidak bisa main catur. Sebetulnya gue bisa, tapi dengan tensi permainan seperti di kelas, gue memilih langkah aman. Setiap kali ada orang yang nantangin main, gue selalu mengelak sambil menggertak kayak jagoan, “Gue gak mau main ah. Kasian kalo lo kalah entar di-bully seumur hidup.”

Padahal gue yang takut di-bully.  

Ngelihatin orang terus menerus bermain catur lama kelamaan membuat gue menjadi terbakar sendiri. Gue sesekali pengin juga berada di medan perang seperti mereka. Kayaknya keren menjadi orang yang duduk di sana. Ddikelilingi banyak murid lain, lalu menyilangkan tangan di depan dada sambil berkata, “Satu langkah lagi lo gue skak mat.”

Sedap.

Lalu, lawan gue menyerah sebelum pertandingan berakhir. Berlutut sambil meluk dengkul gue. Teman-teman bersorak atas kemenangan gue, gue naik ke atas meja, membentangkan kedua tangan sambil berseru, “If you smeeell!! What the rock, is cooking?!

Dabel sedap.

Maka, atas pemikiran supersedap itu, di suatu siang pas jam istirahat ke dua, gue memutuskan untuk mewujudkan hal tersebut.

“Di, maen catur yuk!” ajak Gembil, mengambil papan catur dari kolong meja.
“Siapa takut!” Sebagai anak catur sejati, gue langsung memutar bangku, duduk berhadapan Gembil.

Papan dibuka. Pion-pion catur ditebar di atas meja. Lalu dimulailah pertarungan menjatuhkan mental.

“Gue putih!” seru Gembil.
“Gak bisa!” Gue ngerebut pion putih dan menyusun di papan. “Gue yang putih!”

Gembil menatap gue sang calon grandmaster ini dengan tatapan menantang. “Oke!” Dia mengambil kuda hitam dan menaruhnya di papan. “Putih jalan duluan. Gue bisa ngamatin lo dulu.”

“Ya udah!” Seru gue, gak mau kalah keren. “Kalo gitu gue yang item!”

Gue cuman ngegertak.

Akhirnya permainan dimulai dengan Gembil yang maju duluan. Dia memajukan pion kecil dua langkah. Gue, layaknya seorang copycat, meniru gerakannya sambil menjatuhkan mental, “GUE IKUTIN SEMUA GERAKAN LO?! HAHAHA MAMPOS LO?!! MAMAM TUH JALAN DULUAN!!”

Tiga menit kemudian, Gembil bilang, “Satu langkah lagi lo gue skak mat.”

DHEG!

“Bentar bentar bentar.” Gue menghentikan permainan. “Lo bilang apa tadi?”
“Satu langkah lagi lo kalah,” jawab Gembil tenang.

Mampus. Baru tiga menit main gue udah pengin modar. Ah, mungkin dia cuman menggertak, gue berpikir positif. Gembil nakut-nakutin gue cuman biar gak bisa mikir dengan jernih. “Biarkan gue berpikir satu menit,” jawab gue, memegang dagu.

Satu menit.
Tiga menit.
Lma dekade.

“Buruan dong!” seru Gembil, takut tua di kelas.

Buat orang lain, main catur bareng gue adalah olah batin.

“Iye bentar.” Gue memindahkan pion botak ke samping benteng Gembil. Gue meletakkan pion tersebut pelan-pelan. Ngegoyang-goyangin sambil menggoda dia, berharap dia serakah dan malah memakan pion gue lalu melupakan raja gue yang udah sekarat di pojokan.

“Makan aku, ayo makan akuu ayooo,” kata gue, megangin pion di samping benteng dia.

Tapi rupanya Gembil tidak seidiot yang gue duga. Dia langsung meluncurkan bentengnya ke barisan raja gue. “Skak mat!” seru Gembil, mantap.

Awal karir gue sebagai grandmaster catur berakhir di sini.
Share:

34 comments:

  1. Njirrr turut berduka cita atas kekalahan grandmaster kita adiii.... Dengan statistik satu pertandingan dengan sekali kalah. Super sekali....

    Btw, lu maen catur belum pernah ngerasain kram otak kan? Hahaha. Catur gue mah cupu, palung lama 25 menit kelar. Itupun disambi sambil bikin candi. Haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. 25 menit doang? Hahahaha cupu abeees.

      Delete
    2. Gue pernah denger orang bilang 'Orang yang menjudge jelek orang dalam melakukan sesuatu, biasanya dia sendiri yang tidak bisa. Kalaupun bisa, hasilnya lebih buruk dari orang yang dia judge'

      :v

      Delete
    3. Btw, kenapa rally juga disebut olahraga. Padahal cuma duduk dan nyetir mobil. Dimana olahraganya?

      Delete
  2. Hahaha. Lucu, Di. Endingnya saya suka. :D

    ReplyDelete
  3. Yang pas bilang “Hmm hmm lo udah salah langkah tuh barusan,”. Napa kayak gue nyak

    ReplyDelete
  4. Kok kayak pernah ngalamin ya... bukan main catur tapi. xD

    ReplyDelete
  5. Aku ngebayangin pion yang goyang-goyang menggoda si benteng. Absurd abis. BHAHAHAHAHAHAK. XD

    ReplyDelete
  6. Aku rajin masukin ke kotak spam kalok ada komen semacam itu, Di.. Ngga sukak aja dikunjungin.. Kadang-kadang kalok lagi bad mood, aku kirimin malware aja ke website dia..

    Pun aku ngga tau apa-apa tentang catur. Taunya selalu tentang Febri. Uwuuuu~ :3

    ReplyDelete
  7. Pembukaan yang mantap. Komentar paling bermanfaat! :)

    Waparah, udah lama juga gue nggak main catur. Gue kalo main sama pemula pasti pake cara yang "3 langkah mati" dalam 2 menit langsung menang. :D

    Pernah main sama yang jago, ( gue nggak jago ). Eh, seri gitu, sama-sama tinggal raja. XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah keren juga lo. Yuk aduan sama gue!

      Delete
  8. Hahahah....komen2 ga ptg yg cuma blg OK bgt infonya, ato berguna nih, hihhhhh lgs aku tendang ke spam.

    Trakhir main catur pas Sd, diajarin papa :D. Msh rutin main sampe kls 5 tuh.Trus stop sampe Sir -_- Ga ada lawan lagi:D.. Pdhl seru ya main catur itu.. Ngsah otak walopun srgnya kalah ngelawan papa... Pernah menang sekali doang, itupun ga yakin beneran menang ato papa yg sengaja ngalah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh jangan ditendang mbak. Kasian. :(
      Hahaha nggak ada lawan apa emang nggak pernah main aja? \:p/

      Delete
  9. "terimakasih sudah komen gak penting"
    mungkin lo harus balas kayak gitu bang.

    Tunggu biar gue inget dulu... gue terakhir main catur pas SMP bang aduh lama banget. Gue males main, otak gue bisa cacat kalau main ini -____-

    ReplyDelete
  10. Nah, dari dulu juga aku bingung kenapa catur itu masuk dalam daftar olahraga... Mungkin karena main catur bisa menyehatkan rohani kali yak, bang? #apaini

    Oh iya, infonya bermanfaat banget nih. Sukses selalu :D

    ReplyDelete
  11. Aku gak pernah main catur. Gak pernah ngerti cara mainnya. Mungkin catur dimasukin sebagai olahraga karena menggerakkan otot tangan :p dan membuat neutron otak bekerja keras *apaan* *sotoy*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak pernah main catur? Kamu harus belajar mbak.

      Delete
  12. Olah batin dan Olah raga itu beda jauh, apalagi Olah catur. Ava-avaan inih!!

    ReplyDelete
  13. Lalu, apa yang lo dapatkan setelah menerima kekalahan telak itu Di? Berapa dekade lo dibully?

    Gue juga gak ngerti banget permainan catur. Kalo ngeliat orang yang lagi tanding catur mereka setiap udah jalanin bidak caturnya pasti nulis angka. Itu angka buat togel atau bukan ya. Ntahlah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue? Huh ya nggak ngapa-ngapain lah. Cuman... emm... nangis di pojokan sebentar.

      Delete
  14. Wua wua wuaaaa ikut berduka cita yaaa. Kalo kata pujangga, kamu masih harus berjuang keras mempelajari siasat di dunia perolahbatinan, anak muda. *eh

    ReplyDelete

Jangan lupa follow keriba-keribo dengan klik tombol 'follow' atau masukin email kamu di tab sebelah kanan (atau bawah jika buka dari hape). Untuk yang mau main dan ngobrol-ngobrol, silakan add LINE di: @crg7754y (pakai @). Salam kenal yosh! \(w)/