Sunday, April 5, 2015

Ketika Film 90an Muncul Kembali

Kemarin malam, di salah satu grup WhatsApp  lagi rame-ramenya membahas gerhana bulan. Ada yang mengatakan bisa ngeliat, sampai yang gak jelas karena ketutup mendung. Gue sendiri gak liat karena… gue gak keluar rumah.

Dari ngomongin gerhana itu, salah seorang temen nyeletuk soal film Gerhana zaman dulu. Dari sana dimulailah cerita tentang film-film zaman dulu. Rata-rata orang yang berkomentar kangen dengan film-film tahun 90an.

Film-film yang gue ingat pada masa itu adalah Wiro Sableng, Saras 008, Panji Manusia Milennium, Jin dan Jun, Tuyul dan Mbak Yul, sampai ke Jinny Oh Jinny dan Putri Duyung.

Gue kemudian mikir dikit. Kayaknya film zaman dulu kok variatf ya. Meskipuuuuun, ya itu tadi, aneh-aneh semua. Sekarang kita sibuk menyindir film-film yang katanya jelek, aneh, dan lain sebagainya. Terlebih film buatan tipi ikan terbang itu. Hehehe.

Kayaknya, setelah gue pikir-pikir lagi, film zaman dulu juga sama anehnya. Perbedaannya, dulu kita belum sadar aja. Coba aja bayangin kalau film-film itu kembali ditayangkan. Terlepas dari rasa “reuniannya”, pasti kita ngerasa aneh banget. Ada Wiro Sableng yang ke mana-mana gak pernah make kaus dalem tapi gak masuk angin. Juga Saras 008 yang merupakan persilangan antara siluman kucing dan zebra (lagian belang-belang item putih gitu).

Bayangkan perasaan setan-setan ketika Tuyul dan Mbak Yul ditayangkan pada era ini. Ngeliat salah satu spesiesnya digambarkan sebagai anak botak yang memakai celana boxer kembang-kembang. Yang setiap kali si Tuyul Musuh gagal mendapat harta, dia ngomel medok, “Gagal maning gagal maning son!” Emangnya ada Tuyul dari Brebes?

Anehnya lagi, kenapa Tuyul di film ini cuman nyolong ke rumah si Mbak Yul? Kenapa gak main-main aja ke rumah lain yang lebih gampang dapet harta?

Atau mungkin Tuyul-tuyul ini merasa tertantang karena di rumah Mbak Yul ada si Tuyul Penjaga alias Ucil? Mungkin di suatu malam, pas tuyul-tuyul ini pada rapat, mereka berdiskusi, “Gimana kalo besok kita nyolong di bank?” pertanyaan itu langsung dibantah pemimpin tuyul, “Jangan! Gak seru?! Di bank kan gak ada Ucil (tuyul baik), masa kita langsung kaya gitu aja?” Sungguh tuyul yang sombong. Tuyul ini mungkin punya jiwa parkour yang tinggi. Di mana mereka tidak mau menempuh jalan mudah. Semakin ribet, semakin banyak tantangannya akan semakin keren. Mungkin kalo tuyul ini mesen deliperi kfc, pas mas-masnya bilang, “Baik, akan kami antar dalam 30 menit.” Si tuyul langsung nyeletuk sombong. “Tidak perlu! Biar saya yang ke sana! Naik skateboard! Dengan mata tertutup! Tangan diikat borgol!”



Seinget gue, yang keren dari tuyul-tuyul ini adalah, mereka bisa menyamar menjadi manusia. Mereka tinggal memakai baju, lalu TRING! jadi deh manusia. Eh, atau kebalik ya? Mereka adalah manusia… yang kalo bugil jadi tuyul. Pokoknya gitu deh.

Film aneh lainnya adalah Jinny Oh Jinny. Kalau tidak salah, dia adalah jin yang ada di dalam kerang (sampe sini aja udah aneh). Bukan hanya asal-usulnya yang aneh, dandannya juga terasa berlebihan. Sebagai seorang pakar jin multi nasional, menurut gue pakaian si Jinny ini terlalu seksi dan… trendi. Sebagai jin perempuan seharusnya dia bisa menjaga auratnya dengan lebih baik. Seperti misalnya, ke mana-mana make mukenah.



Berbicara tentang jin tidak lepas dari film Jin dan Jun. Gue masih inget dulu ketika duduk di depan tv, sewaktu filmnya baru mulai, gue selalu menyanyikan soundtracknya bersama-sama, “Aku adalah jin dari Timur Tengah!” Setelah beberapa tahun lamanya, ketika gue dewasa dan akil balig, gue baru sadar kalo dulu gue ditipu mentah-mentah. Kampret! Mana ada jin Arab ngomong bahasa Indonesia? Dasar jin imigran. Kalau memang si jin ini berasal dari Timur Tengah, seharusnya sebelum soundtrack dimulai dia ngomong, “Ane adalah jin dari Timur Tengah! Alif laaam miim…

Jadi, sebenernya film-film zaman dulu sudah membawa bibit-bibit keanehan. Cuman berhubung masih kecil dan gak ada yang sadar, kita have fun aja nontonnya. Iya nggak sih? Eh?
Share:

53 comments:

  1. “Tidak perlu! Biar saya yang ke sana! Naik skateboard! Dengan mata tertutup! Tangan diikat borgol!” ini apa? Tuyul apa limbad coba?

    Hahaha, kalo gue pemilik jinny oh jinny, gue gagal deh ngendaliin iman gara gara seksi gitu. Errr..... Gue bakal beliin mukenah sama cadar. Terus gue kirim jadi pejuang ISIS. Hahaha :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi diana pungki emang ngegemesin sih hahahhahaa

      Delete
    2. Tuhkan dii, cewek aja ngakuin itu kok :v

      Delete
    3. Iya nih gak ngerti lagi gue. :))

      Delete
  2. BANGKAI! HAHA Dah lama gak baca tulisan lu yang se asik ini lagi bang. Segala naek skateboard tutup mata tangan diiket.

    Film favorit lain di tahun 90an itu si Yoyo. Kadang bikin gue sedih kalo si Yoyo nya lagi dimarahin ama bapaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, inget Yoyo yang culun itu, gue juga jadi ngakak sama Anjasmara yang jadi Cecep bloon. Huwahaha. XD

      Adi memang bangke, ngingetin gue sama film jadul. Ngakak sendiri.

      Hmm, menurut gue, sebenernya film dulu memang aneh. Cuma nggak terlalu lebay seperti sekarang. Dulu lebih ke komedi. Niatnya untuk menghibur. Sekarang ke cinta-cintaan terus. Sedih liat anak SD sekarang udah pada begitu. Gue SD mah apa, nggak tau cinta. Taunya main berubah-berubahan power rangers. Rebutan jadi ranger merah. :')

      Delete
    2. Eh, gue salah komen. Malah bales komen orang. XD

      Delete
    3. Doni: Gue malah lupa Yoyon itu yang mana. :))
      Yoga: Dulu cecep ceritanya apa sih ? gue lupaa. Bukannya cinta-cintaan juga ya. Cuman sekarang kita aja yang bikin gembar-gembor. Kasian anak kecil ya. :(

      Delete
    4. yoyo itu yang jadi teuku ryan deh, terus cewenya istrinya ndiri si vira yuniar kalog ga salah..duh khatam bener ya saia film2 90-an :DD

      Delete
    5. haha iya mbak yoyo itu diperankan oleh teuku ryan,duh postingan ini mengajak kita-kita yang lahir di tahun 90-an bernostalgia pada film dimasanya :D

      Delete
  3. hahaha...hasyem..
    Eh itu, kan emang tugasnya tuyul-tuyul itu buat nangkepin ucil, bukan buat nyuri. Makanya pergi ke rumah mbak Yul mulu. asal ada ucilnya.

    Kalo kata tetangga sih, kalo dibanding film-film ini, sinetron sekarang itu banyak tentang dendam dan rebutan warisannya. makanya lebih mendukung film ini yang lebih banyak ngehadirkan kelucuan. ya... mesti gak lucu-lucu amat.

    ReplyDelete
  4. Njir. Gara-gara Gerhana juga topik blog saya sampe ngebahas sinetron-sinetron fantasi jaman dulu kayak gini. Makanya kalau adik kita suka GGS, jangan dihina. Tapi langsung dijual aja tipinya. Hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dulu nyang main cakep dah si pierre roland ama dinna lorenza
      trus peggynya juga nambahin rame

      Delete
    2. Ini gustyanita hapal beneeer. :))

      Delete
  5. Hahaha tontonan waktu gue kecil

    Dulu, temen temen gue sering niruin gaya si jinny oh jinny
    hahaha lucu kalo inget

    ReplyDelete
  6. Haha. Betul, yang bikin kita merasa tayangan-tayangan saat ini jelek adalah nostalgia kita sama tayangan-tayangan 90an, seperti yang lo bilang tadi: ketika kita belum sadar. Biarlah anak-anak sekarang bernostalgia nanti dengan tayangan Sopo Jarwo, Upin Ipin, dkk.

    By the way, itu Samson sama Pampam memang ditugaskan menculik Ucil karena Ucil nggak mau nyolong, makanya dia harus ditangkap dan dibawa ke gunung kembali ke bos para tuyul supaya dihukum...

    Adityar. pakar tuyul.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iyaa di komen atas udah ada yang bilang. ._.

      Delete
    2. Baiklah. Kalau begitu tugasku di sini sudah selesai.

      *terbang pakai poni*

      Delete
  7. iya sih, kalo ditayangin ulang juga bakalan aneh lagi.
    gue baru sadar juga, itu jin dari timur tengah kenapa ngomong bahasa indonya lancar banget yak? dia kursus kali tuh.

    yg gue ga abis fikir, yg wiro sableng itu sih.... klo skrg dnger lagunya lagi, gue knpa jdi mrinding sndiri ya. tkut ada org yg pake seragam putih'' tnpa kaos dalem, pake iketan rambut, kmna'' bawa kampak, tiba'' mncul di depan gue. ini jagoan, atao tukang begal?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wiro sableng nggak naik motor kenapa jadi tukang begal. :")

      Delete
  8. Kalau aja Jinny oh Jinny tayang sekarang, pasti dapet teguran KPI tuh.
    Yg pasti GGS pun nantinya akan jadi ajang nostalgia anak kecil sekarang yg bakal dewasa nanti.

    ReplyDelete
  9. film tuyul dan mba yul itu kenapa selalu kesana karena emang tujuannya buat nangkep ucil buat diserahin ke raja tuyul gegara si ucil ngebangkang, dia tuyul tapi gak mau nyuri. makanya ditugasin si samson dan pampam atau sontol dan bongol (awalnya) buat nangkep si ucil. bukan mau nyuri. gitu.

    btw akhir-akhir ini banyak tulisan blog yang ngebahas tahun 90'an ya, ditwitter juga sempet rame bahas tahun 90'an ini. tumben, ada apa ya kalo gabole tau?

    ReplyDelete
    Replies
    1. SEKALI LAGI ADA YANG KOMEN GINI PAYUNG CANTIK POKOKNYA GAMOTAU.

      Delete
  10. Ketauan lu udah tua sekarang, Di!

    Gue sih ga tau siapa mereka, maklum masih ABG

    ReplyDelete
  11. Naek skateboard? Tulisan yang menyiratkan kerinduan pada Deva. Muahahah. :P

    ReplyDelete
  12. Hahaha.... Tuyul & mba yul, jin & jun, jinny oh jinny. Semua film tentang makhluk astral yang selalu gue tunggu2... dan gue rasa film2 itu jauh lebih baik ketimbang sekarang, kalau gue juga baru sadar ketipu oleh film2 tersebut berkat postingan ini..... hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Postingan ini menyadarkanmu. Iya, sama-sama ya.

      Delete
  13. Gue cuma tau judulnya aja. Ya, dulu masih kere dan belum punya tipi yang bisa dapat stasiun tv yang isinya acara dangdut memakan waktu. Nonton Wiro Sableng aja dulu make disk CD, bukan parabola.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hah seriusan? emang tinggal di mana dan umur beraoa?

      Delete
  14. Wahahaha, kalau dipikir-pikir iya ya bang. kok aneh juga ternyata film jaman dulu -_- tapi gue sewaktu kecil ya ngikutin aja, karena masih kecil dan dongo belum tau apa-apa mungkin ya ._. kalau sekarang mah, sinetron-sinetron ya gue semprot ajah wkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah masalahnya itu, gak maju-maju. Jadi ya gini.

      Delete
  15. Dulu sih saya tontonan nya pernikahan dini, kecil kecil jadi manten, sama sinetron2 ABG lainnya buahahahaha gak ngerti kenapa ini otaknya waktu kecil udah diracunin sama drama kehidupan, taik emang wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha haduh mbak ini omongannya kasar sekali. ckckck.

      Delete
  16. Meskipun aku begitu menjadi orang yang benar2 merasakan era 90-an. Tapi aku yang sebagai orang yang hidup di era transisi juga pernah sedikit mengenal film2 diatas. Dan memang legendaris banget!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha kalo tahun kamu emang yang rame film apa pas masih kecil?

      Delete
  17. Begini ya. tuyul2 itu ke rumah mbakyul bukan buat nyolong.. tapi emang tugasnya buat nangkep si ucil itu..

    *DAPET PAYUNG WOOOY*

    ReplyDelete
    Replies
    1. YES?! KAN MAKSUDNYA GUE YANG DAPET PAYUNG!! HAHAHA KAU TELAH KUJEBAK WAHAI PUNGKY SI ANAK MALANG!!

      Delete
  18. Ya ampun gue rindu banget masa-masa ituuuu -______- sinetron sekarang mah isinya binatang semua -.-

    ReplyDelete
  19. aku lahir di akhir tahun 90an, jadi kurang tau banyak ceritanya tapi sempet nonton sebentar sebelum akhirnya menghilang selamanya (?)
    iya juga kalo dipikir pikir itu film 90an juga aneh aneh sih. btw kalo film jinny oh jinny, bisa disensor kali badannya sama KPI ._. mungkin ide untuk memukenakan si jinny bisa jadi ide bagus haha

    ReplyDelete
  20. tahun 90an lebih nonton ke kartun sih, sama dengan serius ngikutin keluarga cemara. ((dengan serius))...

    oh dan jangan lupakan Mr. Hologram!
    adakah yang tau Mr. Hologram selain saya? hahaha

    ReplyDelete
  21. Thun 90an.. Hm... Lebih seneng film kartunnya sih Hihihihi.. Maklum masih bocah..

    ReplyDelete
  22. ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬
    Jadi ingat zaman dulu.
    Ah, pengen juga nostalgia nonton film-film ini
    ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬

    ReplyDelete

Jangan lupa follow keriba-keribo dengan klik tombol 'follow' atau masukin email kamu di tab sebelah kanan (atau bawah jika buka dari hape). Untuk yang mau main dan ngobrol-ngobrol, silakan add LINE di: @crg7754y (pakai @). Salam kenal yosh! \(w)/