Thursday, December 4, 2014

Blogger Comments

Ada satu permasalahan besar yang melanda setiap blogger,
Blogwalking.

Sewaktu awal-awal ngeblog, gue tahu bahwa di belahan dunia lain sudah banyak blogger bertebaran. Bahkan tidak sedikit yang tulisannya keren-keren. Tetapi satu masalahnya: gue tidak tahu alamat blog mereka. Mereka pun akhirnya membuat tab blogroll supaya lebih asik dan mudah mengunjungi blog temannya. Sementara gue bingung harus mencari blogger-blogger ini ke mana. Gue buta sama sekali.

Sekarang semua permasalahan itu sedikit demi sedikit sudah terpecahkan. Mulai banyak komunitas blogger yang terbentuk. Kamu dapat masuk ke sana dan bertemu dan mengobrol dengan teman sesama blogger. Tetapi, untuk blogger yang masih baru (termasuk gue), selalu saja ada kesulitan masuk di habitat tertentu. Sejujurnya, gue sendiri pernah “melompat” dari satu komunitas blogger ke komunitas yang lain. Ada yang karena emang gue jarang posting, ada juga yang gak sreg sama peraturannya.

Padahal gue merasa,
ngeblog itu bebas.

Sampai sekarang gue ngeblog dengan ngasal dan suka-suka. Gue mengikuti PD James yang mengatakan bahwa untuk menulis, tulislah apa yang kita mau tulis. Bukan apa yang sedang populer atau apa yang kamu anggap itu akan laku.

Ironisnya, gue senang membaca tulisan orang-orang yang seperti itu. Gue tidak menyalahkan atau memaksa orang untuk menulis secara tulus. Semua orang bebas mau menulis untuk apa saja. Tetapi, sadar atau tidak, gue merasa bahwa ada masa-masa tertentu kita menulis seperti itu. Menulis lepas dan tanpa beban. Tidak mengejar target apapun.

Gue banyak belajar ini dari temen-temen blogger lain yang komen blognya sedikit atau yang memang baru berkecimpung di dunia blogger. Mereka menulis untuk kesenangan pribadi. Dan ketika mereka “menemukan” satu komentar di postingannya, mereka bakal girang banget.

Yaiyalah orang nulis iseng, eh ada yang respons.

Gue juga sampe sekarang masih bingung. Kok masih ada aja yang komen di blog gue ya? Hehehe.

Dan ternyata, baru-baru ini gue menemukan satu aplikasi yang memudahkan kita untuk saling berkomunikasi. Dan, seriously, gue kagak dibayar untuk nulis ginian. Yang bikin aplikasinya juga si Sandy, temen sesama blogger (Sandy, kalo butuh nomor rekening gue kirim email ya!). Hahaha. \:D/

Jadi, dia membuat sebuah aplikasi di platform android yang memudahkan kita untuk blogwalking dan berkomentar. Nama aplikasinya Blogger Comment. Gue udah nyoba dan memang keren. Gue jadi bisa dengan gampang numpang nyampah dan ngerusuh di postingan orang dari hape. Kerennya lagi, aplikasi ini enteng dan nyambung ke Twitter. Jadi, kalian bisa menemukan blog yang dipromosikan melalui twitter dengan hashtag tertentu. Kalian tahu lah hashtag apa aja yang sering digunakan untuk update blog. Kayak #HappyBlogging, #UpdateBlog, #DirtySex. Oke, yang terakhir bercanda.

Dan sejujurnya,
gue mulai suka sama blogger sekarang.

Di mana kita mulai sering ngobrol di kolom komentar. Bukan komen sekadar sebagai pertanda “men, gue udah baca tulisan lo. Ini buktinya, gue udah komen. Lo balik komen ke blog gue ya.” Daripada harus komentar seperti itu, gue cenderung lebih suka komen yang rusuh. Yang seperti emang ngobrol antarteman.

So, let’s hit this blogging fuckin world with this fuckin application!

--
Pindah tema. Kemarin mulai banyak yang ngasih usul nama karakter dari project terbaru gue, ebook interaktif. Mulai dari Budi, Nobi, Pikiran aja sendiri. Eh, yang terakhir mah maksudnya gue disuruh mikir sendiri ya?

Pokoknya ada beberapa nama. Bahkan ada juga yang narsis minta namanya sendiri dijadiin nama karakter utama dalam project ini. Tetapi, setelah gue pikir-pikir, ide terakhir adalah yang paling keren. Makasih Yoga AS! Kenarsisanmu membuahkan ide brilian di otak gue.

Jadi, karena kenarsisan si Yoga ini, gue berpikir. Kenapa enggak gue membuat cerita yang seolah-olah ini adalah dunia kita sendiri. Jadi, kita lah si tokoh utama. Kamu yang memilih hidup kamu. Kamu yang menentukan akan berjalan ke arah mana. Kamu dapat menjadi diri kamu sendiri di sini, tentu dengan karakter yang sudah gue setting. Lagian, itukan artinya interaktif?

Walhasil, gue tidak akan menamai karakter ini dengan siapa-siapa. Ini adalah kamu, dengan pilihan-pilihan kehidupan yang ada di tangan kamu. Sepertinya tulisan ini juga ngejawab pertanyaan salah satu orang kemarin:

Nurizka Tresna December 3, 2014 at 11:38 PM
E-book lo semacam kayak video clip Coldplay gitu ya ka? yg jalannya kita yg nentuin. Bedanya ini tulisan, dan jadi penasaran. :D

Well, meskipun gue gak tahu video clip Coldplay yang mana, tetapi kurang lebih gitu deh. And yeah it’s so free. Kalian bebas mendownload ini. Gue sih saranin kalian harap bawa kantong plastik aja, soalnya akan banyak komedi yang absurd dan cenderung dark. Hehehe. Kebawa film kemarin nih.

Oya, makasih juga untuk yang kemarin udah doain gue sama Deva biar langgeng. Gue juga gak kerasa ternyata udah sebulan lebih. Padahal serasa baru 30 hari. Hmm.

Okedeh,
Kresnoadi, cabut.


Ps: Kalau kalian mau tahu dulu kayak apa aplikasi Blogger Comment itu, silakan baca postingan Sandy ini.
Share:

62 comments:

  1. Sial! Aplikasinya keren abis! *buru2 download. Ngeblog bakal rame nih kayaknya. Soalnya dalam pikiran sebagian orang, blogwalking enaknya lewat laptop. Sementara buka laptop aja jarang. Cotohnya gue. *kenapajadicurhat

    Kayak video bena juga. Judulnya kencan interaktif. Sama mortal kombat kalo ga salah, yg maem poconggg sama alitt.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Intinya sih gini: orang2 beranggapan bahwa blogwalking adalah pekerjaan tersendiri. Jadi harus niat nyisihin waktu luang khusus untuk blogwalking. Dengan ini ditaruh di hape blogwalking jadi sekadar kayak kudapan. :))

      Delete
    2. Nah, singkatnya begitu.

      Kalo pake aplikasi itu, blogwalking pun jadi semudah ngupil.

      Delete
    3. Hooh. Tinggal nunggu sync ke wordpress aja. \:b/

      Delete
  2. Hahahah... komentar yang lumayan menohok. tapi membangun. hehehe. Padahal yang komentar begitu belum tentu punya karya ebook. heheh Sukses Bro

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha gue gak ngerti sih komen lo maksudnya apa. \:p/
      Amin!

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue juga gak tau kenapa gue masih komen di blog ini. Trus gue ngapain nge-reply komen yang sudah dihapus? Apa yang salah sama hidup gue?
      Itu apllikasi android ya? Hape gue rusak *curhat* Gue malah tertarik di bagian project interaktif itu...

      Delete
    2. Kepada Adityar yang dimuliakan, gue juga gak tahu. Silakan tanya kepada rumput yang goyang gayung.

      Hmm kalo gitu ditunggu aja. :)

      Delete
    3. Dari beberapa postingan kemarin gua perhatiin komennya Deva lu apus mulu dah. Emang kenapa? Belom lulus sensor ya?

      Delete
  4. hahahaha sama-sama bang Adi :) semoga lancar membuat karyanya.. :D aamiinn
    wih ada aplikasi beginian ? kereenn! tapi gue lebih suka pake laptop sih terus terang.. haha

    ReplyDelete
  5. Wah pengen coba deh aplikasinya ^^ eh buat ebook apa si? mau baca dong!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobain aja. Enteng kok cuma 2MB. Ebook yang mana nih. Personal literature ada di tab ebook, kalau ini masih dibikin. :)

      Delete
  6. Gue juga lebih suka komenan yang rusuh. Asik aja nanggepinnya. Dan tanpa sadar, kadang gue juga suka rusuh di blog orang.

    Eh, kayaknya boleh dicoba tuh aplikasi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini aja lo ngerusuh di tempat gue! Pergilah kau Ajiii!!

      Delete
    2. Maafkan saya kisanak.
      Gue pergi, tapi nanti pas balik, ngerusuh lagi \:p/

      Delete
  7. Wah bagus nih, jadi mempermudah berkomentar di blog orang

    ReplyDelete
  8. Itu aplikasinya nyedot kuota nggak?

    ReplyDelete
  9. Jujur aja, sampek sekarang aku belom pernah ikut komunitas blogger, Di. Aku pemalas, apalagi kenal-kenalan. Wkwkwk :D Kendala ku hp masih bb jadi ngga bisa donlot app keren ini. Kampret. Padahal Bang Sandy tuh uda bikin app yg keren. Huhuhu.. :'( *komen di warnet*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Komen di warnet? Gila niat banget kau beb. Kau orang punya rasa budi pekerti yang baik rupanya..

      Delete
    2. Iya dongs. Sayang aja ngga ngaruh ke kelancaran skripsi ku. Ihik :'

      Delete
  10. Kemaren aku mo donlot kok ga bisa ya bang Adi? Apa karena os ku masih Ginger Bread ya? :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah gak ngerti drh gue. Coba aja hubungin Sandy-nya langsung..

      Delete
  11. Azekk bang!
    Ini gue komen pakai apk blogger coment, praktik banget.

    ReplyDelete
  12. Nais inpoh!! Sakseus buat projeknya yang nggak berenti-berenti yah.. Haha..

    ReplyDelete
  13. Gua udah baca di postingannya Sandy juga, Di. Ternyata belum sync ke wordpress ya. Tapi emang sih di wordpress udah ada aplikasi macam ini, dulu gua pake, dan emang jadi ngemudahin banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue udah usul biar sync ke wordpress juga sih. Biar makin seru!

      Delete
  14. wuah, akhirnyaaa.... pas banget bro, gue lagi nyari blog yang full comedy kayak Kevin Anggara, semutboy, dll yang merupakan blogger kreatif. thanks atas pemberitahuannya :v /

    ReplyDelete
  15. Kerentuh bang!. tapi syang gue blom punya hp android hem padahal gue penge tuh alikasinya hm gpp dah buat ngayal dulu aja siapa tau yg maha kuasa ngasih hp android lewat paket pos. atau jatoh turun dari kapal yg sering lewat deket rumah gue hehe. makasih bang infonya sangat membantu :D. sukses selalu

    ReplyDelete
  16. Oh aku tau! Mas Adi pasti kemaren menclok di blog saya gegara aplikasinya mas Sandy. Mesti begitu. Haha..

    ReplyDelete
  17. Pengen punya Aplikasinya, tapi.. hp gue hp jadoell. Mas,di! beliin Mas!! :p

    ReplyDelete
  18. Asiik, ga repot lagi kalo mau komen..

    tapi aplikasi-nya belum bisa kepake pak.. :|

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, belum sync ke wordpress nih. Huhuhuu.

      Delete
  19. saya senang kalau orang berkomentar di blog saya, tetapi saya lebih senang lagi kalau komentar tersebut seperti yang ente bilang bro, seperti diskusi sama teman aja..
    beberapa hari lalu saya mengalami pengalaman yang kurang enak, komen di blog orang tapi orangnya kayak nggak senang gitu, mungkina cara komentar saya yang kurang "ramah", but however, kalau udah nulis di media online, kita harus siap dengan berbagai macam komentar, harus lihai mengendalikan situasi... bukan malah membuat orang jadi malas mau datang lagi... #jadicurhatjugaya :p

    ReplyDelete
  20. Wah bisa komen di blog org, bs makin hitz nih.. hehehe

    ReplyDelete
  21. hebat tuh kang sandy bisa bikin aplikasi begitu,, kreatif bgt :D
    btw soal ngeblog sih, aku suka nulis kalo ada ide plus juga buat kesenangan pribadi doang, belum berani untuk jadi ajang nyari duit.. masih belum sanggup buat dikejar deadline -__-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha. Gue juga sampe sekarang cuman kesenangan pribadi, tapi kalo ada yang mau ngasih duit ya monggo. :)

      Delete
  22. Wheew... Ternyata ada ya aplikasi kaya gitu... Baru tau gue.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Demikianlah ilmu Anda bertambah ketika membaca blog saya.

      Delete
  23. patut untuk dicoba itu aplikasi blogger comment nih biar bisa blogwalking ke blog2 yang menarik.

    ReplyDelete
  24. aplikasinya keren juga,perlu di coba nih :)

    ReplyDelete
  25. kalo gue sih nulis dengan apa yang gue rasain kebanyakan, curhat sih intinya, tujuannya ya buat nanti dibeberapa tahun kedepan gue mau liat liat lagi kisah klasik gue dimasa lalu, feelnya gimana gitu hhe... aplikasinya emang simple praktis dan keren pastinya :D

    oke salam kenal.. *bersulang

    ReplyDelete
  26. Komen itu ibarat "obat betenya para blogger" hahaha bener gak ?
    eh tapi kalo gue suka bacain blog orang. Tapi jarang komen. Gitu salah gak sih ? :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali, tapi kadang bikin bete juga kalo komennya gak jelas. :))
      Hahaha ya gak papa laah.

      Delete

Jangan lupa follow keriba-keribo dengan klik tombol 'follow' atau masukin email kamu di tab sebelah kanan (atau bawah jika buka dari hape). Untuk yang mau main dan ngobrol-ngobrol, silakan add LINE di: @crg7754y (pakai @). Salam kenal yosh! \(w)/