Sunday, September 28, 2014

H-7 Ebook Keriba-Keribo!

Masih nyambung di postingan sebelumnya, ternyata banyak juga yang ngerasa senasib. Maka di postingan ini gue tegaskan: orang yang kena ADD itu tidak berbahaya! Kecuali dia ADD… dan sering nonton Ganteng-Ganteng Serigala.

Kemaren ada yang nanya tentang ciri-ciri orang yang kena ADD. Ini dia komentarnya:

Sepatu Kiri September 26, 2014 at 12:06 PM

Setelah baca ini kayanya harus banyak cari tau soal ADD, kok beberapa ciri yang bang adi sebutin diatas mirip-mirip sama aku :(

Tanggapan gue:

Ciri paling gampang pengidap ADD: hiperaktif. Pengidap ADD (atau ada juga yang menyebut ADHD) cenderung ingin mengerjakan semuanya secara langsung dan brutal. Alhasil, jadi sering nggak fokus. Waktu lagi ngerjain proyek A, eh tau-tau kepikiran proyek B. Namun sesungguhnya, ADD ini sama sekali tidak perlu ditakutkan. Kalo kita bisa ngontrol malah bisa jadi bagus. Karena para pengidap ADD cenderung ingin ‘mengeluarkan sesuatu’ dari kepalanya. Salah dua orang yang gue tahu mengidap ADD juga: Pandji Pragiwaksono dan Petra Gabriel Michael (“Jebraw Jalan-jalan Men”).

So, don’t worry be happy, guys. :)

Lanjut bahas yang lain. Sekarang udah H-7 rilis ebook keriba-keribo versi berbayar. Setelah kemaren merenung nentuin tanggal dan akhirnya kepilih 5 Oktober, gue baru sadar kalo 5 Oktober itu barengan Idul Adha! Artinya orang-orang bakal pada menggal pala kambing sama sapi. Mudah-mudahan aja begitu ebook gue keluar nanti nggak ada yang pengin menggal palanya sendiri (horor).

Di postingan kali ini gue pengin ngasih bocoran dikit tentang bedanya ebook versi berbayar dengan yang kemaren sempet gue bagiin selama sebulan. Kalau diibaratin, ebook kemarin adalah sebuah meja kayu yang baru selesai dirakit. Sudah jadi meja dan bisa dipakai, tetapi belum dicat. Belum kinclong. Sementara yang nanti akan keluar adalah sebuah meja yang telah diampelas berkali-kali sampai halus, kemudian dicat dan dimasukkan harta karun (harta karunnya berupa extras) ke dalam kolongnya. Jadi bisa gue pastikan yang berbayar nanti akan jauh lebih bagus dibanding yang kemarin.

Untuk yang kemaren udah download dan bukan blogger, gue tidak menyarankan kalian untuk membeli ebook berbayar ini. Kenapa? Karena dari segi cerita tidak terlalu banyak berubah. Isinya tetap 10 bab yang kemarin (hanya ditambah 2 cerita di bagian extras). Tapi kalo mau liat apa aja perubahannya antara yang lama dan yang baru, ya silakan dibeli. Yang jelas, seperti yang gue bilang tadi, meja yang ini sudah diampelas sampai halus dan dicat dengan baik. Selain itu, cerita di dalam ebook yang baru lebih dibuat ramping dan tidak terlalu ‘gemuk’. Gue menghapus paragraf-paragraf yang redundan atau yang memang sebaiknya dibuang aja. Salah satunya ini:

Berbeda dengan Kora-Kora dan Istana Boneka, tempat mengantri Niagara-Gara ini berada di dalam ruangan. Sekatnya melingkar-lingkar. Sekat yang lebarnya persis sepinggang itu membuat para pengantri tidak dapat bergerak leluasa. Jarak tiap orang yang hanya beberapa senti semakin mempersempit ruang gerak. Padat. Takut saling tabrak, para pengunjung akhirnya berjalan dengan gaya penguin.

Untuk kalian yang kemaren udah download dan blogger, gue saranin untuk tetap beli yang berbayar. Soalnya di extras ada referensi-referensi yahut yang gue pakai dalam membuat ebook ini. Baik itu tentang menulis, membuat joke, maupun teknis pembuatan ebook serta marketingnya. Yah, meskipun gue masih cupu, tapi gakpapa. Namanya juga berbagi. :)

Nah, ini yang paling seru. Untuk yang di ebook berbayar mengharapkan agar tulisan gue lebih lucu, kalian harap kecewa. Gue justru memangkas beberapa joke di ebook yang baru. Kalau kalian mengingnkan komedi yang haha hihi seperti menonton The Hangover atau 21 Jump Street, kalian tidak akan mendapatkannya. Kalau kalian suka komedi romantis seperti 50 First Dates atau Cinta Brontosaurus-nya Raditya Dika, ebook ini cocok untuk kalian.

Untuk yang kemaren belum download, tanggal 5 nanti silakan dihajar!

Sekarang bagian yang menegangkan sekaligus mengenaskan. Sejujurnya, ebook berbayar belum selesai seluruhnya. Sekarang udah sekitar 90% sih. Tapi tetep aja, deg-deg ser. Malah ada beberapa konten di bagian extras yang belum gue tulis. Belum lagi harus ngebuat konten-konten lain seperti interlink (rencananya, di ebook ini kalo dipencet judul bab di daftar isi akan otomatis menuju bab tersebut, jadi kalian nggak harus capek-capek scroll lagi) yang berarti seluruh isi ebook harus udah selesai dibuat.

Jadi, supaya tetep kekejar, selama seminggu ke depan gue bakal ngebuat semacam diary di blog ini. Gue akan membuat postingan setiap harinya tentang apa-apa saja yang gue lakukan terhadap ebook keriba-keribo. Ini kayak bakal bener-bener real time gitu. Bisa tentang ngapus paragraf, re-write, mengisi konten, atau apapun sampai ebook ini benar-benar jadi 100% dan rilis tanggal 5 Oktober nanti.

Beberapa hari yang lalu gue dapet email ini:

Hallo, bang Adi.


detik ini, ketika gue ngetik email ini, itu artinya gue baru khatam baca ebook karya abang. keren banget dan penuh ke-macho-an. cadas abis pokoknya. cerita yang paling gue suka itu cerita yang terakhir. dan yang paling gue suka adalah :


"Bukan lagi sedih juga sih. Gue lagi nggak ngerasa apa-apa. Feels nothing. Tau kan, saat di mana kita pengin diem aja. Dieeeem aja bener-bener diem. Biarin orang ngelakuin semua kegiatannya dan kita cuman pengin nontonin mereka. Bukan jadi ‘bagian’ dari sistem yang ada."


itu gue banget. jarang ada yang sama2 bisa ngerasa kaya gitu. kampret lo, bang.

 oh, iya. gue ada pertanyaan buat abang. cuma pengen tau pendapatnya aja sih tentang makin banyaknya blogger yang menurut gue sih ini ya, cuma ikut-ikutan doang. well, mungkin mereka terinspirasi sama salah satu blogger yang inisialnya Raditya Dika *eh* atau bang Alit, atau yang lainnya. dan mereka blogging itu bukan karena passionnya mereka sendiri, tapi ada kepentingan tertentu. menjadi terkenal, misal. ya, sekedar pengen tau aja sih pendapat abang gimana. 


mungkin itu yang bisa gue sampaikan dan tanyakan. tetap berkarya ya bang, ditunggu ebook selanjutnya. Salam Kreatif! :D

Tanggapan gue:

Terima kasih sudah membaca ebook gue secara legal! Buat gue pribadi, sebetulnya sah-sah aja apapun motivasi blogger untuk ngeblog. Entah itu mau terkenal, mau dagangannya laku, mau karena disuruh orangtua (emang ada ya?). Pokoknya, apapun itu, sah-sah aja. Sejauh cara mereka ngeblog betul dan mengikuti kaidah keperbloggeran. Kayak misalnya, nggak boleh copas tanpa seijin pemilik tulisan, nggak nge-spam, de el el. Seiring dengan berjalannya waktu, akan keliatan kok mana yang bertahan mana yang enggak. Yang nggak boleh adalah ketika si orang ini pengin terkenal, tetapi menggunakan cara yang salah. Kayak misalnya, nge-gym sampe berotot lalu ngajak berantem tukang sayur depan komplek.

Waduh, panjang juga postingan ini. Okedeh. Cukup. Kresnoadi, ciao.

Share:

18 comments:

  1. Wes ditunggu e-book berbayarnya. Kira2 mau matok harga berapa ini bang? :D

    ReplyDelete
  2. Wuih, yang berbayar udah mau rilis..

    *belum baca e-book-nya*

    ReplyDelete
  3. Asoy.. produktif banget nih manfaatin waktu nganggurnya.
    Ditunggu ebook berbayarnya!

    ReplyDelete
  4. Jangan tingg-tinggi amat ya, Di, harganya.

    ReplyDelete
  5. hahahaha handsome handsome werewolf :)))))))))))

    ReplyDelete
  6. Wih makin keren aja nih keriba-keribo! semoga banyak yang download ya :DD

    ReplyDelete
  7. Di, e-booknya nanti boleh ngutang kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh. Tapi nanti link-nya dikasih setelah bayar ya.

      Delete
  8. Wah... udah mau rilis ternyata. Semangat, Di memberikan yang terbaik buat keriba-keribo lovers.. :))

    ReplyDelete

Jangan lupa follow keriba-keribo dengan klik tombol 'follow' atau masukin email kamu di tab sebelah kanan (atau bawah jika buka dari hape). Untuk yang mau main dan ngobrol-ngobrol, silakan add LINE di: @crg7754y (pakai @). Salam kenal yosh! \(w)/