Monday, September 29, 2014

H-6 Ebook Keriba-Keribo!

Seperti yang gue bilang di postingan kemaren, postingan ini akan berisi apa-apa saja udah gue kerjakan untuk ebook keriba-keribo nanti.

Jadi, hari ini kerjaan gue ngebuat efek blur untuk ebook versi gratisan. Versi yang ini adalah sampel ebook yang bisa kalian download nanti secara gratis. Berbeda dengan yang kemarin, versi gratisan ini tidak full. Gue sudah ngebuat banyak blur di ceritanya. Dan itu sumpah bikin mata jereng. Jadi, dari 200 halaman yang ada, gue membuka satu per satu di corel, lalu membaca ulang, mikir mana yang kira-kira pantas buat disembunyiin. Ketika nemu yang cocok, halaman tersebut gue ubah formatnya menjadi bitmap, baru deh dikasih efek blur. Ini bener-bener satu-satu gitu. Capek. Kayaknya ini adalah salah satu kerjaan yang paling menghabiskan waktu selama gue mengerjakan ebook ini. Sampe sekarang aja belum beres semua. Hoaaah. Mudah-mudahan nggak bikin mata minus.

Karena gue juga nggak jago make Corel Draw, alhasil banyak kalimat yang nggak sengaja kegeser. Jadi antar kata-katanya saling numpuk gitu. Dan gue gak tahu cara balikinnya. Hehehe. Jadi semisal kalian nanti nemu kalimat yang numpuk dan gak jelas, ya terima aja. Namanya juga versi gratisan. \:p/

Dari segi cerita, gue udah gak mau mengotak-atik lagi. Gue hanya tinggal ngerampungin bagian extras. Hari ini gue ngebuat cerita tentang bagaimana pemasaran ebook ini dilakukan. Sekarang baru jadi tiga halaman, tapi lumayaan. Sedikit-sedikit tapi maju terus. Gue sebisa mungkin menuangkan semua yang sudah gue pelajari. Tentunya diracik supaya orang yang baru menjadi blogger atau pengin ngebuat ebook juga bisa mengikuti dengan lancar.

Yak, mari lanjut lagi.
Eh iya, ada yang punya rekomendasi lagu bagus buat nemenin nulis nggak ya?

Share:

7 comments:

  1. Bener2 perjuangan yang gak mudah ya... harus telaten... tetep cmunguuudh~

    ReplyDelete
  2. Gilak bang, perjuanganmu ekstra keras banget :D sukses bang. semangaaaaat :D

    lagu bagus buat nemenin nulis itu lagunya Afternoon talk, Queen, Teman sebangku. banyaaaak bang :p

    ReplyDelete
  3. Ngebacanya aja udah ngerasa gimana capeknya. Huft. Terus berzuang untuk berkarya!

    ReplyDelete
  4. lagu yang bagus buat nemenin nulis? lagu-lagunya payung teduh sama for the foxes boleh tuh.
    Btw, zemangat untuk ebook nya!

    ReplyDelete
  5. satu - satu bang
    gileeee
    nih bang gue recomend lagu lagunya tulus
    mungkin cocok buat temen nulis

    ReplyDelete
  6. Ternyata agak ribet juga ya.. gue bantuin doa deh ka, semoga cepet kelar :P

    ReplyDelete
  7. Usaha kerasa itu tak akan menghianati, Di. Eh, udah kayak lagu JKT48.

    ReplyDelete

Jangan lupa follow keriba-keribo dengan klik tombol 'follow' atau masukin email kamu di tab sebelah kanan (atau bawah jika buka dari hape). Untuk yang mau main dan ngobrol-ngobrol, silakan add LINE di: @crg7754y (pakai @). Salam kenal yosh! \(w)/