Saturday, August 9, 2014

Sastra Ini Sastra Itu

Gue baru aja nyelesain buku Hanya Kamu Yang Tahu Berapa Lama Lagi Aku Harus Menunggu. Akhir-akhir ini gue lagi nyobain baca buku-buku sastra. Gue pernah baca katanya, ‘sebaik-baik penulis adalah yang rakus akan bacaan.’ Makanya gue pengin nyoba “makan” semua bacaan.

Tapi kayaknya ekspektasi gue ketinggian, deh. Buku Hanya Kamu Yang Tahu Berapa Lama Lagi Aku Harus Menunggu (iya, judulnya panjang bener. Ngalain panjangnya struk belanjaan cewek-cewek abg pas dapet gaji pertama setelah delapan taun kuliah). Dari buku karya Norman Pasaribu itu, gue cuman nemu satu bab yang menurut gue menohok. Judul babnya Novelis Terkutuk. Sisanya: bikin otak ambeien. Sebelumnya gue lagi demen banget bacain cerpen-cerpennya Afrizal Malna. Bikin kagum sekaligus ngerasa tolol. Soalnya pas beres baca gue langsung bingung sendiri, ‘Anjing, tadi gue baca apaan, yak!’

Buku sastra, menurut Mas AS Laksana, nggak harus ribet dan bikin otak puyeng. Tapi baru baca satu buku, sumsum tulang belakang gue langsung pada moncor dari pantat. Apa gue yang kebegoan kali, ya? Kayaknya kok semua buku sastra gak ada simpel-simpelnya. Padahal IQ gue kan lumayan. Beda-beda dikit lah sama jeruk nipis.

Gue terkadang bingung sama isi otak dari penulis buku-buku sastra. Menurut gue, penulis sastra tuh kayak anak parkour yang kalo pengin ke Bandung harus salto ke bandara, naik pesawat ke Sumatra, nyelem di Danau Toba, naek sepeda sampe Sukabumi… lalu minta gendong Mbah Surip sampe Bandung. Kalo gue yang ngejalanin, udah pasti pala gue keburu meledug pas langkah ke tiga.

Sejauh ini, buku sastra yang paling “terang” menurut gue adalah Filosofi Kopi-nya Mbak Dewi Lestari.

Apa emang sastra harus ribet gitu, ya?

Kalo gitu gue juga mau ah. Kalo cuman harus ribet biar dibilang sastra, gue bakal bikin sebuah cerita pendek, judulnya: ASELOLE JOSS!

Isinya satu paragraf doang. Gue bikin pake liriknya Buka Sitik Jos, tapi pake font wingdings. Gue jamin kelar baca IQ langsung nge-joss.

Bukannya nyalahin para penulis sastra, tapi kayaknya emang tiap baca buku begituan rasanya kok nggak kuat. Pala langsung puyeng. Mata kunang-kunang. Penglihatan mengabur. Oh, ternyata gue kurang darah.

Adapun buku lain yang lagi pengin gue baca adalah For One More Day. Bukunya ngisahin tentang kisah cinta anak dan ibu. Awalnya gue sempet bingung milih dua bukunya si Mitch Albom ini. Antara yang ini sama buku… err gue lupa. Pokoknya buku tentang ketemu lima orang di surga.

Gue kalo ke gramed emang suka gak jelas. Kadang pengin baca buku komedi, eh ngerasa gak ada yang bagus. Sekalinya nemu bagus di Periplus. Dan itu berarti, pake bahasa inggris. Dan itu berarti, mahal. Dan itu berarti, gue harus makan pake rengginang lagi.

Kadang, kalo udah sampe gramed, gue mikir dulu, ‘Hmm… mau cinta-cintaan atau komedi atau sastra ya?’

Jarang banget gue kepikiran buat beli buku-buku sci-fi atau fantasi gitu. Entah kenapa, kayaknya kok ya gue gak dapet aja gitu kalo baca gituan atau nonton sekalipun. Mending ya kartun sekalian. Dulu pas zaman-zamannya Harry Potter heboh, gue malah milih buat di rumah nungguin film Pokemon. Atau pas sekarang lagi rame The Hobit, gue malah nungguin Teenage Mutant Ninja Turtles.

Ada buku model kayak gitu yang bagus buat orang yang otaknya tipis kayak gue gak sih?


Share:

28 comments:

  1. Air Mata Retak- Marhaeni Eva
    Saman- Ayu Utami
    Gadis Tangsi- SUparto Brata (ini trilogi, yang pertama lumayan. lanjutannya cukup bikin puyeng)
    sastra ringan (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm.. bbanyak yang bilang Ayu Utami bagus ya. Boleh dicoba deh.

      Delete
  2. Masalah sastra saya emang ga terlalu ngerti sih. Tapi bicara tentang buku saya lebih seneng sama yang namanya fantasi malah, ngerasa masuk aja ke dalam dunianya. Emang sih imajinasi saya kayanya ketinggian..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah keren. Gue malah bingung gitu-gituan. Harus dipaksa nih. Yosh.

      Delete
  3. gue belum pernah baca buku sastra bang -_- takut puyeng juga haha, trus biasanya juga mahal wkw
    tapi boleh kali ya sekali-kali baca begituan. biar bisa dianggap penulis adalah pembaca yang rakus, rakus ngabisin rengginang macem elo :D

    ReplyDelete
  4. Kalau saya mah yang penting baca. Entah baca kamus, baca AlQuran, baca buku kuliahan, baca LKS, baca novel sampai baca soal ujian yang jadi bungkus gorengan. Selalu ada nilainya kok,

    ReplyDelete
  5. Ada bang, novel komedi bikinannya Jonas Jonasson. The 100-year-old man who climbed out of the window and disappeared. Dari judulnya aja udah menarik banget. Jarang2 nemu novel tebel isinya full komedi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm iya. Tapi kertas bukunya rada gembel gitu ya?

      Delete
  6. Saya juga tidak suka sastra. Kita sama.

    ReplyDelete
  7. kalo gue jawabnya 'Dian Sastra' lucu gak di?
    pasti enggak kan?

    ah gue juga pengen rakus baca buku, tapi dirumah aja ada 6 buku yang belum kelar. :(
    gue harus budayakan rakus nih kayaknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue lebih banyak dari 6 buku malah. :))

      Delete
  8. Otak gue belum mampu buat baca buku sastra.
    Gue sih lebih milih novel komedi daripada sastra haha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha gue juga sebenernya gak suka sih. Biar berasa keren aja pas ditanya oranga, 'Baca buku apa lo?' Gue tinggal jawab mantap, 'Semusim dan semusim lagi!' Paling kalo dia gak ngerti gue dikira baca buku bercocok tanam -___-

      Delete
  9. mungkin penulisnya sudah memetakan siapa calon pembacanya, kalau bukan kategori yang penulis maksud mungkin nasibnya bakal bikin kepala puyeng dan semua organ tubuh mengsle :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha semuanya emang gitu pasti punya pasar sendiri-sendiri ya. :))

      Delete
  10. Wahahaha gue kalo ke gramed paling liatnya novel terjemahan sama liat buku baru sih. Kalo sastra yang begitu belom pernah-_- dan bisa dipastikan gue bakal ga ngerti juga sama bahasanya-_-

    Kalo film fantasi, justru gue suka banget sama film macam gitu! kecuali film fantasi yang alay itu yang dibuat indonesia :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ganteng-ganteng Serigala itu masuk film fantasi gak sih?

      Delete
  11. buku sastra emang bikin mumet :D
    berbahasa indonesia yang baik itu gak gampang

    ReplyDelete
  12. Sastra mah emang gitu. Ribet dan bikin mumet hadeh. Susah sih kalo mau berbahasa indonesia yang baik dan benar. Hahaha.

    Gue ngaku orang indonesia. Bisa bahasa Indonesia. Tapi, gak 'ngerti' Bahasa Indonesia. ahahah.

    Wah.. gue gak tau nih di buku yang bagus. lagi jarang ke gramedia huuhuhu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha nggak papa. Gue juga udah lama gak ke gramed. :))

      Delete
  13. bahaha gile lu ndro.. yauda sih gapapa makan rengginang lagi wkwkwk

    ReplyDelete
  14. Enakan emang baca komik/manga sob, lebih greget dan bikin bahagia, hehehehe

    ReplyDelete
  15. bukunya pak ali sastroamidjojo. Di namanya aja udah ada sastro-sastronya tuh...

    ReplyDelete

Jangan lupa follow keriba-keribo dengan klik tombol 'follow' atau masukin email kamu di tab sebelah kanan (atau bawah jika buka dari hape). Untuk yang mau main dan ngobrol-ngobrol, silakan add LINE di: @crg7754y (pakai @). Salam kenal yosh! \(w)/