Sunday, February 9, 2014

Membaca Sejenak

Halo,

Gue punya tiga pengumuman untuk kalian:

Satu. Nanti malem adalah final The Next Mentalist di trans tujuh. Gue ngga sabar pengin menyaksikan jagoan gue, Riana, tampil serem (walaupun gue nontonnya sambil merem saking takutnya). Tapi kalian wajib nonton jugak!

Dua. Bentar lagi gue pengin main basket. Udah lama banget gue ngga olahraga. Oh, badanku, semoga engkau siap menerima beban yang sebentar lagi akan kuberikan. Hoho. Terakhir kali gue berkeringat itu pas lagi benerin plat motor…dan berujung jempol kaki gue biru ketimpa kunci inggris.

Tiga. Siang tadi gue membaca salah satu berita tentang Indonesia yang isinya adalah kurangnya tingkat kegemaran membaca. Gue jadi prihatin sendiri. Lalu tercetuslah sebuah ide: kenapa ngga gue bantu aja mereka, orang-orang yang sebenarnya pengin baca, tapi kesulitan karena kekurangan bahan (atau bahannya bermutu rendah). Oleh sebab itu, gue pengin membuat semacam proyek kecil-kecilan bertema Membaca Sejenak. Tulisannya sudah gue tulis di note facebook gue yang baru. Silakan berkomentar di sana. Sekalian ngerusuhin fesbuk gue. Hehehe.

Untuk yang ngga punya fesbuk karena kebanyakan udah pada main twitter, ini gue taroh sini tulisannya:

Gue baru membaca berita di sini: http://bit.ly/1bAEOEc

Kemudian gue tersadar,
ternyata banyak orang yang butuh dibantu. Banyak orang yang masih tidak acuh dengan pentingnya membaca. Atau bahkan, teman-teman kita di sebagian pelosok, ingin membaca, ingin bertambah pengetahuannya, tetapi tidak bisa.

Sebetulnya gue juga senang dengan project Cerita Bagus Untukmu yang dikelola oleh Agung Bawantara dan A.S Laksana. Mereka menganggap bahwa kita, sekarang, kekurangan bahan bacaan untuk anak-anak. Dan, mereka membuatnya. lalu mengunggahnya ke dalam blog agar bisa dibaca siapa saja. Sesimpel itu.

Tapi sayangnya,
postingan terakhir adalah September tahun lalu. 

Ada juga website yang dibuat oleh beberapa kumpulan penulis. Webnya adalah http://cerpenmu.com/. Itupun sebuah ide yang luarbiasa. Di sana, siapa saja boleh menulis dan memasukkannya ke dalam website tersebut. 

Nah, dengan membawa semangat gabungan keduanya, gue pengin mencoba membuat sebuah proyek ala kadarnya berjudul Membaca Sejenak. Seperti Agung dan A.S Laksana, gue mau kita menambah cerita-cerita bermutu, bukan melulu cerita cinta menye-menye (meski bagus, menurut gue itu sudah terlalu banyak di toko buku, kalian bisa saja datang dan membawa pulang satu atau dua atau tiga belas kalau kalian punya uang atau bahkan membacanya di tempat sambil duduk-duduk selonjoran)

Gue pengin menumbuhkan semangat baca orang Indonesia,
dengan cerita yang baik
yang bermutu.
yang meng-indonesia.

Tapi gue juga tidak mau proyek ini berjalan sehari-dua hari sebulan-dua bulan. Gue, mengikuti website cerpenmu, juga ingin membuat agar siapa saja yang hobi menulis dapat memasukkannya ke dalam proyek yang nantinya akan dibuat ini. Tentu dengan penyeleksian terlebih dahulu.


Rencananya, setiap orang yang akan menampilkan cerpennya bisa mengirimkan email ke:membacasejenak@gmail.com dengan subjek: judul cerita (spasi) nama pengarang (spasi) kategori umur (A/R/D)

syarat cerpen:
Genre apapun selain cinta.
Diutamakan untuk anak-anak, tapi selain itu juga boleh (bisa dilihat http://ceritabagusuntukmu.blogspot.com/ untuk cerpen anak)
Kalau ceritanya terdapat adegan pembunuhan, pemerkosaan, darah, pembalasan dendam (masukkan ke dalam kategori remaja/dewasa)
Panjang cerpen maksimal 4 halaman.
Font Arial, 10.5, paragraf at least 13,5pt.


Selain itu, gue juga membutuhkan relawan untuk membantu berjalannya projek ini. Nantinya, relawan inilah yang akan menyeleksi cerpen-cerpen yang masuk ke email, sekaligus mengunggahnya ke blog atau web Membaca Sejenak. Intinya, merekalah pengurus inti dari proyek ini.

Syarat menjadi relawan:
Menyukai cerpen atau menulis dari hati (bukan karena biar tenar atau sekadar ikut-ikutan)

Cara mendaftar jadi relawan:
Kirim email ke membacasejenak@gmail.com dengan subjek Relawan (spasi) nama lengkap

isi email berupa nama lengkap, umur, jenis kelamin, dan alasan mengapa kalian ingin mengikuti proyek ini. Dan kalau kalian pernah membuat cerpen, sertakan juga ke dalam email.

Jadi, mau diam terus dan mengeluh karena banyak bacaan jelek, atau ingin membantunya menjadi baik?



Untuk yang mau tanya-tanya, bisa kirim email aja ke kresnoadidh@gmail.com atau di facebook gue di sini.
Share:

19 comments:

  1. padahal membaca itu gerbang menuju pengetahuan

    ReplyDelete
  2. Halo, Di. Gw udah kirim email ke membacasejenak, ya. Check it out, please. :)

    ReplyDelete
  3. semoga proyeknya berjalan lancar, ini ceritanya fiksi atau non fiksi ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bebas, sih. tapi cerpen kebanyakan biasanya fiksi. :))

      Delete
  4. Wah, keren nih. Kalau bisa mau ikutan ah :v

    ReplyDelete
  5. Sayang, sampai sekarang gue belum bisa nulis cerpen :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kau tetap bisa membantu dengan menyebarkan link ini. :))

      Delete
  6. Pingin sumbang tulisan, tapi belum bisa nulis cerpen buat anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya sumbang saja, nanti kan kami seleksi. :))
      Selain itu, kau tetap bisa membantu dengan menyebarkan link ini. Hoho.

      Delete
  7. keren banget... semoga sukses.. pengen bantu nulis tapi ga bisa...
    semoga sukses yah... kalo bisa nanti bisa nerbitin buku kumpulan cerita anak2, trus bagiin gratis ke anak2 kurang mampu...

    smoga sukses....

    ReplyDelete
  8. keren di postingan lo selalu bermanfaat dan membuat gw selalu iri kwkwkwk keren bang adi... god job!!^_^

    ReplyDelete
  9. oh yang ini proyeknya. semoga bisa ikutan juga deh. belum pernah buat cerpen untuk anak-anak nih gua

    ReplyDelete

Jangan lupa follow keriba-keribo dengan klik tombol 'follow' atau masukin email kamu di tab sebelah kanan (atau bawah jika buka dari hape). Untuk yang mau main dan ngobrol-ngobrol, silakan add LINE di: @crg7754y (pakai @). Salam kenal yosh! \(w)/