Saturday, March 23, 2013

Fenomena Tukang Parkir dan Kata-Kata


‘Yaaah, udah di kardusin. Baru juga parkir sebentar?! Sempak.’

Pernah ngga kalian ngerasa dibikin emosi sama tukang parkir? Cuma ngapain bentar, eh balik-balik, motor sudah ditandain sama tukang parkir pakai kardus. Salah satu profesi yang mencari duit dengan pemaksaan menurut gue.

Belakangan, gue tahu ada fenomena tukang parkir. Yaitu respon yang diberikan si tukang parkir terhadap banyaknya uang yang kita kasih. Kalau gue kasih gopek, dia pasti langsung merebut duit itu dari tangan gue, pergi sambil menunduk, lalu ngomong dengan perlahan, ‘Lah, cuma segini. Pelit amat.’ Kalau gue kasih seribu, dia sok-sok bantuin narik motor kita. Kalau gue kasih dua ribu, dia bakal narik motor kita, kemudian bilang, ‘Makasih ya, hati-hati dijalan!’ sambil nyengir lima jari. Dan jika gue kasih lima puluh ribu, dia bakal naik ke motor, kemudian nganterin gue sampai ke rumah.

Yang gue suka heran adalah, kenapa kalo gue ngga ngasih duit dia ngomel. Padahal lahan bukan punya dia, motor juga bukan punya dia.  Beberapa beralasan, ‘Ya kan kalo motornya hilang, pasti Adek nyalahin kita!’

Lah, terus? Lu pikir kalo gue nyalahin elu ,motor gue bakal diganti? Engga.

Malah, di tempat-tempat ramai seperti Blok M, misalnya, kita harus kena dua kali baayar parkir. Setelah melewati kasir resmi ,gue bayar. Dan sewaktu mau parkir, tiba-tiba, ‘Priiiiittt!’ Ada lagi tukang parkir (entah palsu entah bukan) Dan harus bayar juga. Gaul.

Begitu pula untuk event­  seperti PRJ (Pekan Raya Jakarta), biaya parkir versi preman sekitar mendadak bikin jantungan. Lima puluh ribu. Dewa.

Oke, cukup kekesalan gue tentang si tukang parkir.

Sebetulnya, gue sedang mengerjakan beberapa drafts, iseng-iseng. Entah untuk apa. Siapa tahu nanti bisa jadi buku kayak teman-teman yang sudah terkenal. Yah,we’ll see. :)

Sewaktu menulis, gue menemukan kata-kata aneh yang biasa dipakai orang Indonesia.

Apa kalian pernah mendengar saat orang lagi main PS, atau apalah. Dan ada yang salah memenncet tombol, orang itu berkata ‘Aduh, sorry. Gue salah pijit tadi. Bentar, bentar.’ Karena gue lagi giat-giatnya belajar nulis dan buka-buka thesaurus, gue malah jadi suka berimajinasi sendiri. Di pikiran gue, si anak tadi benar-benar memijit joystiknya pakai minyak arab. Dikasih kemben, dioles-oles, diraba-raba.

Sama halnya ketika tawuran. Banyak para muda-mudi berteriak ‘Woi, seraaaangg. Ayoo sikaat, sikkaaaaat?!!’ Gue kan bingung, itu tauran atau kerja bakti. Pakai bawa-bawa sikat segala.

Hal sebaliknya gue temukan di ruang kelas, saat disuruh mengerjakan soal dari dosen, teman gue—dengan lantangnya teriak, ‘Ayo Di kita hajar soalnya! Abisiiin?!’ Saat itu juga, gue secara refleks langsung meninju kertas soal. Hasilnya, tangan  gue pengkor mukul meja.

Jadi, buat kalian para pecinta kedamaian. Apabila kalian disuruh berantem sama orang yang ngomong, ‘Abisiin aja orang kayak dia! Abisiiin!!’ Tolaklah dengan berkata, ‘Wah, sorry men. Gue bukan kanibal.’

Share:

13 comments:

  1. tukang parkir sepertinya banyak tukang parkir paslu deh kayanya..kesannya malah kaya malak gitu..tapi untungnya ditempatku gak ada yg begitu..tiap tempat parkir harganya sama..bahkan ada yg gratis.. :D

    ReplyDelete
  2. Sesuatu banget tukang parkirnya. :))

    ReplyDelete
  3. ia tuh parkir...:D masya allah deh ..

    ReplyDelete
  4. hahahaaa....
    jawab juga, gue masih suka soto ayam, bang

    ReplyDelete
  5. banyak yg asal komen ya bang adi, gara-gara *kewajiban* ya bang. *pukpuk bang adi*
    Yang gue tau tentang tukang parkir sih, parkir di GIANT itu masih gratis...

    Oh ya bang, kalo ditilang polisi, disuruh berhenti dulu, polisinya termasuk tukang parkir gak? Itukan termasuk pemarkiran paksa!setelah itu kalo mau ngelanjutin perjalanan tapi gak bawa sim, polisi mintanya 150 rebu untuk biaya parkir..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Giant udah mau diganti carrefour bukan?

      Engga ah, polisi di tempat gue mah ngga gitu. Mintanya foto bareng. Ngga tau sih kenapa.

      Delete
  6. tukang parkir itu kebanyakan makan gaji buta.
    yang paling memuakkan di supermarket, padahal nggak sampai 1 menit belanja juga dimintain duit, walaupun motor juga ada didepan mata kita. terus waktu udah dikasi duit langsung kabur ga mau bantuin ...kamprettt..gue juga suka kesel sama tukang parkir..
    eh tapi ada juga tukang parkir ditempat gue nggak masalah kalau kita nggak ada duit bro, mereka maklum dan nggak ngomel, tapi beberapa sih...


    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin yang kedua adalah tukang parkir udah naik haji, Mbak.

      Delete
  7. hahaha kalo ada helm ilang, mana mau tukang parkir tanggung jawab.
    hadehhh
    -_____-

    ReplyDelete
  8. Eh tulisan tentang parkirnya asik loh, cuma kok dikit banget terus endingnya jadi joystick trus tawuran :D

    Gudlak yah project bukunya..
    Tulisan lo udh bagus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks Mr. Edotz.
      Ngga ah, masih belajar-belajar doang, kok. :)

      Delete
  9. ceritany gue baru balik futsal nihh ,, gw bilang k tmen dsni klo parkir bayar dan tmen w yg prtmana jalan ga bayar trus w yg kedua jlan jg ga byar dan selanjutnya jg ga bayar tp ada 1 tmen w yg bayar ,,eh djlan w ngerasa bersalah seolah w yg ngajarin k tmen2 bwt ga bayar parkir,,asli dah w kepikiran bgt knp w ga bayar parkir aja td ,,pdhal cm seribu perak.. ngeri jd tanggung jwab d alam kubur dan akherat sebab sama aja kan kita berhutang k tukang parkir ntu ,, besok insyaAllah mau w bayar ah parkir dgn muka malu dan rada sieun eutik,,
    bilang gni aja apa ya " maaf ya bang smlem sy main kabur aja gk bayar parkir, nih sekalian yg smlem yg pd ga bayar ,,, mohon dimaafkan yaa bang ,, lebihin seribu aja dah ( itung2 sedekkah ) ,,,

    asli kepikiran bgt gw ,, jgn ngeremehin perkara kecil bgni ya sobat,, ngeri ntarnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya itu mah kan emang salah kamunya, udah tau bayar malah kabur. Hii.~

      Delete

Jangan lupa follow keriba-keribo dengan klik tombol 'follow' atau masukin email kamu di tab sebelah kanan (atau bawah jika buka dari hape). Untuk yang mau main dan ngobrol-ngobrol, silakan add LINE di: @crg7754y (pakai @). Salam kenal yosh! \(w)/