Sunday, September 2, 2012

Terlambat Mudik [part two]

Bukan jamban



Daaaaaaaaan sampe juga gue di Magelang kampuang tercinta. Kita sampe sana jam setengah 6an pagi. Lumayan pegel juga nih kaki duduk mulu. Sampe sana kita langsung beli gudek Bu Sri langganan nyokap. Mmmh nikmat banget pagi-pagi gini langsung nyantap gudek.


Awas ngiler

Gile udara disini enak. Dingin banget, beda sama Jakarta. Tapi karena gue biasa di hutan, dingin gini doang mah ngga ngaruh. Terbukti sampe rumah abis makan gudek, gue langsung tidur-tiduran, sarungan, selimutan, kaos kakian. Terus tidur beneran. Dingin meeen. Gue ngga kuat hehe.

Jam 8 gue bangun langsung siap-siap berangkat buat ziarah ke makam Giriloyo, tempat almarhum mbah-mbah beristirahat sekarang. Sesampainya disana, kita langsung didatengin sama pak Bagong penunggu pengurus pemakaman setempat yang emang udah kenal sama nyokap. Mereka ngobrol pake bahasa planet Jawa. Gue ngga ngerti, jadi gue foto aja si Pak Bagongnya.

Pak Bagong ini orangnya pemalu, nunduk terus gitu. Selidik punya selidik tenyata dia lagi nyapu. Yaelah pak, nyapu aja malu-malu gitu. Selidik punya selidik ternyata dia ngga malu tapi sapunya yang kependekan.


Awas nabrak pak

Kelar dari situ, gue sama nyokap langsung cabut ke Jogja buat ke makam satu lagi. Jam 1 siang kita selesai ziarah, mau pergi main ke Malioboro. Waktu lagi nyari taksi tiba-tiba bokap telpon.


Bokap : “Halooo dik, lagi dimana?”
Gue: “di Maguwo pak, abis dari makam”
Bokap: “Udah pada makan siang belum?”
Gue: “belum pak, kenapa?” padahal dalem hati “Gile ini Bokap abis makan apaan, perhatian banget!”
Bokap : “Coba kamu liat disebrang jalan raya persis di depan kamu ada toko Gudek Yu Djum”
Gue : “I, iya Pak” dalem hati “ini pasti acara kuis nih.”

Dan nyokap ngerusuh : “Ayo dek buruan, itu di depan ada taksi!”, seru nyokap sambil narik tangan gue.
Gue : “iya Bu, ini bapak lagi nelpon”, sahut gue sambil megang tangan Nyokap, pertanda nyuruh dia berhenti .

Dan Bokap balik lagi : “Haloo, adek liat apa ngga dek?”
Gue : “Iya pak liat-liat. Ada apa?”
Bokap : “Coba kamu jalan kearah sana pelan-pelan ya”
Gue : “oke pak.” Dalem hati “ah pasti dikerjain ini gue masuk tv. ups salah kali ini ya?” sambil ngelambai-in tangan ke Nyokap nyuruh ngikutin gue kearah toko yang dituju.
Bokap : “Halooo adeeek”, Bokap gue cengar-cengir dari dalem toko.



Ternyata Bokap gue udah nangkring di dalem toko sambil makan gudek. Dia bela-belain nyusul dari tempat kerjanya di Purwodadi. Setelahnya Bokap-Nyokap ngobrol pake bahasa dewa lagi. Gue mau nangis. Kenapa harus Bokap. Kenapa ngga acara tv aja, kan dapet duit. Romantis sekali bokap ini. Persis... ngga kayak gue. Ngga berapa lama, gue nangis beneran.

Nyokap kayaknya masih selek sama Bokap karena awalnya ngga disetujuin pulang kampong. Tapi dari bahasa tubuhnya gue bisa liat kalau dia seneng ada Bokap disana. Iya, memang begitu wanita.

Akhirnya kita bertiga makan gudek Yu Djum. Gue pesen gudek telor+paha bawah sama es Jeruk.  Ini gudek beda sama yang tadi pagi gue makan. Yang ini gudeknya cenderung kering tapi tetep nikmat.

Gudek bukan sembarang gudek


Abis makan, kita bertiga sempet liat tanah punya Bokap di daerah sekitar situ. Terus nyokap nyuruh lanjut ke Malioboro buat jajan-jajan-kecil. Gue nurut aja.

Sorenya Bokap ikut balik ke Magelang walaupun besok paginya harus buru-buru balik ke Purwodadi buat kerja.

Sampe Magelang udah jam 7. Kita makan nasi goreng sederhana bareng-bareng dirumah. Sungguh, sederhana. Tapi gue bisa nikmatin kesederhanaan itu.

Karena ini malem minggu, gue nyempetin buat ke alun-alun kota sekedar cari cewek angin. Menikmati segelas kopi sambil memandangi langit malam kota Magelang.




Share:

1 comment:

  1. Aakkk omnya romantis ya, sampe nyusul gitu (•̯͡.•̯͡)

    ReplyDelete

Jangan lupa follow keriba-keribo dengan klik tombol 'follow' atau masukin email kamu di tab sebelah kanan (atau bawah jika buka dari hape). Untuk yang mau main dan ngobrol-ngobrol, silakan add LINE di: @crg7754y (pakai @). Salam kenal yosh! \(w)/