Tuesday, September 4, 2012

Terlambat Mudik [last part]


Okeh, di postingan ini gue bakal cerita ngapain aja hari kedua gue di sini.

Ini hari terakhir gue disini...  dan well.

Pagi- pagi gue dibilangin sama nyokap bahwa jam 9 kita bakal kerumah sodara di daerah kebonpolo (jawa dari : kebun pala). Jadi, dari jam 7 gue bisa jalan-jalan sekalian posting part two dari Terlambat Mudik. Tapi belom kelar nulis draft part two-nya, nyokap nyusul ke warnet sambil teriak-teriak “Adeeek, adeeek ayo berangkat. Udah setengah sembilan!”. Karena berisik, orang-orang di dalem warnet seketika nengok kearah nyokap. So, gue terpaksa bayar dan keluar warnet. Sambil naroh muka ke kantong keresek.

Sebelum kesana, nyokap ngajak gue buat beli oleh-oleh dulu. Karena perjalanan cukup jauh, kita pun mutusin buat naik becak. Dan ngga berapa lama, entah karena berat nyokap atau berat (dosa) gue, becak yang kita naikin rusak. Rantenya copot.



Aduh malu difoto


Yak, pagi-pagi kita udah ngerusuh di warnet dan ngerusakin becak orang. Dan perjalanan masih cukup jauh, sekitar 30 menit kalo jalan kaki. Untung di daerah sini udaranya cukup dingin, jadi ngga terlalu capek. Namun gue cukup bingung karena kita justru berjalan kearah rumah sodara gue. “Bu, kita ngga jadi beli oleh-oleh?”, tanya gue sambil celingak-celinguk mencari toko oleh-oleh. “Ooh, jadi dek. Itu tempatnya!”, jawab nyokap sambil cengar-cengir dan menunjuk sebuah pasar. Pasar kebonpolo. 50 meter dari rumah sodara. Gaul sekali.  Nyokap gue.



Kebun pala


Kelar beli makanan, nyokap dengan polosnya bilang “Nanti kamu yang kasih ini ya, buat Bule”, sambil nepok pundak gue. Lagi-lagi nyokap gue beruntung punya anak yang polos. Gue cuma bisa manggut – manggut sambil bilang “ooh.. oke, Bu”.

Rumah sodara gue makin terlihat. Suasana hati gue pun terlihat.. kacau. Gue ngga tau harus ngomong apa waktu ngasih makanan ini.

Belom sempet nyari alesan, gue udah keburu sampe ditempat Bule. Bule gue keluar dari rumahnya, terus nanya “eh Di, bawa apaan itu?”. Gue hanya bisa pasrah dan jawab “ooh, ini oleh – oleh Bule, bukan dari pasar kebonpolo loh”, kata gue yang kemudian memberikan bungkusan berwarna putih itu.  “Waah, makasih ya di, gitu aja repot – repot kamu”. Ngga lama Bule gue ngomong gitu, gue sujud sukur. Oke, Bule ternyata lebih polos dari yang gue kira.

Seperti biasa,  nyokap ngobrol sama sodara – sodara serta Bule gue dengan hebohnya. Seperti biasa juga, gue cuman cengo. Ngga ngerti bahasa jawa. Ngeliat gue yang cengo, si Bule malah nyuruh makan sayur gori (nangka dalam bahasa situ). Gue pun oke-oke saja. Bukan gara-gara polos, tapi emang laper. Hehe


siap digerayangi


Datang-makan-kenyang-pulang pun berhasil kita mainkan dengan cara halus. Kita balik setelah puas ngelus perut. Dan sampe kerumah lagi sekitar pukul 12. Berhubung jam 4 sore kita harus pulang ke jakarta, nyokap milih silaturahmi ke tetangga sekaligus pamitan. Sedangkan gue milih pergi ke pecinan. Pecinan berasal dari kata per-cina-an, karena konon di daerah situ tadinya banyak orang berjejer-jejer menjajakkan dagangannya. Dan mereka semua keturunan Cina.





Sayang, waktu gue kesana pecinannya lagi sepi. Gue jadi kurang puas melihat cewek dagangan yang dijual. Oya, pada waktu ini gue ngerampungin dan nge-post part two dari terlambat Mudik.  Sebelum balik, kita juga nyempetin buat makan lotek. Mirip-lah sama gado-gado. Cuma bedanya di... Dimana ngga tau gue, mirip deh.



mirip gado-gado apa emang sama


Selesai-lah perjalanan gue yang sangat singkat ini di Magelang. Semuanya selesai sampe bis yang harusnya berangkat jam setengah 5 malah ngaret sampe jam 6, macet, nyokap ribut sama tukang oleh-oleh di bis, Maag yang kambuh akibat ketiduran pas sampe tempat istirahat, kaki yang kram, ban bis pecah sampe gue yang harus buru-buru ke Bogor buat kuliah yang terlalu kompleks buat gue ceritain. Hehe


Ps: waktu gue nulis postingan ini udah hari selasa, sekitar jam setengah satu dini hari. Jadi, selamat tepar guys~
Share:

0 comments:

Post a Comment

Jangan lupa follow keriba-keribo dengan klik tombol 'follow' atau masukin email kamu di tab sebelah kanan (atau bawah jika buka dari hape). Untuk yang mau main dan ngobrol-ngobrol, silakan add LINE di: @crg7754y (pakai @). Salam kenal yosh! \(w)/