Monday, June 18, 2012

Yang Posting Lagi Bener


Guys, di minggu yang masih lumayan banyak ujian ini kepala gue justru disumpel sama banyak pikiran. Entah mungkin karena efek kumis tipis gue yang semakin numbuh atau kepala gue yang sizenya ngga cukup besar buat nampung segala rambut pikiran di kepala. Beberapa hal yang sedang gue pikirkan:

1. Gue baru sadar kalau petugas SPBU sekarang kebanyakan cewek. entah apa alasannya, sepertinya karena pengendara kendaraan bermotor mayoritas cowok, biar bisa digoda-godain supaya beli bensinnya banyak. Beberapa tahun lagi, gue rasa ada yang jual bensin plus-plus.

2. Gue ngga sekeriting yang orang-orang bilang kok. Yah, that's my argument.

3. Kenapa selalu ada penjelasan dari kebalikan suatu hal, padahal kita pasti sudah mengetahui keberadaannya. Menurut gue itu hanya nambah-nambahain kosakata. Bikin penuh kepala. Seperti kelahiran dan kematian, tidur dan bangun, imigrasi dan emigrasi, serta... Aksi-Reaksi.

4. Pengejaran pendidikan formal dari apa yang tidak diharapkan hanya menambah angka kriminalitas perasaan dan pikiran. Misal : kamu seorang yang jago gambar, bercita-cita jadi Interior desainer. Tetapi karena satu dan banyak hal, kamu ngga keterima di bidang itu, dan malah masuk kuliah ke jurusan Biologi. Walhasil, hanya jadi pelepas ego sementara, penumpuk kanker hati yang semakin lama semakin membukit. Padahal, di sisi lain,  banyak orang yang dari awal ingin masuk di jurusan Biologi yang akhirnya akhirnya pergi juga ke tempat lain karena kursinya terambil orang tadi dan begitu seterusnya. Kacau. Rasa suka yang datang karena terpaksa belum tentu menjadi rasa suka yang sejatinya kita sukai.

5. Kenapa sih mahluk di negara gue "oversensitive" (?)  Pengaruh film kah. Lingkungan atau budaya kah. Hal-hal sepele yang seharusnya ngga penting justru dilihat dalam mikroskop. Dibesar-besarkan. Pada ujungnya, mencari siapa yang benar.

6. Nyokap pernah bercerita kalau dulu banyak cowok yang naksir dia, tapi dia memilih Bokap. Padahal sekarang sering banget komplain tentang sikap Bokap yang begini begitu. Takdir kah ini, atau sebuah pilihan. Kalaupun dulu Nyokap memilih pria lain, adakah abang gue, gue? blog ini? Di manakah rumah tempat Nyokap tinggal. Apa kerjaannya. Apakah dia ngga akan komplain sama orang yang dia pilih itu.  Semua totally berubah. Kalau ini hanya dikarenakan oleh pilihan dari Nyokap, bagaimana kita bisa tahu, bahwa pilihan Nyokap itu memang takdirnya, memang sebuah piihan yang tepat.

Sabtu kemarin gue datang ke acara bakti sosial di salah satu yayasan yatim piatu di Bogor bersama beberapa teman kelas. Gue sedikit-banyak dapat pengetahuan baru tentang sebuah "kehilangan" di sana. Kehilangan, bukan selalu berarti kosong, berkurang, atau tiada. Kehilangan bisa berarti bertambah. Bertambah luas hati kita karena telah mendapat sebuah hal di mana tidak semua orang mampu menerimanya.

Kehilangan juga berarti bertambah. Bertambahnya buku baru dalam kehidupan kita karena telah kehilangan halaman terkahir dari buku lama yang berarti kita anggap tamat. Yang selanjutnya akan kita simpan untuk dikenang.

Tanpa disadari, sebetulnya, kita sering memperoleh sebuah kehilangan di kehidupan sehari-hari. Dari mulai kehilangan pulpen saat ingin mengerjakan tugas, kehilangan uang saat berada di depan kasir supermarket, kehilangan semangat saat bertanding sepakbola karena mendapat kabar bahwa kekasih kita terbaring di rumah sakit, bahkan kehilangan hati kita saat direnggut oleh seseorang yang kita sukai yang ternyata menjadi teman sekelas mulai minggu depan. Kehilangan-kehilangan yang wajar dan sering dianggap remeh namun datang tidak tepat waktu seperti contoh tadi kadang membuat kita kesal, sedih, tetapi ada juga yang membuat senang, ceria, dan bahagia.


Pada ujungya, kehilangan tadi akan kita bungkus dalam sebuah kotak. Kita ikat kotaknya. Dan pada waktunya akan kita goncangkan kotak tadi untuk mendengar suara kehilangan yang sudah lama kita simpan.

Share:

0 comments:

Post a Comment

Jangan lupa follow keriba-keribo dengan klik tombol 'follow' atau masukin email kamu di tab sebelah kanan (atau bawah jika buka dari hape). Untuk yang mau main dan ngobrol-ngobrol, silakan add LINE di: @crg7754y (pakai @). Salam kenal yosh! \(w)/